Trending

Paduan Suara UGM Berhasil Jadi Runner-up di Italia

Mahasiswa Indonesia kembali berhasil mengharumkan nama bangsa. Kali ini, giliran Paduan Suara Mahasiswa Universitas Gadjah Mada yang berhasil meraih prestasi membanggakan. Mereka berhasil menempati posisi runner-up di ajang Rimini International Choral Competition 2016 di Italia. Tak tanggung-tanggung, dua kategori langsung disabet oleh kontingen wakil Indonesia ini.

 

Berjaya di tanah Italia

Civitas akademis Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, sepatutnya berbangga. Tim paduan suara mereka yang mewakili Indonesia di ajang Rimini International Choral Competition 2016 di Italia berhasil membawa pulang dua medali perak sekaligus dalam kategori Sacred Music dan Folk Choirs. Tim paduan suara UGM ternyata merupakan satu dari dua wakil Asia di ajang ini bersama Jepang.

PSM UGM berangkat dari Indonesia pada tanggal 17 September 2016 dan tiba di Roma pada tanggal 20 September. Dari situ, mereka langsung bertolak ke kota Rimini untuk tampil dalam kategori Sacred Music. Saat itu, mereka menampilkan 4 lagu, yakni O Magnum Misterium, Gloria Patri, O Nata Lux, dan Ubi Caritas.

 

Kalah dari Slovenia

Keesokan harinya, tim yang dipimpin oleh Agustinus Bambang Jusana selaku konduktor membawakan lagu-lagu daerah Indonesia untuk kategori Folk Choirs, antara lain Ugo-Ugo (Banyuwangi, Jawa Timur), Tak Tongtong (Padang, Sumatera Barat), Benggong (Nusa Tenggara Timur), dan lagu Let Me Fly. Hebatnya, tim paduan suara UGM tak hanya menunjukkan suara merdu mereka, tetapi juga tampil dengan koreografi lengkap dengan pakaian adat Indonesia. Tak heran bila penampilan mereka berhasil memukau para juri.

Menariknya, dalam dua kategori tersebut tim Paduan Suara Mahasiswa UGM berhasil membawa pulang medali perak. Kategori pertama, Sacred Music, tim berhasil mengalahkan Italia, Slovakia, dan Polandia. Namun sayang, tim harus puas berada di peringkat runner-up setelah kalah dari Slovenia. Di kategori selanjutnya, Folk Choirs, tim meraih skor tinggi 90,69. Sayangnya, sekali lagi, skor tersebut belum cukup untuk mengungguli Slovenia sebagai juara pertama.

Selamat, tim Paduan Suara Mahasiswa UGM! Semoga dengan hasil ini, anak-anak muda terinspirasi untuk berkembang dan berusaha menjadi sosok yang membanggakan Indonesia.

 

Source: goodnewsfromindonesia.org