Lawangwangi, Cara Baru Menikmati Seni di Masa Kini

Friday, September 14, 2018 - 16:05

Menikmati karya seni, kuliner, sampai pemandangan yang asri, semuanya bisa lo dapatkan di sini, Urbaners. Nama tempatnya Lawangwangi Creative Space, yang terletak di Jalan Dago Giri, Mekarwangi, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Lawangwangi adalah gabungan antara Kafe, Art Space, sampai Labmath alias laboratorium matematika. Kafe terletak di lantai dua dan menawarkan berbagai kudapan, baik kuliner nusantara sampai western. Mulai dari makanan pembuka, makanan berat, makanan penutup, sampai aneka camilan ringan tersedia di sini.

Lawangwangi, Cara Baru Menikmati Seni di Masa Kini

Nah, buat Urbaners yang memang penikmat seni, lo pasti suka berlama-lama di lantai pertama. Karena di lantai ini lo bisa melihat sajian karya lukis dari para seniman ternama. Sebut saja diantaranya Tisna Sanjaya, Eddy Santoso, Mujahidin Nurrahman, Etza Meisyara, dan para seniman muda Indonesia lainnya. Karya seni yang ditampilkan di galeri Lawangwangi tidak melulu lukisan. Ada juga seni patung, instalasi, video, film , sampai pertunjukan.

Tepat di samping gedung Lawangwangi Creative Space, ada sebuah kawasan yang diberi nama Bandung Contemporary Art Awards. Lokasi ini hadir sebagai bentuk penghargaan untuk mendorong seniman muda berbakat. Salah satunya melalui International Residency Exchange Program antara seniman Indonesia dan Prancis.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Satu lagi yang ada di Lawangwangi, yaitu sebuah ruangan yang dinamakan Labmath. Ini merupakan laboratorium matematika yang diisi oleh beberapa ilmuwan. Labmath digagas oleh pemilik Lawangwangi, Andonowati bersama Prof. E (Benny) van Groesen.

Lawangwangi sendiri berasal dari Bahasa Sunda yang berarti pintu harum. Lawangwangi awalnya merupakan sebuah Labmath dan Art Space dengan nama Lawangwangi Art and Science Estate. Seiring berjalannya waktu, tempat ini lalu ditambahkan kafe bernuansa seni dan lab science. Sehingga namanya pun berganti menjadi Lawangwangi Creative Space.

Lawangwangi, Cara Baru Menikmati Seni di Masa Kini

Sekarang, Lawangwangi juga menjadi sarana untuk mewadahi berbagai ide kreatif dari karya yang menjadi persinggungan antara seni, budaya, kerajinan, sains, dan teknologi. Tempat ini pas banget dong lo jadikan rekomendasi kalau sedang berlibur ke Bandung, Urbaners?