• Food
  • 9 Makanan Khas Bali yang Enak Beserta Tempat Makan Enak di Bali

9 Makanan Khas Bali yang Enak Beserta Tempat Makan Enak di Bali

Mon, 25 June 2018
9 Makanan Khas Bali yang Enak Beserta Tempatnya

 

Mau liburan ke Bali dan belum tau tempat makan enak di Bali atau makanan khas Bali? Lo datang di tempat yang tepat. Dalam artikel kali ini nih Urbaners, lo akan diajak buat wisata kuliner tentang makanan dan tempat makanan enak di Bali.

Bali adalah satu-satunya daerah di Indonesia yang mempunyai tradisi Hindu paling kuat. Walaupun sangat berdekatan dengan Pulau Jawa, ternyata Bali hampir nggak terpengaruh budaya yang berasal dari Pulau Jawa. Sempat ditaklukkan oleh Kerajaan Majapahit dan masuknya pemerintah kolonial Belanda, ternyata Bali masih mempertahankan budaya Hindu sampai sekarang. Mulai dari kebiasaan, adat, sampai makanan di Bali sangat berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

 

Makanan Khas Bali dan Tempat Makanan Enak di Bali

Kalau ngomongin makanan nih, Urbaners, Bali memang surganya, apalagi kalau lo suka banget dengan daging babi. Di Bali lo bisa menemukan hampir semua olahan makanan dibuat dengan campuran babi. Walaupun begitu, ada beberapa makanan yang dicampur dengan ayam atau bebek. Dalam artikel kali ini nih Urbaners, lo akan diajak buat wisata kuliner tentang makanan dan tempat makanan enak di Bali. Apa aja itu? Yuk, simak!

 

Ayam Betutu 

Ayam Betutu salah satu makanan populer khas Bali

Makanan enak di Bali yang pertama adalah ayam betutu. Alasan mengapa banyak orang sangat mengidolakan ayam betutu adalah rasanya yang sangat pedas dengan aroma rempah yang sangat kuat. Secara tampak luar, ayam betutu ini mirip dengan ayam opor biasa yang dicampur dengan sambal dan sayuran. Tetapi lebih dari itu, ayam betutu ini menawarkan makanan pedas dengan bumbu khas Bali.

Cara membuat ayam betutu adalah bumbu diolah dan dimasukkan ke dalam perut ayam. Kemudian ayam dipanggang menggunakan bara api hingga seharian penuh. Dari situ rasa ayam betutu bakal sangat kuat jika dibandingkan ayam lain.

Tempat makan ayam betutu enak di Bali antara lain:
Ayam Betutu Khas Gilimanuk, Jalan Merdeka 88, Denpasar Timur
Ayam Betutu Pak Man, Jalan Kubu Anyar No. 72, Badung

 

Babi Guling 

Yup, babi guling adalah salah satu makanan khas Bali yang cukup terkenal bagi para wisatawan. Babi guling ini sebenarnya menjadi makanan mewah bagi orang Bali, karena biasanya hanya ditemui saat pesta rakyat seperti potong gigi, kawinan, atau upacara ngaben. Walaupun begitu, Urbaners, sekarang udah banyak restoran yang menjual menu babi guling atau di Bali juga disebut Be Guling.

Babi guling di Bali ini dibuat dengan cara yang unik. Babi utuh akan dikeluarkan isi perutnya, kemudian dimasukkan bumbu olahan. Kemudian babi akan dipanggang dan diguling di atas arang batok kelapa. Babi akan dipanggang 2-3 jam sampai kulit berwarna cokelat dan mengeluarkan bau yang sangat menggiurkan.

Tempat makan babi guling enak di Bali antara lain:
Babi Guling Pak Malen, Badung
Babi Guling Candra, Denpasar

 

Srambotan

Srambotan makanan khas Bali yang mirip urap urap

Salah satu makanan yang mirip dengan makanan di Pulau Jawa adalah srambotan. Srambotan ini sangat mirip dengan urap-urap, dari bentuk sampai cara pembuatannya. Srambotan ini dibuat dari berbagai sayuran yang direbus setengah matang. Biasanya terdiri dari kacang panjang, bayam, terung, kangkung, dan kelapa parut. Mungkin yang membedakan srambotan dengan urap-urap Jawa adalah di srambotan ditambahkan pare atau terung.

Tempat makan srambotan enak di Bali antara lain:
Serombotan Klungkung, Jalan Tunjung Tutur No 27, Denpasar
Warung Serombotan, Jalan Nangka Selatan no 78, Denpasar

 

Sate Lilit

Dinamakan sate lilit karena daging dimasukkan dengan cara dililit, bukan ditusuk seperti sate pada umumnya. Sate lilit ini juga menggunakan batang daun serai, bukan tusuk kayu seperti yang ada di Pulau Jawa. Pembuatan sate lilit ini adalah daging akan dicincang terlebih dahulu kemudian dicampur dengan bumbu olahan khas Bali. Setelah itu, daging akan dililit kemudian dibakar hingga mengeluarkan bau yang sangat harum.

