Tulamben, Spot Diving Bersejarah di Timur Bali

Wednesday, April 10, 2019 - 13:45

Laut selalu menjadi pilihan utama untuk liburan, setuju nggak,Urbaners? Nah, ada nih salah satu tempat wisata di Bali yang sangat terkenal akan keindahan bawah lautnya, Tulamben Bali. Karena keindahan pemandangan bawah lautnya, membuat Tulamben menjadi destinasi terbaik untuk snorkeling dan scuba dive di pulau Bali.

Tulamben Bali adalah sebuah Desa kecil yang terletak sebelah timur laut pulau Bali yang pantainya berpasir hitam yang ditutupi oleh batu-batu halus. Lokasi Desa Tulamben deket sama selat Lombok yang sangat kaya akan biota laut. Desa Tulamben masuk dalam wilayah Kecamatan Kubu, di bagian utara Kabupaten Karangasem-Bali.

Alasan utama penyelam mengelilingi dunia untuk sampai ke Tulamben adalah puing USAT Liberty, terdampar hanya 40 meter dari pantai. Kapal Liberty jenis USAT (US Army Transport) ini karam pada tahun 1942 karena ditorpedo oleh kapal selam Jepang pada perang dunia ke-2. Letusan gunung berapi yang menjadikan puing ini terdampar di tempat yang dangkal. Ujungnya terletak hanya 5 meter dibawah air, dan sisanya tenggelam di kedalaman sekitar 30 meter, yang berarti penyelam dengan segala level bisa menjelajahi puing ini. Spot diving ini telah dikenal di seluruh dunia dengan nama “USAT/USS Ship Wreck”.

Waktu terbaik untuk melakukan penyelaman di lokasi bangkai kapal USAT Liberty sekitar bulan Oktober dan November dan waktu yang tepat adalah sekitar jam 6 pagi di mana penyelam bisa melihat ragam biota laut seperti terumbu karang, ikan-ikan hias, plankton, rumput laut dan kehidupan alam laut lainnya dengan jelas di pagi hari.

Selain USAT Shipwreck, ada beberapa spot diving lain di Desa Tulamben. Coral Garden adalah surganya para pecinta makro. Spot menyelam ini cukup dangkal dengan terumbu karang cerah dan sehat dan aktifitas alam makro dimulai dari kedalaman 5 meter. Cocok untuk para Urbaners yang masih pemula. Ada juga spot diving Drop Off, di mana Urbaners berkesempatan untuk melihat kuda laut pygmy di kedalaman 25 meter.

Perkembangan pariwisata di Bali pada khususnya, sangat membantu kemajuan Desa Tulamben. Terbukti dengan akses jalan menuju Desa Tulamben begitu mudah. Sekarang sudah banyak dibangun penginapan dengan harga bervariasi. Banyak juga resort diving yang menawarkan paket diving mulai dari tingkat pemula, menengah, hingga professional. Range harga paket diving sekitar 500,000 rupiah hingga 800,000 rupiah.

Bagikan
Facebook Twitter Email