CiptaJaya Selancar, Selancar Lokal di Ombak Internasional

Wednesday, April 10, 2019 - 13:27

Kalau berbicara soal Bali, pasti lo langsung inget sama pantai dan deburan ombaknya. Nah, hal ini identik dengan para surfer yang fearless mengendarai ombak dan menaklukan lautan. 

Surfing sekarang udah jadi olahraga yang mendunia. Di Indonesia, surfing juga sudah nggak asing lagi, ditandai dengan munculnya club dan toko surf di berbagai wilayah Nusantara, terutama di Bali. Seiring dengan banyaknya club surfing juga mulai banyak kompetisi surfing lokal maupun bertaraf internasional. Melihat peluang tersebut, Robi Hendra, surfer yang  tergugah untuk membuat papan selancar sendiri dengan nama Ciptajaya Selancar.

Awalnya CiptaJaya Selancar hanya sekedar membuat fin (sirip papan selancar) saja, tapi kemudian muncul ide untuk membuat papan selancar yang terbuat dari foam atau gabus bekas untuk dipakai sendiri. Robi juga juga memberikan surfboard buatannya ke para peselancar lokal. Dari merekalah Robi mendapatkan feedback untuk improvements dari papan buatannya. Sekitar tahun 2005, Robi mulai menitipkan surfboard buatannya di toko-toko surfboard milik temannya yang membuat produk buatannya ini dikenal orang dan mulai banyak orang yang pengen buat personal surfboard di CiptaJaya Selancar.

Dengan jam terbang yang cukup banyak dan produk yang disempurnakan, CiptaJaya Selancar mulai berani untuk menuliskan Made In Indonesia dengan logo sendiri, “RR”. Untuk bisnis ini sendiri, Robi Hendra sendiri masih fokus pada custom order. CiptaJaya Selancar bisa membuat berbagai jenis surfboard, mulai dari classic shortboard, funboard, modern twofins, hingga longboard.

Model surfboard bergambar batik menjadi andalan dalam penjualan, tidak hanya customer dalam negeri saja yang memesan, namun banyak turis mancanegara juga banyak yang custom papan seluncur bergambar batik, terlebih lagi dengan harga pembuatan untuk satu papan yang masih jauh lebih murah dibanding papan buatan impor, CiptaJaya Selancar menjadi produk yang bisa bersaing dipasaran. Range harga pembuatan custom surfboard di CiptaJaya Selancar sekitar 5 juta hingga 8,9 juta rupiah. Beberapa competitive surfer lokal yang udah menggunakan CiptaJaya Selancar adalah Muklis Anwar dan Ivan Sudena.

CiptaJaya Selancar ingin membuktikan bahwa surfboard buatan lokal juga mampu bersaing di pasar internasional dengan kualitas internasional juga tentunya.

Bagikan
Facebook Twitter Email