Tempat makan sate lilit enak di Bali antara lain:
Sate Lilit, Jalan Pulau Kawe No 36, Denpasar
Sate Lilit Tuna Klungkung, Jalan Pulau Bungin, Pedungan, Denpasar

 

Nasi Campur Ayam Bali

Nasi campur Bali yang di sajikan di tempat makanan enak bali

Makanan enak di Bali selanjutnya adalah nasi campur ayam bali. Lalu, apa bedanya nasi campur di Bali dengan nasi campur di Pulau Jawa pada umumnya? Jawabannya sangat sederhana, nasi campur di Bali ini menggunakan hampir semua olahan makanan khas Bali. Mulai dari sate lilit, srambotan, lawar ayam, hingga ayam betutu akan dicampur jadi satu. Ciri khas lain adalah sambal matah yang ditaburkan di nasi campur.

Tempat makan nasi campur ayam bali enak di Bali, antara lain:
Warung Wardani Bali, Jalan Yudistira No 2, Dangin Puri Kauh
Warung Nasi Campur Bali, Jalan Raya Kuta, No 88

 

Lawar Kulir

Lawar kulir ini hampir mirip dengan nasi campur ayam Bali, tetapi perbedaannya ada menu utamanya. Jika nasi campur ini menggunakan nasi serta ayam atau sate lilit, maka di lawar kulir ini nggak menggunakan nasi, melainkan sayuran. Lalu untuk dagingnya juga memakai daging cincang dari babi atau kulir. Kulir sendiri adalah bahasa Bali yang bisa juga disebut dengan entog (mentog). Jika lo beragama muslim dan menghindari makanan yang mengandung Babi, lo bisa memilih lawar kulir ya.

Tempat makan lawar kulir enak di Bali, antara lain:
Lawar Kuwir Pan Sinar, Jalan Kroya Gang Cemapaka No 1, Denpasar Timur

 

Tipat Blayag

Tempat makan enak di Bali menyajikan Tipat Blayang

Makanan enak di Bali selanjutnya adalah tipat blayag. Makanan yang mirip dengan lontong sayur ini terdiri dari lipat (ketupat), telur, ayam suwir, layar, kemudian disiram dengan kuah bersantan. Banyak yang menyebut tipat blayag ini mirip dengan lontong sayur, tetapi bedanya lontong sayur disiram dengan bumbu kacang.

Tempat makan tipat blayag enak di Bali:
Warung TIpat Blayag Khas Tejakula, Jalan Tukad Musi no 8
Tipat Blayag Bu Agus, Jalan Tukad Yeh Aya, No 44, Panjer

 

Nasi Sela

Nasi sela mempunyai sejarah yang unik, Urbaners. Saat itu, penduduk Karangasem, Bali bagian Barat, sedang mengalami kesulitan ekonomi yang cukup hebat. Jadi, mereka hanya bisa makan dengan sela (ketela) dan ubi jalar untuk pengganti nasi. Tetapi lama kelamaan, nasi sela menjadi terkenal karena bumbunya yang sangat gurih. Sekarang nasi sela udah dicampur dengan sayur bejek, udang, kacang tanah, sambal bangkot, dan malah ada yang udah pakai ayam.

Tempat makan nasi sela enak di Bali, antara lain:
Warung Makan Nasi Sela Men Jojon, Jalan Raya Gerih, Badung
Nasi Sela & Bubur Bali, Jalan Raya Lukluk

 

Nasi Jinggo

Nasi Jinggo makanan khas bali yang mirip Nasi Kucing

Makanan enak di Bali terakhir yang akan dibahas adalah nasi jinggo. Coba sekarang lo bayangkan nasi kucing yang terkenal di Yogyakarta dan Surabaya. Yup, nasi jinggo mirip banget dengan nasi kucing, mulai dari bentuk dan jumlah porsinya. Nasi jinggo ini terdiri dari nasi, ayam suwir, mi goreng, dan tempe goreng. Porsi dari nasi jinggo pun sangat kecil, hanya sekepal tangan orang dewasa. Mirip dengan nasi kucing, bukan?

Tempat makan nasi jinggo enak di Bali, antara lain:
asi Jinggo Babi Kecap Jik Elle, Jalan Tukad Irawadi No 13
Kedai Nasi JInggo Rendang Sutoyo, Jalan Sutoyo

 

Itulah 9 jenis makanan dan tempat makanan enak di Bali. Jadi ketika lo liburan di Bali nanti, lo bisa sekalian wisata kuliner ya, Urbaners.

Deretan Resep Masakan Kilat yang Bisa Lo Coba Sekarang Juga!

Mon, 14 September 2020
resep makanan gampang buatnya

Cukup mengejutkan kalau pihak-pihak terkait yang berusaha menyelesaikan pandemi ini beberapa waktu lalu membuat keputusan kalau Pembatasan Sosial Berskala Besar kembali dilakukan dan diterapkan. Welcome to PSBB Part 2.

