Indonesia's Sketcher: Memperkenalkan Yogyakarta Melalui Sketsa

Thursday, April 20, 2017 - 13:23

Ditengah maraknya orang-orang berburu foto, komunitas ini lebih memilih mengabadikan momen melalui sebuah gambar, yakni Sketsa. Komunitas ini sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia salah satunya Yogyakarta. Komunitas Indonesia's Sketcher Yogyakarta ini telah berjalan lebih dari 5 tahun, dengan anggota yang berkembang di setiap tahunnya. Sebenarnya seperti apa sih kegiatan komunitas satu ini?

 

Awal terbentuknya Indonesia's Sketcher Yogyakarta

Terinspirasi dengan komunitas internasional Urban Sketcher, membuat Erik Ekopramono dan temannya membuat komunitas ini. Awalnya mereka hanya sering sketching berdua atau bertiga, lalu mereka memberanikan diri untuk post hasil karya mereka di akun Facebook Indonesia's Sketcher regional, tak disangka, ternyata kegiatan ini cukup banyak peminatnya di Yogyakarta. Mereka jadi sering sketching bareng, bahkan mengadakan event-event seru.

 

Sketsa membuat suasana lebih bermakna

Bagikan

Facebook Twitter Email

Kenapa anggota komunitas ini lebih memilih sketsa, alasannya sangat sederhana karena sketsa merupakan hal yang simple, murah namun bermakna. Karena dengan membuat sketsa, mereka jadi lebih mengamati, bagaimana melihat suatu objek tertentu sesuai dengan keinginan kita. Dan sketsa merupakan gambar yang dibuat secara langsung (rill) jadi banyak sekali momen yang sering terlewati oleh kasat mata padahal memiliki suatu keindahan. Sketsa bukan hanya menggambar suatu objek saja tetapi juga, ekspresi dan aktivitas dan masih banyak lainnya.

 

Memperkenalkan keindahan Yogyakarta melalui Sketsa

Tujuan dari komunitas Indonesia's Sketcher ini selain menyalurkan hobi menggambar mereka, juga untuk memperkenalkan kota Yogyakarta dari segi wisata, suasana, aktivitas sampai keramahan masyarakatnya melalui sketsa dan menjadikan momen kota guded ini memiliki nilai plus. Tidak hanya di Yogyakarta, bahkan komunitas Indonesia's Sketcher di kota lain seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Makassar juga melakukan hal yang sama. Sehingga tujuan akhirnya, mengangkat segala aspek keindahan tanah air tercinta.

 

Kegiatan Komunitas Indonesia's Sketcher

Komunitas ini memiliki beberapa aktivitas rutin bersama dua diantaranya adalah SNSD (Suka Nian Sketsa Dadakan) yakni sketching bersama secara dadakan, tidak ada persiapan khusus, tapi uniknya, anggotanya tidak pernah sepi karena selalu menanti-nanti kegiatan tersebut. Satu lagi ada Sisan (Sinau Sesarengan) yang berarti belajar bersama, aktivitas ini seperti workshop pada umumnya, mengundang yang sudah profesional membuat sketsa mengajarkan para anggota Indonesia's Sketcher dan saling sharing pengalaman mereka masing-masing. Komunitas ini memiliki sifat kekeluargaan yang sangat kental, nggak heran kalau komunitas ini tetap bertahan dan berkembang hingga sekarang.