• Food
  • Ayam Betutu: Makanan Khas Bali dan 4 Tempat Terbaik untuk Mencobanya

Ayam Betutu: Makanan Khas Bali dan 4 Tempat Terbaik untuk Mencobanya

Mon, 08 October 2018
Ayam Betutu: Makanan Khas Bali dan 4 Tempat Terbaik untuk Mencobanya

Selain mengeksplor berbagai tempat wisata, ada satu kegiatan lagi yang nggak bisa lo lewatkan saat traveling: wisata kuliner! Nah, bagi yang sedang atau akan traveling ke Bali, makan ayam betutu wajib masuk agenda lo. Seperti namanya, makanan khas Bali ini dimasak dengan cara betutu, yaitu ditanam di lubang tanah, ditutup dengan bara api, lalu didiamkan hingga berjam-jam.

 

Rekomendasi Tempat Makanan Khas Bali Ayam Betutu

Namun, sekarang cara masak ayam betutu sudah nggak sekonvensional dulu, Urbaners. Penyajiannya pun cukup modern dan nggak cuma dihidangkan saat upacara adat. Lo bisa dengan mudah menemukan ayam betutu di berbagai ruas jalan Bali. Meski begitu, tentunya ada beberapa tempat makan yang sudah terjamin kelezatan ayam betutu mereka. Check the recommendations below!

 

Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam Betutu Men Tempeh

Sudah buka sejak tahun 1990-an, Ayam Betutu Men Tempeh bisa dibilang sebagai salah satu tempat makan legendaris di Bali. Ada 2 olahan ayam betutu yang menjadi andalan di sini, yaitu ayam betutu goreng dan ayam betutu kuah. Ayam kampung dimasak hingga empuk, lalu dipadu dengan aneka rempah khas Bali.

Satu porsi ayam betutu biasanya disajikan dengan nasi putih hangat, plencing kangkung, sambal, dan kacang. Penasaran ingin mencoba, Urbaners? Lo bisa datang ke Ayam Betutu Men Tempeh di Desa Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

 

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Lo yang cukup sering traveling ke Bali pasti sudah nggak asing lagi dengan tempat makan satu ini. Banyak food blogger yang merekomendasikan nasi betutu di sini. Apalagi Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku juga sudah membuka beberapa cabang di Bali. Salah satunya bisa lo datangi di Jalan Kayu Jati No. 12, Patitenget, Seminyak.

Sepiring nasi ayam betutu disajikan dengan aneka lauk pauk lain seperti sate lilit, urap, kacang goreng, telur rebus, pepes ayam, hingga jeroan goreng. Tentunya nggak ketinggalan potongan ayam betutu yang dimasak dengan cara dikukus.

 

Nasi Betutu Rahayu Wayan Rupa

Nasi Betutu Rahayu Wayan Rupa

Kalau mau mencoba ayam betutu di sini, sebaiknya lo datang agak awal, Urbaners. Setiap harinya, Nasi Betutu Rahayu Wayan Rupa buka pukul 08:00 sampai 17:00 WITA. Tetapi mengingat banyaknya jumlah pengunjung, biasanya pada pukul 14:00 pun nasi betutu yang dijual di Jalan Mahendradata, Gianyar ini sudah habis terjual.

Nasi betutu buatan tempat makan ini memang khas banget, Urbaners. Aroma kelezatannya bahkan bisa lo cium dari halaman depan. Meski menggunakan ayam potong, dagingnya sangat mudah dikunyah. Belum lagi lauk lain berupa daging dengan bumbu rempah-rempah yang terasa kuat. Nggak cuma itu, lo juga bakal mendapatkan lauk serundeng, telur rebus, serundeng, dan urap kacang panjang kalau makan nasi ayam betutu di sini.

 

Ayam Betutu Pak Man

Ayam Betutu Pak Man

Gurih dan pedas, mungkin itulah dua kata yang tepat buat menggambarkan kelezatan Ayam Betutu Pak Man. Bumbunya rempah kunyit dan serehnya begitu terasa sejak gigitan pertama. Tenang saja, kalau lo kurang suka kunyit dan sereh, lo bisa memesan ayam betutu goreng yang aroma rempahnya nggak terlalu kuat.

