Museum-museum Yogyakarta yang Bisa Dikunjungi Malam Hari

Thursday, March 23, 2017 - 11:13

Setelah mengenal adanya komunitas Malam Museum di Yogyakarta, ternyata banyak banget yang bisa lo eksplorasi tentang saksi sejarah yang ada di kota Gudeg ini. Banyaknya museum yang bisa lo datangi, memang merupakan salah satu daya tarik Yogyakarta.

Eits, ada satu lagi nih aktivitas yang cukup unik disini, masih berhubungan dengan museum, ternyata di Yogyakarta cukup banyak museum yang bisa Urbaners kunjungi saat malam hari lho! Meskipun koleksi nya sama, tetapi pasti lo akan merasakan vibe yang berbeda jika berkunjung pada malam hari. Kira-kira museum apa saja ya yang bisa lo kunjungi pada malam hari di Yogyakarta?

 

Benteng Vredeburg

Museum yang terletak di pusat kota ini berada d titik 0 KM Yogyakarta, berisi diorama-diorama kemerdekaan Indonesia yang cukup lengkap dan luas. Nggak heran jika Komunitas Malam Museum sangat gemar membuat acara mereka di museum satu ini. Meskipun museum ini terbilang cukup tua, namun bangunannya masih sangat kokoh, selain itu koleksi museum ini juga cukup terjaga dan bersih, sehingga lo akan merasa nyaman saan mengeksplorasinya di malam hari. Karena adanya di pusat kota, setelah lo bisa nongkrong di sekitar museum ini, Urbaners!

 

Monumen Jogja Kembali

Museum yang biasa disebut Monjali memiliki area yang cukup luas dan megah. Monumen yang berbentuk kerucut melambangkan kesuburan ini tidak jauh berbeda dengan Benteng Vredeburg yang berisi diorama-diorama perjuangan, tetapi berukuran cukup besar. Fakta unik akan museum ini adalah, letaknya berada di sumbu imajiner yang menghubungkan Gunung Merapi, Tugu, Keraton dan juga Parangtritis. Saat malam hari di Monjali lo tidak hanya bisa mengeksplorasi wisata sejarahnya, tetapi di sekitar taman museum ini juga dikelilingi lampion dengan berbagai bentuk, lengkap dengan wahana-wahana yang cukup menarik. Sehingga rasa takut lo akan berkunjung ke museum pada malam hari sirna seketika.

 

Museum Sonobudoyo

Museum yang sangat berdekatan dengan Alun-alun Utara ini memiliki koleksi keris yang lengkap dari Nusantara, kurang lebih 1200 keris terdapat di museum ini, bahkan terdapat keris yang belum pernah di pamerkan oleh Keraton Yogyakarta. Jika lo kesini, akan merasakan perkembangan zaman dunia, mulai dari zaman batu sampai sekarang. Tidak hanya itu, jika berkunjung pada malam hari lo juga dapat menikmati pertunjukan wayang yang unik dan juga edukatif. Lo akan merasakan kekayaan budaya Yogyakarta yang sangat indah dan menarik untuk ditelusuri lebih lanjut.

Bagikan
Facebook Twitter Email

Museum Sasmitaloka Pangsar Soedirman

Sama seperti namanya, museum ini memang dibuat bertujuan untuk mengenang salah satu sosok pahlawan Indonesia yakni Panglima Besar Jenderal Soedirman. Awalnya museum ini adalah kediaman Jenderal Soedirman sendiri, bentuk rumah dan segala isinya masih dipertahankan hingga sekarang. Mulai dari koleksi senjata, perabot rumah tangga sampai pakaian Jenderal Soedirman. Bahkan perabot kuno nya juga masih lengkap dan dijaga keasliannya. Meskipun museum ini hanya berupa rumah, tetapi banyak banget yang bisa lo kulik disini, Urbaners.

 

Museum Perjuangan Indonesia

Terakhir, ada Museum Perjuangan Indonesia, sebenarnya ini adalah bagian dari Museum Vredeburg. Museum ini bercerita tentang perjuangan bangsa Indonesia untuk melawan penjajah, meskipun terletak agak jauh dari pusat kota, tetapi museum ini worth it untuk lo datangi, apalagi pada malam hari. Bentuk museum ini terbilang cukup unik, dan memiliki sebutan Ronda Tempel yang terdapat relief perjuangan dari bangsa Indonesia.

Nah, kalau lo penasaran menjelajahi muesum-museum tersebut, untuk memudahkan langsung saja lo menghubungi Komunitas Malam Museum Yogyakarta, jadi lo bisa tau jadwal-jadwal museum tersebut pada malam hari. Sekaligus lo juga akan di pandu agar penjelajahan lo lebih maksimal, Urbaners!