Ketika Syaharani & Nikita Dompas Berbicara tentang Musik Jazz & Industrinya

Tuesday, October 31, 2017 - 13:47

Siapa sih yang nggak kenal kedua musisi Jazz ini, yap, Syaharani & Nikita Dompas yang merupakan dua musisi yang konsisten dengan musiknya. Ini adalah tahun ketiga mereka menjadi juri MLDARE2PERFORM. Banyak banget yang mereka harapkan oleh para submission ataupun pemenang yang akan menjadi MLDJAZZPROJECT Season 3 nantinya. Mereka berdua mengakui bahwa kompetisi ini tidak hanya sekedar mencari talenta baru, tetapi juga bertujuan mengembangkan musik jazz di Indonesia menjadi lebih luas dan berwarna. Yuk, simak obrolan mereka tentang musik Jazz itu sendiri, dan sebenarnya apa sih yang di cari di MLDARE2PERFORM Season 3 nanti?

 

Alasan mengapa musik jazz begitu spesial bagi Syaharani & Nikita Dompas

Setiap musik tidak ada lebih baik ataupun buruk, yang membuat musik itu spesial adalah karena kita suka, bener nggak, Urbaners? Seperti Nikita Dompas yang curhat kenapa Jazz begitu spesial, karena itu adalah musik yang ditemukannya sendiri saat remaja. Nikita yang dari kecil tumbuh dengan lagu pop, saat duduk di bangku SMA pertamanya mau sok-sok beda menekuni Jazz, tapi keisengan tersebut malah membuatnya jatuh cinta pada aliran musik satu ini.

Kalau Syaharani dulunya bahkan ia nggak main musik sama sekali. Dari kecil Syaharani dilatih untuk menjadi seorang pemain bulutangkis, namun cita-citanya menjadi atlet nasional terpaksa harus dilupakan karena cidera kaki yang mengakibatkan tidak bisa bermain lagi. Setelah harus mengubur keingannya itu, ia mulai melirik kearah musik. Awalnya memang Syaharani seorang soloist Gospel di gerejanya, dan keluarga yang menyukai jazz standart membuat Syaharani cukup familiar dengan lagu-lagu Jazz. Pada saat remaja barulah ia diajak oleh seniornya untuk bermain musik. Saat itu Syaharani memiliki 2 grup musik, yang satu bermain jazz, dan satu lagi rock, nah pada saat itulah ia melihat bahwa musik memiliki kemungkinan untuk kolaborasi meskipun memiliki warna yang berbeda antara satu dan lainnya. Semuanya sama, ini hanya tentang mana yang lebih disukai. Dan untuk Syaharani, Jazz adalah sebuah ketenangan jiwa.

 

Starting point skena Jazz di Indonesia telah dimulai

Dengan banyaknya festival Jazz di Indonesia, merupakan awal yang baik bagi industri musik Jazz itu sendiri di Indonesia. Menurut Nikita Dompas dengan banyaknya festival menjadikan event-event ini sebuah lifestyle bagi masyarakat Indonesia. Dan hal ini merupakan starting point yang bagus untuk mengenalkan bagaimana jazz itu sendiri. Lambat laun akan banyak orang dig deeper tentang musik Jazz itu sendiri, dan mengetahui bahwa Jazz tidak sesulit itu kok, jauh dari kata elit, seperti label yang sudah ditempel masyarakat.

"And we can turn it menjadi pasar untuk para musisinya juga", Syaharani menambahkan. Karena kalau dilihat sebanyak itu festivalnya tetapi musisi jazz nya hanya 30%, hal ini membuktikan bahwa sumber daya musisi jazz itu sendiri masih kurang. Nah, karena itu starting point tersebut harus diimbangi dengan musisi-musisi yang terus melahirkan karyanya sehingga dilihat oleh masyarakat luas.

 

Pasar Musik yang sudah menyimpang

Nikita Dompas mengutarakan pendapatnya tentang pasar musik di Indonesia, kalau dulu, banyak sekali yang membuat lagu bergantung dengan yang sedang hype di pasaran, tetapi sekarang tidak lagi, Pasar musik sudah menyimpang kearah yang lebih baik, akhirnya para musisi sadar bahwa membuat musik yang mereka suka dan kuasai  adalah hal yang terbaik, dan yang mendengar juga tidak merasa pretentious. Sehingga ia menciptakan pasarnya sendiri, "Menjadi diri sendiri didunia musik adalah hal yang paling sulit sekaligus paling menyenangkan", Syaharani pun menambahkan.

Nikita Dompas mengibaratkan seperti rumput, jika ingin rumput tumbuh dengan segar harus disirami setiap hari, sama seperti musik, kalau mau sukses di dunia musik, terus kasih musik yag bagus untuk para pendengarnya. Meskipun it takes time, mungkin di lagu pertama atau lagu ke-100 kita nggak bisa nebak, tapi yang jelas lo akan lebih puas akan hasilnya.

 

Apa yang dilihat Nikita Dompas & Syaharani dari seorang musisi

Selain basic skill, yang terpenting bagi seorang musisi adalah showmanship, karena di stage lo akan bermain untuk diri sendiri, para personil lainnya dan juga penonton. Kompleksitas ini lah yang harus ada di setiap musisi dan harus seimbang satu sama lain. Selain itu, seorang musisi juga harus memiliki warnanya sendiri, atau teknik yang dikembangkannya dengan cara yang unik, itulah hal yang membuat seorang musisi istimewa. "Mencari musisi yang jago tehnik banyak banget, tapi kalau yang unik, soulful, dan punya warna yang kuat serta menguasai basic skill, itu yang sulit", Ujar Nikita Dompas.

 

Alasan kenapa lo harus ikutan MLDARE2PERFORM Season 3

Buat para musisi Jazz Indonesia, Syaharani & Nikita Dompas sangat menyayangkan kalau lo nggak ikutan MLDARE2PERFORM Season 3 nanti, karena ini adalah kesempatan yang sangat mahal harganya, kalau lo lolos di live audition saja, lo juga berkesempatan menunjukkan skill dihadapan musisi-musisi senior seperti para juri, dan di live audition nanti lo juga akan diiringi oleh para musisi handal, belum lagi networking mengenal musisi lainnya. Ini adalah gerbang lo menuju industri musik Indonesia,  Adoria (MLDJAZZPROJECT Season 1) dan MLDJAZZPROJECT Season 2 sudah membuktikannya dengan manggung diberbagai acara dan daerah, baik personal ataupun grup. Semakin banyak yang melihat cara lo manggung, semakin besar pula kesempatan lo untuk terus berkembang di dunia musik. Nah, buat lo yang ingin submit video audisi, belum terlambat, Urbaners! Ssst.. Ada sedikit bocoran dari Syaharani & Nikita Dompas nih!

Bagikan
Facebook Twitter Email