Beberapa regulasi lainnya yang terkait dengan PSBB ini diprediksi juga akan aktif lagi. Misalnya himbauan untuk bekerja dari rumah atau WFH yang dianjurkan untuk para pegawai kantoran. Walau seperti ini lagi, tapi jelas nggak menghalangi lo buat tetap produktif, ya!

Ada hal seru yang bisa lo lakukan dari rumah selain menyelesaikan pekerjaan rutinitas dari kantor. Jika jam kerja sudah selesai dan lo bisa benar-benar tenang di rumah, lo bisa melakukan hal yang satu ini. Apa hal tersebut? Memasak!

Percaya atau nggak, memasak adalah kegiatan yang bisa memacu kekreativitasan yang ada di dalam diri lo nih! Terlebih jika lo dituntut untuk memasak dengan bahan-bahan sederhana dan yang ada saja di rumah.

Jelas lo dituntut untuk jadi kreatif untuk menyajikan makanan yang enak dan berpenampilan menarik. Oh iya bro! Terkait sama hal ini, @MLDSPOT ngajak lo buat ikutan video kompetisi yang bakal digelar sebentar lagi. Tentang apa nih? Apa berhubungan dengan memasak?

 

mldspot homecooking

Benar sekali! @MLDSPOT dengan #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKINGngajak lo buat bikin konten video yang menceritakan hal seru saat lo memasak di rumah. Cerita seperti apa nih yang mungkin menarik hati para juri?

Bisa cerita tentang apapun, misalnya – cerita di mana lo harus memasak di jam 10 malam dan bahan makanannya terbatas, tapi lo tetap bisa bikin makanan yang enak dan mengenyangkan. Atau misalnya lo mesti menyiapkan cemilan atau makanan saat gebetan lo main ke rumah, wah pasti banyak sih cerita seru yang bisa lo rekam, dan submit ke #MLDSPOTNEWNORMALHOMECOOKING.

Tapi sabar, akan ada waktunya buat mengumumkan video kompetisi ini akan digelar. Makanya stay up to date di @MLDSPOT ya! Soal hadiah? Jangan ditanya! Bakal banyak hadiah menarik yang bisa lo menangin sampai voucher blibli.com bernilai JUTAAN RUPIAH!

Nah, ngobrolin soal masak-memasak, ada banyak resep makanan yang bisa lo coba. Tapi hanya beberapa resep yang gampang dan hasilnya enak mirip dengan buatan restoran. Beberapa resep ini bakal gue kasih tahu di bahasan kali ini. Penasaran? Sila simak bahasan kali ini sampai habis ya!

 

Fettucini Carbonara Ala Kadarnya Aja

resep makan gampang buatnya

Credit Image: herstory.co.id

Kalau mau bikin yang ala resto, ya memang butuh bahan-bahan premium, nih. Tapi kalau mau memanfaatkan bahan yang ada saja, lo bisa dapat bahan-bahannya di convenience store dekat rumah.

Mungkin tambahannya adalah baso-sosis yang bisa jadi pelengkap Fettucini lo. Masaknya juga gampang banget. Lo bisa rebus dulu si fettucini-nya sampai al dente sekitar 10-15 menit saja, terus tumis baso dan sosis sama bawang bombai dan bumbu-bumbu pelengkapnya.

Setelah itu, masukan tumisan tersebut ke rebusan pasta, masukan keju parmesan di parut lalu aduk sampai mengental dan matang. Kurang lebih 5 menit lagi, baru deh bisa lo sajikan selagi hangat!

 

Sushi Ala-Ala (Lagi)

resep makan gampang buatnya

Credit Image: shutterstock.com

Cukup effort kalau lo mau makan sushi di restoran-restoran di luar rumah. Kalau mau buat sendiri, cukup mudah kok buat dikerjain. Lo tinggal sediakan tuna kalengan, nasi hangat dan nori atau rumput laut kering.

Caranya, lo tumis dulu tuna kalengan tersebut lengkap dengan bumbu penyedapnya, sembari itu lo bisa siapkan nasi hangat, berikan garam lalu aduk-aduk. Jika tumisan tuna sudah matang, lalu sisihkan. Sekarang lo bisa siapkan nori, taruh tumisan tuna di atasnya, lapisi lagi dengan nasinya, lalu gulung! Sudah digulung, barulah lo potong-potong sesuai selera! Jadi, bro!

 

Ramen Kuah Susu

Kalau nggak ada ramen instan, lo bisa ganti ini dengan mie instan yang lain. Menu yang satu ini lebih mudah lagi, bro. Lo bisa masak seperti layaknya memasak mie instan pada umumnya. Bedanya, lo bisa tambahkan margarin cair serta susu sebagai pelengkapnya.

Soal rasa? Jangan ditanya, pasti gurih bukan main! Wah bagaimana nih bro? Dari deretan menu simple dan cepat serta gampang dibuat ini, yang mana dulu nih yang mau lo coba?

 

Feature Image - pinterest