Road Trip Seru Naik Camper Trailer Bersama Samarauke Adventure

Monday, November 18, 2019 - 16:38

Alternatif tempat dan fasilitas nyaman untuk outdoor vacation ternyata nggak berhenti sampai di glamping atau five star camp aja, Urbaners. Ada lagi satu pilihan yang dijamin bakal bikin lo terpana. Yup, camper trailer bisa jadi sarana nge-trip yang menarik untuk menyempurnakan kegiatan piknik maupun berkemah lo. Camper trailer nggak hanya menyediakan tempat untuk lo menginap, tapi juga punya fitur tangguh untuk menembus medan-medan off-road.

Di Indonesia, outdoor vacation dengan camper trailer mungkin masih cukup asing dan terbilang jarang. Soalnya, kegiatan semacam ini biasa dilakukan di negara-negara seperti Australia atau Amerika Serikat. Tapi, bukan berarti lo sama sekali nggak bisa nyobain keseruannya di sini loh ya. Ada Samarauke Adventure yang siap membantu lo untuk berpetualang.

FYI, Samarauke merupakan pelopor dan satu-satunya produsen camper trailer di Indonesia. Berbasis di Tangerang, Samarauke hadir untuk menawarkan pengalaman baru yang benar-benar berbeda bagi penyuka kegiatan outdoor. “Tidak sekadar tenda, melainkan dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman,” jelas co-founder Samarauke, Luthfi Prawira.

Founder & Co-founder Samarauke Adventure sedang mengobrol di workshop mereka

 
Ide untuk membuat Samarauke bermula dari kegemaran Luthfi dan co-founder sekaligus inventor Samarauke, M. Irwan untuk berpiknik bersama keluarga mereka. Selain itu, Pak Irwan sendiri dari dulu memang pengen banget punya camper trailer, sehingga beliau akhirnya berinisiatif untuk mengembangkannya dan mengajak lebih banyak orang untuk menikmati road trip dengan camper trailer. Gokilnya lagi, pria yang memiliki background sebagai akuntan itu mempelajari camper trailer secara otodidak dan bahkan membuat garasi workshop-nya sendiri.

 

All-in-One untuk Kenyamanan Outdoor Vacation

Camper trailer pertama Samarauke merupakan sebuah Caravan, dengan kapasitas sekitar tujuh orang. Beratnya hampir mencapai tiga ton dan ditarik menggunakan mobil Toyota Land Cruiser VX80. Seiring berjalannya waktu, Samarauke pun memiliki empat jenis camper trailer lainnya, yaitu Teardrop, Camper Truck, Pop-up Tent, dan Rooftop Tent.

Namun demikian, untuk saat ini Samarauke hanya menyewakan camper trailer secara terbatas. Selain dipengaruhi perubahan model dan tujuan bisnis, alasannya karena sebagian camper trailer masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut agar dapat kembali beroperasi dan ada pula yang sudah diistirahatkan alias nggak disewakan lagi.

Sementara itu, balik ke soal fasilitas, camper trailer Samarauke antara lain dilengkapi dengan tenda, kasur, toilet, listrik genset, air bersih, kitchen set, dan penyejuk ruangan (AC). Ibaratnya, lo seperti membawa isi rumah lo di sepanjang perjalanan. So, lo nggak perlu ribet lagi mikirin segala perintilannya.

Penampakan trailer yang sudah dibuka menjadi camp

Untuk bisa menyewa camper trailer Samarauke, lo perlu membayar tarif mulai dari Rp1,3 juta sampai Rp4 jutaan per orang, bervariasi menurut paket trip dan destinasi yang lo pilih. Harga tersebut sudah termasuk transportasi menggunakan Toyota Land Cruiser VX80, sopir dan navigator, pemandu wisata, makanan dan snack, obat-obatan, serta retribusi dan tiket masuk tempat rekreasi. Khusus tiket pesawat tujuan trip ke Jawa Timur dan Bali, itu harus lo tanggung sendiri.

So far, rekor road trip terjauh Samarauke adalah 38 hari dengan tiga camper trailer. Rutenya dimulai dari Tangerang ke Surabaya, lalu lanjut ke Labuan Bajo. Sementara itu, medan off-road paling seru yang pernah mereka lewati adalah saat trip ke kampung di daerah Bromo untuk acara Jazz Gunung plus pengalaman saat melewati sungai dangkal.

Wah, Makin terpanggil nggak sih jiwa petualang lo setelah tahu soal Samarauke, Urbaners? Kalau masih pengen kepoin detail lain seputar Samarauke, lo bisa tonton MLDSPOT TV Season 5 episode 1 dengan tema “Comfort Outdoor Vacation” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Subscribe our channel, and get yourself inspired!

 

Bagikan
Facebook Twitter Email