• Food
  • 5 Tempat Nongkrong Hits yang Kembali Buka dengan Protokol Baru

5 Tempat Nongkrong Hits yang Kembali Buka dengan Protokol Baru

Fri, 26 June 2020
Tampilan luar salah satu restoran di kawasan M Bloc Space yang dipenuhi pengunjung

Lo pasti sudah bosan beraktivitas sekaligus harus masak setiap harinya di rumah. Jika biasanya lo sering hangout bersama teman sambil bersantap sebelum munculnya pandemi ini, sekarang lo sudah bisa kembali mengunjungi tempat-tempat nongkrong hits. Tetapi jangan salah, ini bukan berarti lo boleh lengah. Harus tetap mengikuti protokol new normal yang berlaku. Berikut 5 tempat nongkrong hits yang sudah kembali dibuka dan melayani dine-in, waktunya untuk reservasi #MumpungLagiDirumah.

 

Duck Down Bar

duck down bar

Kangen dengan suasana New York bar khas Duck Down ini? Kabar baik buat lo, sekarang Duck Down Bar yang berlokasi di kawasan Gunawarman sudah buka dan melayani dine-in. Tentunya bar ini akan beroperasi dengan protokol kesehatan baru, seperti limited seating untuk mendukung adanya physical distancing.

Kalau lo berencana untuk hangout sambil dengerin lagu rock n roll atau menyantap menu di Duck Down Bar, jangan lupa untuk melakukan reservasi dulu karena bar ini akan mengutamakan pelanggan yang sudah reservasi.  Duck Down Bar akan buka setiap hari mulai dari pukul 4 sore sampai pukul 12 malam.

 

M Bloc Space

m bloc space

Tongkrongan anak muda hits Jakarta Selatan ini sudah dibuka dengan konsep “Responsible Reopening.” Maksudnya, seluruh tenants dan pihak M Bloc Space bekerja sama untuk menerapkan protokol mengontrol masa agar bisa mencegah terjadinya penyebaran virus. Sebelum memasuki area M Bloc Space, lo akan melakukan pengecekan suhu dan diwajibkan untuk pakai masker.

Nggak hanya itu, M Bloc Space juga mengharuskan setiap pengunjung menjaga jarak setidaknya 1 meter di area publik dan antrian. Hal ini juga diterapkan di dalam toko, seperti adanya jarak satu antar meja. Tenang saja, kawasan ini juga sudah dilengkapi dengan hand sanitizer dan tempat cuci tangan.

Buat perokok, sudah disiapkan 8 area khusus untuk merokok. Sebagian besar tenants di M Bloc Square dipastikan buka, kecuali Life Music dan Bar Oeang.

 

Lemongrass Resto

Tampak luar Lemongrass Resto dengan kolam kecil dan seating area

Tempat nongkrong hits di Bogor yang satu ini sudah melayani dine-in sejak bulan Mei lalu. Lemongrass Resto sudah menyiapkan dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan imbauan pemerintah setempat. Seluruh pengunjung diwajibkan untuk memakai masker dan melakukan pengecekan suhu sebelum diperbolehkan masuk ke dalam restoran.

Lo tetap bisa merasakan suasana cozy di area outdoor dan indoor Lemongrass Resto dengan aman karena adanya layout meja baru yang menerapkan physical distancing. Jadi, lo nggak akan berdempetan dengan pengunjung lainnya. Sudah disiapkan juga beberapa hand sanitizer yang bebas dipakai.

 

Dia.Lo.Gue

Tampilan indoor area Dia.Lo.Gue Cafe dengan meja dan kursi kayu serta dinding abu-abu

Setelah tiga bulan berdiam diri di rumah, lo bisa segera mengunjungi Dia.Lo.Gue Artspace untuk menyegarkan pikiran dengan karya-karya seni menarik di sini. Lo juga sudah bisa bersantai di dalam Dia.Lo.Gue Cafe sekaligus beli souvenir dan merchandise di Dia.Lo.Gue Shops. Tempat yang biasanya ramai pengunjung ini hanya akan buka dari pukul 9 pagi sampai 6 sore selama masa PSBB transisi ini.

Area cafe juga sudah menerapkan layout meja baru untuk memisahkan pengunjung yang satu dengan lainnya. Supaya semakin aman, pihak Dia.Lo.Gue melakukan penyemprotan disinfektan di setiap sudut tempat setiap harinya, saat pembukaan, di tengah shift, dan penutupan tempat. Jangan lupa untuk memakai masker dari rumah dan menggunakan hand sanitizer yang sudah disiapkan Dia.Lo.Gue ya!

 

Hurricane’s Grill

Tampak area bar dari Hurricane’s Grill dipenuhi staff dan lampu gantung

Setelah sebelumnya melayani delivery, Hurricane’s Grill kembali membuka pintunya untuk dine-in. Lo akhirnya bisa merasakan menu steak dan ribs andalan restoran ini langsung dari tempatnya. Restoran ini buka setiap pukul 11 siang sampai 8 malam di weekdays dan pukul 8 pagi sampai 9 malam di weekend.