Khusus untuk ayam betutu goreng bakal disajikan dengan kremes yang membuat rasanya makin gurih. Ada juga pilihan lauk pauk lain seperti sate lilit, telur rebus, dan kacang panjang. Nah, daripada penasaran, lo bisa langsung datang ke Ayam Betutu Pak Man di Jalan Kubu Anyar No. 72x, Kuta.

 

Baru membayangkannya saja sudah terdengar menggiurkan, kan? Makanya, pastikan lo mengunjungi tempat makan di atas saat traveling ke Bali. Jangan lupa bagi review lo ya, Urbaners!

 

 

Sources: bacaterus.com, travel.tempo.co

3 Restoran seru buat malam mingguan lo

Tuesday, December 31, 2019 - 13:00
Suasana bagian dalam restoran Monk

Malam minggu tentunya menjadi malam yang spesial buat lo yang punya pasangan. Setiap pasangan pastinya punya tempat favorit untuk menghabiskan malam minggu bersama. Untuk lo yang ingin menghabiskan malam minggu kali ini bersama pasangan lo di sebuah tempat yang romantis di Jakarta. Ini ada rekomendasi 3 restoran yang akan membuat malam mingguan lo makin seru dan pastinya punya kenangan nggak terlupakan.

 

MONKS

Suasana bar MONKS café

Kalau lo dan pasangan suka banget sama budaya Jepang? Restoran yang satu ini sangat cocok buat lo. MONKS sebagai resto yang mengusung tema arsitektur Jepang tentunya juga menyajikan menu masakan Jepang yang nggak kalah lezat. Di sini lo bisa makan, Sushi, Ramen, atau Chicken Katsu. Untuk l        o yang lagi program diet, ada menu Kyoto Caesar Salad yang bergizi banget. Tak hanya makanan, lo juga bisa menikmati sajian minuman yang segar, seperti Monkillo, Iced Kumquat Soda, dan es krim.

Soal harga jangan khawatir, lo cukup siapin bujet Rp250.000 saja untuk dua orang. Cukup murah untuk ukuran restoran yang mengusung konsep ala-ala Jepang. Penasaran ingin ke sini? MONKS ada di daerah Jakarta Utara, tepatnya di area Kelapa Gading. Lo bisa langsung akses Google maps untuk dapatkan lokasinya yang tepat.

 

Koffie Nation

Bagian luar dari Koffie Nation

Koffie Nation mengusung desain interior minimalis yang kekinian banget. Tempat ngopi yang ada di daerah Kuningan ini cocok buat dijadiin tempat dinner bersama pasangan. Walau pun konsepnya modern, Koffie Nation tetap menyediakan menu-menu khas Indonesia, kok. Jadi lo nggak perlu khawatir juga soal harga. Masih standar untuk daerah Kuningan. Lo bisa memilih menu-menu, seperti pempek, mie ayam, nasi goreng, sop buntut, dan lain-lain.

Kopi buatan barista Koffie Nation juga enak banget, mereka bisa menakar dengan sangat pas, deh. Kalau pasangan lo nggak suka kopi, tenang saja, di sini juga banyak minuman non-kopi, kok. Koffie Nation tepatnya berada di Epicentrum Walk, lantai bawah (Ground). 

 

Mr. Bitsy

Suasana resto Mr. bitsy

Kalau lo dan pasangan bosan dengan resto yang cuma menyediakan makan dan minum. Lo bisa datang ke Mr. Bitsy yang ada di Mall Kuningan City. Mr. Bitsy menawarkan konsep resto dan karaoke. Jadi lo bisa bernyanyi lagu-lagu romantis bersama pasangan sambil menikmati malam minggu yang syahdu. Dijamin lo bisa melepas penat selama seminggu penuh bergelut dengan rutinitas.

Bagaimana, lo pilih resto yang mana untuk menghabiskan malam minggu lo kali ini bersama pasangan? 3 resto di atas recommended banget soal pelayanan dan harganya yang terjangkau. Jadi malam minggu lo bersama pasangan jadi lebih seru.

 

 

Source: Provoke