Home Buzz Mengenal 2 Menteri Baru Malaysia yang Baru Berumur 25 dan 35 Tahun!

Mengenal 2 Menteri Baru Malaysia yang Baru Berumur 25 dan 35 Tahun!

Wednesday, July 11, 2018 - 17:18
Bagikan
Facebook Twitter Email
Font Size

Kalau bahas soal politik, mungkin yang ada di pikiran lo “masih belum cukup umur” atau “belum waktunya”. Nah, anggapan tersebut bisa lo singkirkan, Urbaners, karena negara tetangga Malaysia baru-baru ini mengangkat dua menteri barunya yang masih berumur 25 dan 35 tahun! Keduanya adalah Syed Saddiq yang menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga yang masih berumur 25 tahun. Kemudian ada Yeo Bee Yin yang menjadi Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim, dan Lingkungan Hidup yang masih berumur 35 tahun.

Syed Saddiq yang menolak beasiswa dari Oxford

Wajah Syed Saddiq ini sangat tampan, jadi wajar kisahnya langsung viral di Indonesia. Selain wajahnya yang tampan, ternyata Syed ini pintar banget. Lahir dari keluarga yang biasa aja, Syed harus mengajar kursus setiap malam untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Karir politiknya mulai terlihat ketika dirinya menjadi ahli debat. Saat kuliah di International Islamic University, Syed Saddiq ini memenangkan 3 kali sebagai Asia’s Best Speaker di ajang Asia British Parliamentary.

Syed bahkan berhasil mendapatkan jabatan konstituen (setara DPR di Indonesia) di Muar mengalahkan Razali Ibrahim, petahana konstituen sebelumnya. Dari situ, sang Perdana Menteri Malaysia, Mahatir Mohamad mempercayakan Syed sebagai penyambung lidah antar generasi di Malaysia.

Yeo Bee Yin jadi menteri teknologi

Yeo Bee Yin juga menjadi highlight bersama Syed Saddiq sebagai salah satu menteri termuda di Malaysia. Yeo Bee Yin nggak menyangka bahwa dirinya bakal jadi Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim, dan Lingkungan Hidup Malaysia di kabinet Perdana Menteri Mahatir Mohamad. Sebelum menjadi menteri, Yeo Bee Yin memiliki karir yang gemilang. Dirinya pernah bekerja di perusahaan minyak di Turkmenistan dan mendapatkan beasiswa di Cambridge University.

Pada tahun 2012, Yeo Bee Yin memulai karir politiknya ketika menjadi Social Media Strategic Advisor di DAP dan menjadi salah satu anggota parlemen termuda sepanjang sejarah. Dari situ akhirnya Yeo Bee Yin ini terpilih menjadi menteri teknologi.

Itulah sekilas profil dari dua menteri muda Malaysia. Apakah lo punya cita-cita seperti mereka?

 

Source: kompas.com