Japanese Street Foods - MLDSPOT
  • Food
  • Japanese Street Foods

Japanese Street Foods

Thu, 03 December 2015

Berbeda dengan Thailand dan Taiwan yang biasa memamerkan street foods di berbagai pasar malam, Jepang justru menawarkan street foods melalui ratusan festival yang rutin diselenggarakan di Negeri Sakura tersebut. Beberapa street foods khas Jepang bahkan udah terkenal sampai ke Indonesia, seperti takoyaki dan okonomiyaki, walau tentunya koleksi street foods Jepang sangat lebih dari itu. Nah, kalau lo punya rencana buat jalan-jalan ke Jepang, sempatkanlah untuk mencoba menu-menu street foods lain yang dijamin enak berikut ini:

 

Kare Pan

Kare pan merupakan salah satu tipe “okazu pan” yang terbuat dari adonan manis yang telah dilapisi tepung roti dan digoreng dengan kare Jepang di dalamnya. FYI, kare Jepang memiliki rasa yang berbeda dengan kare-kare khas negara Asia lainnya karena memiliki rasa yang lebih ringan. Sebuah perpaduan sempurna antara rasa crispy dan manis di luar serta rasa lembut dan gurih di dalam.

 

Shioyaki

Shioyaki adalah ikan mackerel (saba) yang dipanggang dengan stick. Ikan yang paling banyak ditemukan di pesisir Jepang ini hanya dibumbui dengan garam untuk meningkatkan rasa gurih. Biasanya, shioyaki mudah ditemukan di berbagai festival street stalls

 

Dango

Dango terlihat seperti sate dengan pangsit berbentuk bulat yang dimasak hingga matang. Pangsit ini terbuat dari tepung beras ketan dan air, lalu dibumbui dengan saus atau pasta. Jenis dango yang paling sering dijumpai adalah dango mitarashi, yaitu pangsit beras panggang dengan saus kedelai. Hidangan ini banyak disajikan di luar kuil Shinto.

 

Senbei

Senbei adalah crackers beras yang hadir dalam ratusan jenis rasa, bentuk, maupun ukuran. Walau senbei banyak dijual di toko-toko, tapi senbei terbaik adalah senbei yang baru matang di atas panggangan arang. Umumnya, senbei khas Tokyo terasa lebih padat dan renyah, sementara senbei khas Kyoto memiliki tekstur yang lebih ringan.

 

Yakisoba

Yakisoba terbuat dari mie yang ditumis dengan potongan daging dan berbagai sayuran, seperti kol, wortel, dan bawang. Cita rasa khas yakisoba yang tajam dan pedas datang dari saus spesial yang digunakan. Untuk penyajiannya, yakisoba dilengkapi dengan serpihan rumput laut, ikan, dan acar jahe merah.

 

Source: theculturetrip.com

Infused Water dari Biji Kopi: Sensasi Minum Cold Brew Tanpa Diseduh!

Fri, 02 April 2021
Biji Kopi

Kopi emang udah jadi minuman yang rasanya wajib dinikmati setiap harinya bagi sebagian orang. Baik itu kopi susu, kopi murni, ataupun kopi yang udah disediakan dalam bentuk kemasan. Yang manapun itu, pokoknya lo ingin menikmati kopi tanpa harus susah bikin, iya kan?

Bagi lo para pecinta cold brew, lo udah pernah denger infused water dari biji kopi belum, bro? Minuman yang identik dengan kesehatan ini ternyata bisa lo nikmati selayaknya minum kopi sehari-hari pada umumnya.

Meskipun nggak seperti cold brew, tapi minuman dari biji kopi yang satu ini wajib untuk lo coba – selain unik, pastinya lo akan menemukan sensasi rasa kopi yang berbeda. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Minuman dengan Rendaman Biji Kopi

Biji Kopi

Credit image - Oasis

Seperti yang diketahui – infused water merupakan minuman yang direndam dalam waktu yang cukup lama. Jadi untuk infused water yang satu ini bukan menggunakan kopi yang digiling, melainkan menggunakan biji kopi yang disangrai.

Air yang direndam dengan biji kopi selama 7 jam ini bisa bikin lo merasakan sensasi minum kopi yang berbeda. Minuman yang satu ini emang punya sensasi seperti cold brew, tapi nyatanya berbeda, bro!

Minuman ini akan terasa lebih seperti sirup kopi dengan air dingin dan rasa sangrai kopi yang sedikit lebih kuat. Kehadiran infused water pastinya akan menambah variasi dari menu kopi itu sendiri. Lo nggak akan bosen deh, bro!

Campuran Infused Water dari Biji Kopi: Bikin Segar!

Selain jadi minuman yang baru dari jenis kopi, ada sumber yang mengatakan bahwa infused water yang menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu bisa membuat lo merasakan minuman kopi yang segar.

Minuman infused water dari biji kopi ini juga disarankan untuk direndam selama 12 jam. Hasil dari minuman ini juga punya rasa yang berbeda ini – karena nggak bikin lo serasa lagi minum cold brew mocktail!

Infused Liquor Juga buat Party!

Biji Kopi

Credit image -

Hal menarik yang bisa di bikin dari infused water ini adalah – lo juga bisa mengganti air dengan liquor seperti Vodka!

Salah satu sumber dari internet – yaitu uticacoffeeroasting yang mebuat infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Menjadikan vodka sebagai campuran pada minuman ini dianggap cukup menarik tentunya. Dengan menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dan di sangrai dengan campuran vodka selama 48 jam ini. Kalo jenis minuman yang satu ini, infused water ini bukan untuk kesehatan – tapi malah jadi meriah!

Dari resep infused water ini rasanya lo pasti pengen coba bikin sendiri kan, bro? Jangan lupa buat tag @MLDSPOT kalo udah berhasil bikin resep kopi yang satu ini ya!

 

Feature image - Oasis