Jazz Merupakan Media Pertemanan bagi Komunitas Jazz Mben Senen

Wednesday, March 15, 2017 - 16:52

Buat lo yang mencintai musik jazz dan berdomisili di Yogyakarta, pastinya familiar dengan Jazz Mben Senen, acara jamming yang diadakan setiap hari Senin di Bentara Budaya Yogyakarta ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Acara rutin dan kekeluargaan satu ini dibuat dari salah satu komunitas jazz Yogyakarta yakni Jazz Mben Senen. Komunitas Jazz Mben Senen memang memiliki keunikannya sendiri, yakni berjalan tanpa rencana dan struktur, bagaimana bisa ya?

 

Awal mula Komunitas Jazz Mben Senen berdiri

Komunitas ini sudah cukup lama berdiri, sekitar kurang lebih 7 tahun mereka berjalan dan telah beberapa kali berganti generasi. Awalnya para musisi-mususu senior membuat komunitas ini karena semangat mereka untuk melestarikan unsur musik jazz dengan spirit Indonesia. Tidak hanya nuansa musik nya, tetapi juga spirit Indonesia yang kekeluargaan dan mengutamakan kebersamaan.

Namanya yang unik pasti membuat lo bertanya asal dari kata-kata Jazz Mben Senen? Sebenarnya nama tersebut muncul secara spontan. Ketika komunitas ini sudah ada tetapi belum ada namanya, mereka ingin mengikuti suatu acara, dan ketika ditanyakan apa nama komunitas mereka, musisi senior sekaligus pendiri dari komunitas ini langsung spontan menyebut Jazz Mben Senen.

 

Komunitas  yang hanya bermodalkan kebersamaan

Terdapat keanehan di komunitas ini, kalau biasanya sebuah komunitas memiliki struktur atau at least data base anggota mereka, tidak dengan Jazz Mben Senen. Mereka tidak memilki struktur ataupun list anggota, siapapun yang ingin belajar dan bermain musik, tinggal datang. Bahkan mereka juga membuka pintu kepada para siapapun yang ingin bergabung tanpa bermain musik. Menurut mereka apapun skill nya pasti akan berguna untuk komunitas.

Jazz Mben Senen ini berdiri dan berjalan benar-benar atas dasar kekeluargaan dan kebersamaan, tidak ada kewajiban satu sama lain ataupun keharusan untuk melakukan sesuatu. Semua atas dasar sukarela, setiap hari Senin pasti ada saja yang datang dan membantu proses acara mereka. And surprisingly, Jazz Mben Senen tidak pernah absen setiap minggunya mengadakan jamming session di Bentara Budaya Yogyakarta (kecuali Minggu Lebaran).

 

Kuncinya adalah Komunikasi

Komunitas ini terbuat dan berjalan atas dasar ngobrol, komunikasi. Apapun bentuk komunikasinya, melalui media musik ataupun tukar pikiran, dan dengan siapapun itu. Dimana saling mengenal satu sama lain dan pada akhirnya timbul kepedulian bersama. Terbukti, komunitas ini tidak hanya berjalan selama 7 tahun tetapi juga kian berkembang.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebuah Kesuksesan bagi Komunitas Jazz Mben Senen

Komunitas Jazz Mben Senen memiliki arti sendiri tentang sebuah kesuksesan. Saat ditanyakan tentang acara-acara yang telah di selenggarakan, mereka mengaggapnya hal tersebut sebagai sebuah kesuksesan. Bukan dinilai dari seberapa besarnya acara tersebut, tapi lebih ke apresiasi masyarakat yang menontonnya, apa yang bisa didapatkan dan apa yang bisa dihasilkan dari acara tersebut. Nggak heran kalau setiap minggunya acara mereka tidak pernah sepi pengunjung.

 

Pengaruh komunitas Jazz Mben Senen untuk Para Musisi

Banyak sekali musisi profesional yang awal karirnya bermula di komunitas ini, sebut saja band pengiring dari penyanyi Sierra Soetedjo, 2 personilnya adalah anggota komunitas Jazz Mben Senen. Selain karir, Jazz Mben Senen sangat istimewa dalam membentuk musisi dalam bermusik, tidak hanya dari segi materi-materi yang luar biasa, tapi juga dari segi attitude, kesopanan adalah hal penting, kapan harus berbicara atau tidak, yang nantinya diimplikasikan saat bermain musik. Terlebih lagi nilai kekeluargaan yang kental pada komunitas ini, membuat para musisi tidak pernah lupa akan asal dan leluhurnya.

Harapannya, komunitas seperti Jazz Mben Senen ini akan terus ada, menularkan kebersamaan, membentuk attitude para musisi dan berbagi materi bersama sehingga banyak terbentuk musisi-musisi baru yang bisa melestarikan musik tanpa melupakan sisi budaya Indonesia.