Mokino.Co: Komunitas Berdasarkan Passion

Wednesday, August 16, 2017 - 18:42

Buat lo pecinta film pastinya sudah tidak asing dengan Mokino.co? Yap, platform film satu ini memang memberikan akurasi yang tepat pada sebuah film. Tapi tau nggak sih, bahwa Mokino.co bukan hanya sekedar website, melainkan sebuah komunitas digital yang dibentuk oleh orang-orang yang mencintai film. Terbentuknya Mokino.co ini tidak didasari oleh profit ataupun usaha, melainkan interest para founder-nya. Karena itulah Mokino.co masuk dalam salah satu pemenang MLDSPOT Content Hunt kategori Inspiring Community. Sebenarnya apa sih yang Mokino.co kerjakan, Urbaners?

 

Berawal dari pertemuan para movie-enthusiast

Kalau biasanya sebuah komunitas berawal dari pertemanan, berbeda dari Mokino.co, mereka dipertemukan oleh dunia film itu sendiri. Para anggotanya sering sekali tidak sengaja bertemu dalam sebuah event film, menjadikan mereka sering bertegur sapa dan sharing tentang film-film. Setelah beberapa kali bertemu, founder Mokino.co yang mostly penulis ini berpikiran untuk membuat platform film berbagai genre agar hobi mereka akan film dan menulis tersalurkan.

Sekitar tahun 2014 website Mokino.co mulai running, dan beberapa bulan mereka mencoba dengan apps. Tak disangka, respon yang didapatkan sangat positif, mulai dari masyarakat sampai pihak industri film. Kini mereka telah memiliki pengikut di media sosial lebih dari 4000 dan 1000 diantaranya sangat aktif dengan di Mokino.co. Dan tidak jarang followers dari Mokino.co berasal dari luar Jakarta.

 

Apa yang Mokino.co lakukan

Yang membuat Mokino.co ini berbeda dari platform atau komunitas film lainnya, mereka review sebuah film dengan sejujur-jujurnya. Mokino.co selalu berada di posisi netral dalam memberikan review mereka pada sebuah film. Karena setiap orang pasti memiliki pandangan yang berbeda, dan Mokino.co menghargai hal tersebut tanpa berusaha untuk menjatuhkan ataupun melebih-lebihkan. Tidak hanya keseluruhan, Mokino.co melakukan review secara detail dari berbagai sudut pandang, mulai dari sound effect, alur sampai latar belakang.

 

Aktivitas Mokino.co untuk para movie-enthusiast

Tidak hanya review akurat, Mokino.co juga memiliki program Movie Shelter yang tidak hanya membicarakan tentang film tetapi membedahnya secara detail. Movie Shelter ini sendiri terbagi menjadi dua tema, pertama adalah sharing session yang bekerja sama dengan sebuah production house film atau publisher untuk membedah film tersebut. Ada juga Talkshow yang lebih spesifik, pada acara ini, pembicara yang datang lebih membicarakan salah satu elemen penting penentu suksesnya sebuah film, seperti director, produser, visual effect sampai make up effect. Pada kesempatan tersebut mereka akan bercerita tentang pengalaman dan memberikan insight-insight yang sangat berguna untuk proses produksi sebuah film.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Kolaborasi Mokino.co dengan para publisher

Dengan modal nekat memperkenalkan Mokino.co sebagai sebuah komunitas film, kini mereka sudah lebih dikenal baik di masyarakat maupun publisher film. Mokino.co kerap kali bekerja sama dengan publisher film seperti CGV ataupun XXI, biasanya sebelum film akan ditayangkan, Mokino.co diundang untuk screening dan memberikan review secara jujur tentang film tersebut. Mokino.co juga setiap tahun diundang secara khusus oleh Festival Film Eropa, Festival Film Perancis, Festivak Film Korea-Indonesia dan masih banyak lagi.

 

Mokino.co adalah bentuk sebuah ekspresi

Mokino.co sendiri tidak bertujuan untuk profit, Randy Irawan Rosli yang merupakan salah satu member yang cukup lama mengungkapkan, dana untuk acara Mokino.co didapatkan dari tabungan para Anggotanya. Randy sendiri tidak tahu ujung dari komunitas ini bagaimana, tetapi menurutnya, kalau bekerja terus menerus, akan menyebabkan stress yang lebih cepat. Untuk para pecinta film, Mokino.co adalah tempat untuk mengekspresikan itu semua. Tidak heran para anggotanya selalu menyiasati waktu untuk mengurus komunitas ini meskipun sedang hectic dengan pekerjaannya.