Gitar Masa Depan Yang Tipis Karya Anak Indonesia

Friday, April 20, 2018 - 11:05

Gitar menjadi salah satu alat musik yang banyak digemari orang. Mungkin lo juga kan, Urbaners? Nah, sebuah rumah produksi bernama Anymo Essential Guitar berhasil membuat gitar tipis nih, Urbaners.

Meski tipis, suara yang dihasilkan enggak jauh berbeda dengan gitar akustik pada umumnya lho, adalah Raka Shiddiq, sosok di balik pembuatan gitar unik nan tipis ini. Ia telah membuat gitar sejak 2001, namun ia merasa jenuh dengan model yang itu-itu saja. Perasaan jenuh itu yang mengilhami Raka untuk membuat gitar tipis pertama pada 2015.

Gitar tipis ini terinspirasi dari perubahan beberapa perangkat teknologi. Seperti komputer yang tadinya tebal kini menjadi lebih tipis, demikian pula dengan handphone. Pembuatan gitar tipis sendiri lebih efisien dari segi bahan baku, serta lebih cepat dalam pengerjaannya. Untuk satu buah, gitar tipis ini bisa dibuat dalam waktu tiga minggu. Untuk bahan, kayu yang dipilih untuk pembuatan gitar tipis ini adalah kayu Sonokeling dan Rosewood. Selain 2 jenis kayu tersebut, Raka juga tengah melakukan sejumlah eksperimen dengan menggunakan kayu Mahoni.

Gitar bernama Anymo ini hanya berukuran 8 milimeter atau 10 kali lipat lebih tipis jika dibandingkan dengan gitar akustik pada umumnya. Ruang resonansi menjadi pembeda antara gitar tipis ini dengan gitar biasa pada umumnya. Sebagai gantinya, Raka menerapkan sistem microchamber. Dengan sistem ini, setipis apa pun bunyi yang dihasilkan, selama dapat dimainkan maka akan memunculkan resonansi.

Sistem microchamber ini juga membuat suara lebih panjang karena adanya konstruksi neckthrough. Sistem ini juga dikombinasikan dengan sistem undersaddle piezo yang mampu menghasilkan suara tanpa noise. Berkat inovasinya, karya anak Bandung ini mendapat predikat sebagai The Most Marketable Product Business of Design 2016 di Hong Kong dan juga sambutan-sambutan antusias pada pameran-pameran berskala Internasional, seperti South by South West (SXSW) 2017 Austin USA, Salone Del Mobile Milano 2017 dan Casa Bravacasa 2017.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Nah Urbaners, untuk lo semua yang tertarik memiliki gitar tipis ini, lo bisa langsung pesan via website mereka di https://anymo.id/