Rammang-Rammang, Keajaiban Alam di Timur Indonesia

Thursday, April 12, 2018 - 13:59

Bicara tentang keajaiban alam yang ada di Indonesia memang tidak ada habisnya. Selalu ada saja tempat baru yang menarik untuk dieksplorasi. Salah satunya adalah objek wisata alam Rammang-Rammang yang berlokasi di Sulawesi Selatan.

Mendengar namanya tentu masih terasa asing, tak seperti Raja Ampat yang sudah tersohor sampai ke luar negeri atau Labuan Bajo yang selalu ramai di musim liburan. Namun, Rammang-Rammang juga menyuguhkan bentang alam yang pastinya bikin semua orang yang mengunjunginya semakin bangga akan Indonesia.

Objek wisata yang dalam Bahasa Bugis berarti "sekumpulan awan atau kabut" itu merupakan gugusan pegunungan karst (kapur) Maros-Pangkep yang indah. Rammang-Rammang sangat mudah dijangkau. Jaraknya sekitar 25 kilometer dari Bandara Sultan Hasanuddin atau satu sampai dua jam waktu tempuh perjalanan.

Rammang-Rammang juga memiliki banyak spot wisata. Salah satunya adalah Sungai Pute. Untuk menelusuri sungai tersebut, kita harus menggunakan perahu Jolloro, yakni perahu khas buatan masyarakat Bugis.

Keasrian objek wisata Rammang-Rammang juga masih terjaga. Terbukti dari rumah di kawasan Kampung Berua yang masih sedikit, yang hanya dihuni sekitar 16 Kepala Keluarga. Rata-rata mereka berasal dari satu rumpun. Jadi, masih satu ikatan keluarga dan sebagian besar adalah pemilik lahan yang ada di sini.

Mengapa nama Rammang-Rammang baru mencuat belum lama ini? Karena memang baru dijadikan sebagai objek wisata di tiga tahun terakhir. Sebelumnya tempat ini masih tertutup untuk umum.

Perlu proses sampai akhirnya Rammang-Rammang resmi dibuka untuk umum. Mulai dari upaya perlindungan kawasan oleh masyarakat di tahun 2007 sampai 2009, kemudian mengindentifikasi beberapa kawasan yang cocok dijadikan objek wisata di tahun 2010. Lanjut lagi di tahun 2011 sampai 2013 melakukan publikasi melalui jaringan, seperti komunitas dan media. Sampai akhirnya Rammang-Rammang dibuka untuk umum sebagai objek wisata di tahun 2015.

Rammang-Rammang juga memiliki keistimewaan yang tak kalah dari objek wisata lainnya. Yaitu konsep wisata yang alami, kawasan karst yang masuk dalam gugusan kawasan tercantik dan kedua terpanjang di dunia. Rammang-Rammang juga menjadi satu-satunya kawasan karst yang dialiri sungai, yaitu Sungai Pute.   

Selain Sungai Pute dan Kampung Berua, di Rammang-Rammang masih ada spot wisata alam eksotis lainnya, yaitu Taman Batu. Objek wisata ini menawarkan pemandangan taman dan bongkahan batu karst berwarna abu kehitaman, yang menyebar luas di sisi daratan tepi Sungai Pute.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Kebayang kan bagaimana indahnya objek wisata Rammang-Rammang? Ayo, jelajah alam Indonesia!