Trending
Selasa, 12 Agustus 2014

Casu Marzu: Keju yang Nyaris Terlarang

  • Share
  • fb-share
Casu Marzu: Keju yang Nyaris Terlarang

Umumnya di negara-negara tertentu, pemerintah memberikan larangan untuk kepemilikan zat adiktif dan senjata api. Tapi pernah kah lo mendengar larangan untuk memproduksi keju?

Larangan ini sempat diberikan oleh organisasi Uni Eropa kepada para produsen keju di Italia, tepatnya di pulau eksotik bernama Sardinia. Keju tradisional Italia yang disebut casu marzu ini memang bukan keju sembarangan. Keju ini dibuat dari keju tradisional pecorino yang diiris bagian atasnya dan difermentasi secara alami dengan bantuan larva hidup. Ya, larva hidup, lo nggak salah baca. Dan kalau itu belum cukup aneh, larva-larva ini bahkan cukup lincah untuk melompat sejauh 15cm.

Italia memang surganya makanan enak sekaligus kampung halaman puluhan jenis keju yang kita kenal saat ini. Namun menyajikan keju dan larva hidup dianggap terlalu berisiko karena bisa membahayakan kesehatan. Hal ini jelas berlawanan dengan regulasi kebersihan Uni Eropa.

Selama beberapa waktu, keju ini pun menjadi barang ilegal yang diperjualbelikan di pasar gelap, layaknya narkoba atau senjata api. Larangan ini kemudian menjadi kadaluarsa  berkat kecerdikan dari penduduk Sardinia. Mereka mendeklarasikan casu marzu sebagai makanan tradisional, sehingga regulasi kebersihan Uni Eropa yang ditujukan untuk “makanan normal” menjadi tidak berlaku lagi.

Kuliner ajaib ini mempunyai rasa tajam yang membuat lidah serasa terbakar selama beberapa detik. Enzim dari larva yang bersarang di keju casu marzu membuat bagian dalam keju ini lunak. Selain itu, casu marzu juga meninggalkan aftertaste yang bertahan hingga beberapa jam. Bahkan chef sekelas Gordon Ramsay pun mengerutkan kening setelah mencicipi keju yang berbahaya ini.

Bagi sebagian besar orang, memakan keju yang “dihiasi” dengan ratusan larva hidup mungkin merupakan sesuatu yang kelewat nekat. Tapi tidak begitu dengan para Sardinians (penduduk asli Pulau Sardinia), bagi mereka casu marzu adalah warisan kuliner yang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari budaya Sardinia. Keju ini biasanya dinikmati dengan roti kering khas Sardinia pada acara-acara besar atau arisan keluarga. Di pulau Sardinia, keju ini adalah hidangan kehormatan. Tapi jangan coba-coba menyajikannya di rumah, kecuali memang ada rencana untuk membuat seisi rumah berlarian.

Comments
Sukamto
Mantap guys
Selvi eyang surun
Good information