Home Fashion Tips Memakai Tuksedo untuk Cowok

Tips Memakai Tuksedo untuk Cowok

Tuesday, May 31, 2016 - 00:00
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sepertinya nggak ada hal lain yang dapat membuat seorang pria merasa gagah selain ketika ia mengenakan tuksedo. Sekilas, tuksedo memang terlihat mudah dikenakan karena model dan warnanya yang cenderung seragam. Kemeja putih, jas dan sepatu hitam, serta dasi. Nyatanya, masih ada aja pria yang salah mengenakan tuksedo pada acara-acara formal. Sepertinya mereka nggak memerhatikan tips di bawah ini, Urbaners.

 

Pastikan Setelan Tuksedo Pas pada Badan

Tips satu ini mungkin terdengar sepele, tapi memilih tuksedo yang pas pada badan bakal meningkatkan 90% penampilan lo. Lo bisa menentukannya dari area bahu lo, Urbaners. Biasanya, tuksedo yang pas badan bakal mampu “menaikkan” bahu lo, membuat postur tubuh lo terlihat lebih tegap. Lo pasti tahu, deh, saat lo mencobanya. Sedangkan, untuk celana panjang, pilihlah yang memiliki potongan slimmer fit. Jangan pilih yang skinny karena bakal nggak cocok dengan penampilan lo nanti.

 

Kenakan Rompi atau Cummerbund

Kecuali sedang mengenakan jas dengan model double-breasted, lo pasti bakal lebih sering mengekspos kemeja lo saat mengenakan tuksedo. Oleh sebab itu, jangan sampai lupa untuk mengenakan rompi atau cummerbund agar penampilan lo nggak terlihat “kosong”. Tapi, jangan mengenakan cummerbund kalau sebelumnya lo udah memasang braces. Lalu, pastikan bahwa lipatan pada cummerbund menghadap ke atas.

 

Sepatu yang Dipoles Mengkilap

Saat mengenakan tuksedo, cuma ada dua jenis sepatu yang cocok untuk dipadukan, yakni sepatu kulit glossy atau Oxford. Apapun yang lo pilih, pastikan bahwa sepatu tersebut memiliki bentuk melingkar pada ujungnya dan udah lo poles hingga mengkilap terlebih dahulu. Hindari sepatu yang memiliki aksen rumbai-rumbai, jahitan berlebihan, atau aksen-aksen yang menimbulkan kesan nggak elegan. Jangan pula mengenakan jenis sepatu lain seperti sneaker, boots, atau sandal.

 

Aksesoris Tambahan

Satu aksesoris penting yang nggak boleh lo lewatkan saat mengenakan tuksedo adalah dasi. Lebar dasi yang lo kenakan harus sesuai dengan lebar kerah. Kalau mengenakan dasi biasa, atur panjangnya agar mencapai pinggang atau sedikit lebih pendek dari itu. Pilih pula warna dasi berwarna lebih gelap dari kemeja yang lo kenakan. Jangan lupa menggunakan kaos kaki dengan warna yang lebih gelap dari celana panjang lo, ya.

Last but not least, keep it simple. Tuksedo merupakan setelan klasik para pria yang nggak perlu dipadukan dengan berbagai item fashion lain, apalagi celana denim. Jadi, saat mengenakan tuksedo, tanamkan aja istilah “less is more” di dalam pikiran lo agar bisa menghasilkan penampilan yang memukau.

Baca Juga : 7 Cara Memasang Dasi Kantor Yang Benar Untuk Tampil Keren

 

Sources: blacklapel.com, josbank.com, maskoolin.com