Home Food 5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula
5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

5 Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula

Monday, May 20, 2019 - 10:20
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebagai salah satu minuman paling populer, kopi selalu ada di tiap kesempatan, entah itu saat suasana santai hingga formal sekali pun. Biasanya dalam hal minum kopi, ada dua tipe orang yang dominan nih, Urbaners, yakni yang menggunakan gula dan tanpa gula. Walaupun terasa pahit, ternyata ada beberapa manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang menarik untuk diketahui. Apa saja?

 

Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang pertama adalah bisa menghindarkan lo dari risiko penyakit jantung dan peradangan. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa kalau lo mengonsumsi kopi tanpa gula, ini akan menurunkan risiko stroke hingga 20 persen.  Hal ini karena kopi sebenarnya memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Jika lo menambahkan gula dalam jumlah cukup banyak, maka dapat mengurangi kadar antioksidannya. Berbeda halnya dengan minum kopi tanpa gula, kadar antioksidannya masih terjaga sehingga kesehatan jantung lo ikut terjaga pula.

 

Dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas

Dapat menurunkan berat badan dan risiko obesitas

 

Buat lo yang ingin diet, mungkin kopi tanpa gula bisa jadi salah satu alternatif minuman yang patut untuk dikonsumsi. Kafein dalam kopi dari berbagai penelitian telah terbukti dapat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Begitu juga dalam hal meningkatkan laju metabolisme tubuh sebesar 3 hingga 11 persen.

 

Kafein inilah yang terbukti efektif dalam proses pembakaran lemak sebanyak 10 persen pada orang gemuk dan 29 persen pada orang kurus. Dengan begitu, manfaat minum kopi tanpa gula bisa membantu membakar lemak dan ini akan membuat lo terhindar dari obesitas karena metabolisme tubuh yang stabil.

 

Memori meningkat drastis

Tahukah lo kalau kopi hitam tanpa gula juga memberikan manfaat meningkatkan memori dan daya ingat? Melansir dari Boldsky, sebuah penelitian menemukan manfaat minum kopi hitam tanpa gula yang dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer. Bahkan nggak tanggung-tanggung, tingkat penurunannya hingga 65 persen lho, Urbaners. Studi dari John Hopkins University di Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa kalau lo mengonsumsi 200 ml kopi, kafein yang ada di dalamnya dapat membangun stabilitas daya ingat hingga 24 jam.

Saat lo mengonsumsi kopi dengan gula berlebih, ini juga akan menurunkan kadar insulin yang ada dalam otak. Kekurangan insulin inilah yang membuat memori otak lo juga semakin menurun dan daya ingat menjadi terganggu. Selain itu, lo juga bakalan merasa lebih gelisah dari biasanya dan sulit untuk berkonsentrasi ketika bekerja setelah mengonsumsi banyak gula dalam kopi tersebut.

 

Terhindar dari risiko diabetes

Diabetes kini nggak cuma menjangkiti orang tua, Urbaners, tetapi juga bisa mengancam anak muda. Sebuah riset membuktikan bahwa manfaat kopi hitam tanpa gula secara tidak langsung dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Penelitian lainnya menyebutkan jika orang yang suka minum kopi hitam tanpa gula memiliki risiko 23 hingga 50 persen lebih rendah dibanding mereka yang minum kopi menggunakan gula.

Bagi penderita diabetes, kopi tanpa gula memang dianjurkan. Hal ini karena penderita diabetes susah untuk mengeluarkan insulin. Insulin inilah yang akhirnya menumpuk di dalam darah dan menjadi penyebab utama penyakit diabetes.

 

Menurunkan risiko penyakit Parkinson

Menurunkan risiko penyakit Parkinson

 

Manfaat kopi hitam tanpa gula yang terakhir ialah dapat menurunkan risiko penyakit parkinson. Penyakit ini jika dibiarkan secara berlanjut bakal berpengaruh pada sel-sel saraf otak, terutama pada sel otak yang menghasilkan dopamin. Kalau lo minum kopi tanpa gula, maka dapat meningkatkan dopamin dalam tubuh dan risiko Parkinson dapat dikurangi hingga 32-60 persen.

 

Mengonsumsi gula berlebih dapat membuat kadar dopamin menjadi di luar batas. Inilah yang bisa bikin lo kehilangan kontrol. Selain itu, daya ingat lo juga semakin berkurang secara perlahan. Akibatnya, potensi penyakit parkinson yang lebih parah bisa mengancam kesehatan lo, Urbaners.

 

Nah, sekarang lo sudah tahu kan kalau manfaat minum kopi tanpa gula itu banyak banget? Berani coba mulai sekarang?

 

 

Sources: Indonesiainside.id, idntimes.com