Trending

First Thom Yorke Solo Concert in 8 Years

Pada album Kid A (2000) dan Amnesiac (2001), lagu-lagu dari Radiohead sudah mulai lebih eksperimental. Thom Yorke dan kawan-kawan sudah mulai berani mencampur electronic beats dan alunan musik jazz di setiap lagunya. Puncaknya adalah ketika Radiohead setelah album Hail to the Thief (2003) keluar, Thom Yorke melakukan debut solo album di tahun 2006, The Eraser. Lagu tersebut benar-benar sangat non-Radiohead.

“Sejak membuat band, saya nggak pernah melakukan sesuai dengan keinginan sendiri. Sekarang (solo album) membuat saya nyaman,” ujar Thom Yorke pada interview tahun 2006 kepada pitchfork.

Yorke kemudian mengeluarkan album berjudul Tomorrow’s Modern Boxes di tahun 2014 dan sempat melakukan konser di Jepang di tahun 2015. Sekarang Yorke mengeluarkan album baru berjudul Suspiria dengan hits single berjudul Suspiria (Music for the Luca Guadagnino Film) yang keluar beberapa waktu lalu. Yorke pun membuka konser solo pertamanya di Amerika Serikat setelah 8 tahun. Di hadapan sekitar 2500 penggemarnya, Yorke membawakan 19 lagu di Philadelphia's Franklin Music Hall, tanpa ada satu pun lagu dari Radiohead.

Proyek instrumental Yorke

Proyek instrumental Yorke

Yorke adalah pribadi yang sangat unik. Di solo albumnya, lo benar-benar akan melihat sosok yang berbeda dari Yorke sebagai vokalis Radiohead yang sangat rock dan dark. Di album barunya ini, Yorke memilih Suspiria yang menjadi soundtrack dari film horor supernatural berjudul Suspiria. Film tersebut merupakan remake dari judul yang sama dari tahun 1977, film ini sudah rilis bulan Oktober kemarin lewat Amazon Prime, dibuat khusus Halloween.

Proyek instrumental Yorke

Di dalam musik tersebut, Yorke akan bermain lebih orkestra dengan beat piano yang cepat. Bahkan menurut Billboard.com, lagu Suspiria ini dalam waktu dekat mungkin akan masuk nominasi Grammy Awards. Pada saat konser kemarin, Yorke juga memainkan lagu dari album barunya berjudul Unmade.

Sekarang Thom Yorke sedang melakukan persiapan untuk tur konsernya di akhir tahun. Tampaknya warga Amerika Serikat punya pilihan untuk melihat konser Yorke di saat natal dan tahun baru.

Source: billboard.com