Mengenal Eka Gustiwana, Produser YouTube yang Dulu Hanya Penyanyi Kafe

Posted:

December 19, 2016

Ingat dengan video parodi Arya Wiguna yang mengutuk perbuatan Eyang Subur? Atau mungkin video pembawa berita Jeremy Teti yang jadi lagu unik? Adalah Eka Gustiwana yang membuat video-video viral tersebut. Produser musik muda ini sering kali dianggap sebagai YouTuber karena karya-karyanya lebih sering diposting di situs berbagi video tersebut. Namun siapa sangka, dulunya Eka hanyalah seorang pengamen yang bernyanyi dari kafe ke kafe.

 

Iseng berhadiah

Video parodi Arya Wiguna dan Jeremy Teti merupakan video yang cukup viral di Indonesia. Video tersebut merupakan karya orisinil Eka Gustiwana, seorang produser YouTube, dengan menggunakan teknik speech composing. Pria kelahiran Jakarta, 1 Agustus 1989 ini mengaku bahwa video tersebut merupakan hasil iseng saja sebagai bagian dari hobi aransemen lagu secara digital yang dimilikinya.

Namun, tujuan awal Eka Gustiwana untuk meraih masa depan bukanlah untuk terlibat dalam dunia musik. Justru awalnya, Eka lebih memilih bercita-cita sebagai pegawai kantoran biasa.

Awal mula Eka masuk ke dunia musik adalah ketika dia masih di bangku SMP. Ayahnya yang suka musik mempengaruhi keinginannya untuk bermusik. Yang menarik, setelah lulus SMA, Eka nggak daftar kuliah, melainkan mencoba peruntungan melalui musik.

 

Berbekal ngamen

Kemampuannya dalam memainkan keyboard sebenarnya menjadi bekal terbesar dalam perkembangan karirnya. Eka harus rela ‘ngamen’ keliling banyak kafe untuk mendapatkan pemasukan. Dalam sekali main, Eka menerima honor hingga 200 ribu rupiah. Dan menariknya, ada hinga delapan kali dalam seminggu untuk tampil di kafe. Penghasilan tersebut cukup besar kala itu, sekitar tahun 2007.

Di tahun 2010, Eka menulis lagu Ku Tetap Menanti sekaligus mengaransemen lagu tersebut untuk penyanyi wanita Indonesia, Nikita Willy. Nama Eka pun semakin dikenal masyarakat setelah pada tahun 2013 merilis lagu parodi Arya Wiguna. Sejak saat itu, Eka pun mulai terkenal sebagai seorang produser YouTube setelah berkali-kali diundang ke acara TV nasional.

 

Rahasia Eka agar jadi sukses, khususnya untuk musisi yang ingin promosi dengan media online, adalah selalu percaya diri dan nggak jaim di depan kamera. Jangan ragu untuk belajar dari kesalahan orang lain atau bahkan diri sendiri.

 

Source: kompas.com

SHARE

Facebook Twitter Google+

Other Hot Inside