Trending
Selasa, 22 Desember 2015

Pilih Portrait atau Landscape?

  • Share
  • fb-share
Pilih  Portrait atau Landscape?

Belum lama ini, Instagram mengeluarkan kebijakan baru. Lo bisa ngepost foto lo dengan jenis portrait atau landscape. Padahal, biasanya lo cuma bisa upload foto Instagram dengan bingkai kotak, bener-bener kotak. Nggak enaknya nih Urbaners, kalau lo punya foto yang memanjang ke samping (landscape) atau memanjang ke atas (portrait), lo harus motong beberapa bagian foto lo. Dengan kebijakan baru ini, lo nggak perlu lagi motong foto lo.

 

5 tahun Instagram membuat semua fotonya kotak sempurna

Jika ingin mempunyai foto yang sempurna di Instagram, lo harus mempunyai bingkai kotak. Biasanya orang sudah men-set resolusi gambarnya 500 x 500 pixel. Jadi, ketika post di Instagram tidak perlu lagi untuk memotong beberapa bagian foto. Selama 5 tahun sejak Instagram berdiri, Instagram bersikukuh untuk membuat para penggunanya untuk mengupload ke bentuk kotak. Alasannya? Untuk mendapatkan ciri khas, ketika foto lo kotak, itu berarti diambil dari Instragram. Sesederhana itu.

 

Mengizinkan segala jenis bingkai foto

Sebenarnya Instagram tidak menjelaskan apa alasan utama ketika mengizinkan penggunanya untuk membuat foto secara landscape dan portrait. Tetapi yang pasti adalah, hampir semua kamera di dunia ini bentuknya selalu landscape atau portrait. Lo nggak pernah melihat bentuk kamera kotak kan?

Apalagi, pengguna Instagram hampir semuanya adalah pengguna smartphone. Mereka tentu tidak mau foto landscape pemandangan pantai terpotong karena harus menyesuaikan bentuk kotak di Instagram. Sejumlah pengguna Instagram yang sudah mempunyai banyak followers pun merasa sangat terbantukan karena mereka bisa lebih kreatif dan bebas mengeksplor foto.

 

Banyak yang bilang, fitur baru ini hanya untuk komersial

Beberapa bulan lalu sebelum fitur baru Instagram ini muncul, advertorial kembali muncul. Biasanya di Instagram feed lo adalah foto-foto temen lo, sekarang lo bakal melihat advertorial. Beberapa klien iklan di Instagram tentu tidak ingin fotonya rusak karena hanya mengandalkan foto kotak. Kritikus media online pun mengatakan bahwa sebenarnya maksud Instagram membuat fitur baru ini untuk advertorial.

Instagram sendiri sampai sekarang masih tidak mau mengeluarkan datanya, apakah sistem portrait dan landscape ini benar-benar bagus untuk pengguna. Tapi, lo lebih suka gaya Instagram yang dulu apa yang sekarang?

 

Source: theverge.com

Comments
Putra ragil
Mantap yang sebenarnya
DEVI TRI HANDOKO
Banyak yang bilang, fitur baru ini hanya untuk komersial