Lit Necessary, Mengubah Sneakers Menjadi Art Merchandise Lewat Custom Painting

Wednesday, September 4, 2019 - 16:30

Perkembangan seni rupa di Tanah Air tampaknya semakin menunjukkan keberagaman dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Kalau ditelusuri lebih lanjut, art merchandise pun punya peranan yang cukup besar dalam mewujudkan hal tersebut. Soalnya, popularitas art merchandise membuat karya seni visual bisa dinikmati oleh lebih banyak orang.

Tapi, lo tau nggak, Urbaners? Ada satu jenis art merchandise yang sayang nih buat lo lewatkan. Yup, custom painted sneakers bisa jadi pilihan art merchandise yang menarik untuk lo koleksi. Dari sekian banyak penggiatnya, kali ini kami akan membahas tentang Lit Necessary.

Lit Necessary merupakan penyedia jasa custom painting asal Magelang yang berdiri di tahun 2018. Adalah Agung Setiawan, pria 22 tahun yang berkarya di balik Lit Necessary. Sebelum memulai Lit Necessary, Agung sebenarnya sudah menjalankan layanan serupa secara pribadi dengan menggunakan nama Hopsign sejak 2016.

Lit Necessary

Sejauh ini, Agung masih menggarap pesanan untuk Lit Necessary di rumahnya. Dia belum memiliki studio khusus untuk menerima pelanggan. So, sebagian besar transaksi biasanya dilakukan secara online, bertemu langsung alias COD, atau titip jual di jasa cuci sepatu Sickill Shoes.

 

Detail Seperti Produk Rilisan Asli

Untuk produk yang ditawarkan, bisa dibilang Lit Necessary lebih condong ke custom painted sneakers. Salah satu karyanya yang paling mencuri perhatian adalah Basic Vans Slip On Japan Market dengan artwork bertema “Culture and Vibes”. Artwork tersebut merupakan edisi spesial tutup tahun 2018 yang menampilkan gambar Barong Bali.

Detail Seperti Produk Rilisan Asli

Namun demikian, ada kalanya Lit Necessary menggunakan medium lain di samping sepatu. Contohnya helm, denim jacket, bucket hat, hingga skateboard. Sebagian di antaranya juga merupakan hasil kolaborasi Lit Necessary dengan GDCK©/Goodluck Supply Co. Katalognya bisa langsung lo lihat di akun Instagram @litnecessary.

Terlepas dari itu, balik lagi yang membuat Lit Necessary makin unik pada dasarnya adalah artwork-nya. Nggak hanya kerap mengusung kebudayaan lokal, artwork-nya bahkan yang sangat detail dengan warna-warna vibrant. Sekilas, lo pun mungkin akan mengira bahwa produk-produknya yang handmade merupakan rilisan asli dari brand terkait. Dengan kata lain, hasil akhirnya benar-benar menyerupai produk cetakan pabrik.

Detail Seperti Produk Rilisan Asli

Well, masih penasaran dengan seluk-beluk custom painting dan Lit Necessary? Tenang, kami punya hasil obrolan selengkapnya bersama Agung yang bisa lo tonton di MLDSPOT TV Season 4 episode 8 dengan tema “Art Merchandise”. Check YouTube Channel MLDSPOT TV, lalu subscribe and get yourself inspired!

Bagikan
Facebook Twitter Email