Hurricane’s Grill sangat memperhatikan kebersihan restoran. Setiap hari dilakukan pengecekan suhu terhadap staff yang bekerja dan pengunjung yang masuk. Kemudian, disediakan juga hand sanitizer yang bisa dipakai. Hurricane’s Grill juga melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, terutama di sudut ruang yang ramai dan gagang pintu.

 

Buat Lo yang Punya Coffee Shop Pastikan Lo Tahu Apa Itu Cupping

Fri, 25 September 2020
Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Buat lo yang lagi merintis bisnis kedai kopi, ada banyak hal yang mesti lo perhatikan, termasuk dari menjaga kualitas minuman kopi yang akan lo sajikan. Oleh karena itu, lo mesti melakukan cupping sebelum membuka toko, buat mengetahui seberapa jauh kualitas yang akan lo tawarkan.

Coffee cupping atau disebut juga dengan istilah coffee tasting adalah kegiatan yang wajib lo jalankan sebelum menawarkan minuman kopi lo kepada para konsumen. Tapi sebelum jauh membahas soal cupping, apakah lo sudah tahu apa itu coffee cupping?

Siapapun bisa melakukan coffee cupping. Hal ini dikarenakan oleh prosesnya yang bisa lo lakukan sendiri. Secara singkat, mencicipi kopi ini menggunakan dua dari panca indera lo. Pertama adalah hidung untuk mengetahui seberapa bagus aromanya.

Kedua adalah dengan mencicipinya, dalam artian mencoba dengan indera perasa lo atau lidah. Sebenarnya, apa sih tujuan dari dilakukannya coffee cupping ini? Jika ditelisik dari tujuannya, coffee cupping bisa mengetahui bagaimana karakteristik kopi yang lo punya.

Seperti tingkat keasaman dari kopi tersebut atau acidity, sweetness, bittersweet, sampai ke rasa saltiness – deretan karakteristik tersebut akan jadi acuan tersendiri buat lo menawarkan minuman kopi yang ada di kedai.

Terlebih, jika lo mempunyai jenis minuman kopi yang bervariasi seperti cappuccino, atau mochacinno dan sebagainya lagi – jenis-jenis kopi tersebut mesti benar-benar lo ketahui karakteristiknya sehingga jenis minuman yang akan lo buat akan sesuai dengan rasa terbaiknya.

Kelihatannya seru ya melakukan coffee cupping? Selain seru, kalau lo adalah salah satu dari pemilik kedai kopi yang ada, proses ini justru termasuk ke salah satu cara untuk mengetahui kualitas dari kopi-kopi yang lo punya.

 

Lalu Bagaimana Proses Cupping Bisa Berjalan?

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: chicagotribune.com

Hal pertama yang akan disiapkan adalah menggiling berbagai jenis biji kopi yang lo punya terlebih dahulu. Misalnya, lo punya 10 jenis biji kopi spesialti yang berbeda-beda. 10 jenis tersebut digiling masing-masing untuk satu cup saja.

Jadi kurang lebih satu cup memerlukan 12 gram bubuk kopi. Untuk menyeduhnya, sebaiknya lo menggunakan teknik tubruk, yaitu bubuk kopi yang ada langsung diseduh menggunakan air mendidih bersuhu 100 derajat.

Mengapa harus air mendidih seperti itu? Perlu lo ketahui bro kalau kopi yang diseduh dengan air panas seperti itu, dinilai bisa mengeluarkan secara maksimal cita rasa yang ada di dalamnya. Apakah langsung dicoba begitu saja?

Ya nggak dong bro. Setelah semua jenis kopi sudah diseduh dalam cangkir masing-masing. Langkah selanjutnya adalah mendiamkan sejenak agar kopi berekstrasi secara alami selama 4 menit. Setelah 4 menit dan suhu di dalam cangkir tersebut dinilai aman untuk di minum, barulah proses cupping dimulai.

 

Ini alasan kenapa lo mesti melakukan coffee cupping untuk kedai kopi lo

Credit Image: europeancoffeetrip.com

Mereka para cupper – sebutan untuk mereka yang mempunyai palet rasa kopi yang luas, akan memeriksa karakteristik dari kopi yang diseduh tersebut. Mereka menggunakan sendok untuk mengambil kopinya, lalu menyeruputnya dengan agresif.

Maka dari itu, terlihat para cupper hampir seperti tersedak karena kurang lebih mereka menembakan kopi tersebut sampai ke langit-langit mulutnya agar benar-benar bisa merasakan cita rasa dan karakteristik yang sebenarnya dari kopi itu.

Jika sudah, semua taste dari kopi yang sudah mereka cicipi, akan dicatat kelebihan dan kekurangannya. Di langkah yang seperti inilah lo akan mengetahui apakah kopi yang lo punya itu bagus atau tidak – atau mempunyai karakteristik tersendiri.

Coffee cupping cocok lo lakukan saat pagi hari sebelum kedai dibuka. Ingat, proses ini untuk mengetahui bagaimana deretan kopi yang lo miliki kualitasnya seperti apa. Jadi pastikan melakukan coffee cupping agar lo tahu sudah sejauh mana kualitas yang lo tawarkan untuk para konsumen.

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelaskan dari penjelasan singkat tentang coffee cupping? Jika iya, lo bisa mencobanya nih sekarang!

 

Feature Image – perfectdailygrind.com