What They Say About Indonesian Foods - MLDSPOT
  • Food
  • What They Say About Indonesian Foods

What They Say About Indonesian Foods

Thu, 17 September 2015

Urbaners pasti pernah makan makanan Amerika ‘kan? Jenis makanan seperti burger, steak, dan hot dog memang memiliki rasa yang sangat enak. Karena itulah makanan-makanan itu sangat populer di Indonesia. Tapi, apa jadinya kalau orang Amerika ganti mencoba makanan Indonesia? Penasaran ‘kan apa kata mereka?

Di sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Buzzfeed, beberapa orang Amerika dan seorang Inggris diminta untuk mencoba masakan Indonesia. Masakan-masakan Indonesia yang dihidangkan adalah es doger, ikan bakar, gado-gado, nasi goreng, mie goreng, dan rendang. Yum! How delicious are they!

Sebelum mulai makan, para partisipan diberi tahu bahan-bahan yang ada di dalam masakan di depan mereka. Beberapa mengutarakan pendapat yang kurang positif. Misalnya, saat diberi tahu bahwa es doger dibuat dari santan dan tape, salah satu dari partisipan berkomentar bahwa it sounds like “something that a pony would drink”. Kemudian saat diberi ikan bakar, beberapa dari mereka sangat kaget karena ikan yang disajikan masih dalam bentuk utuh. Mereka berkata bahwa dalam budaya Barat, tidak ada makanan dari ikan yang masih ada kepalanya.

Memang penampilan beberapa masakan Indonesia seperti rendang dan ikan bakar tidak begitu menarik untuk mereka karena sangat berbeda dengan masakan Barat pada umumnya. Tapi, setelah mereka mulai makan, ternyata mereka sangat menyukai semua jenis masakan Indonesia yang disajikan dalam eksperimen itu. Kata “delicious” dan “flavorful” terucap berkali-kali. Some of them said that Indonesian food was blowing their minds and that Indonesian food was their new favorite type of food. Mereka sangat terkesan dengan rasa masakan Indonesia yang kaya dan memiliki keberagaman rasa. Bahkan ada salah satu dari partisipan yang mendeskripsikan rasa masakan Indonesia sebagai gabungan dari semua hal yang dia suka dari international cuisine!

So, they had nothing bad to say about Indonesian food! Ternyata masakan Indonesia sangat berpotensi untuk go international juga. How about you, then? Apa masakan Indonesia favorit lo?

 

Source: Buzzfeed.com, thedumplingsisters, juliegoodwin.com

 

 

Sambal
Kebanyakan masakan Indonesia sengaja dibuat sedemikian rupa agar cocok dimakan dengan sambal. Tapi sebetulnya, masyarakat Indonesia sendiri baru mengenal sambal ketika orang Spanyol yang datang ke Indonesia dan memperkenalkan cabai dari benua Amerika di abad ke-16. 

Makanan Terenak di Dunia
Tiga jenis masakan Indonesia mendapatkan tempat di daftar 50 Makanan Terenak di Dunia yang dihasilkan oleh survey online CNN International terhadap 35.000 orang. Masakan-masakan tersebut adalah rendang, yang menduduki peringkat pertama.

Rijsttafel
Bahasa Belanda memiliki kata “rijsttafel” yang berarti “rice table” atau “meja nasi”. Kata ini muncul karena terinspirasi dari budaya makan di daerah Padang, di mana nasi dan semua lauk pauk dihidangkan secara bersamaan di satu meja.

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis