• Food
  • Berbagai Jenis Kandungan Kopi yang Perlu Lo Tahu

Berbagai Jenis Kandungan Kopi yang Perlu Lo Tahu

Tue, 21 May 2019
Berbagai Jenis Kandungan Kopi yang Perlu Lo Tahu

Urbaners, kehadiran kopi di kehidupan sehari-hari sudah menjadi bagian yang nggak terpisahkan. Bahkan kopi sudah menjelma menjadi gaya hidup masyarakat modern. Di antara lo, pasti ada yang hidupnya belum bisa berfungsi maksimal kalau nggak menyeduh secangkir kopi dulu.

Di balik cita rasanya yang menggoda dan membangkitkan semangat, lo tahu nggak apa saja kandungan kopi? Pernah penasaran nggak, sih, kandungan kopi apa yang bisa membuat energi lo bangkit? Kalau lo penasaran dan ingin tahu, ini informasi penting buat lo yang doyan banget sama kopi!

 

Kafein

Kafein

Kandungan kopi yang satu ini dijamin sudah banyak yang tahu, kan, Urbaners? Kafein dalam kopi itu terkandung dalam biji, daun, dan buah tanamannya. Kafein juga menjadi kandungan kopi yang sering disebut sebagai penahan kantuk dan pembangkit semangat. Namun, tahukah lo kalau kafein dalam kopi itu tergolong sebagai drug?

Itulah kenapa kafein kopi bisa menyebabkan kecanduan dan ketergantungan. Kalau dalam kondisi berlebihan, bisa menimbulkan berbagai macam jenis penyakit seperti gangguan tidur dan kanker. Asal lo gak berlebihan mengonsumsinya, semuanya aman-aman saja kok, Urbaners!

 

Quinic acid

Quinic acid

Rasa asam yang kadang terasa pada kopi ternyata berasal dari kandungan quinic acid di dalamnya. Beda kopi, beda pula kandungan quinic acid di dalamnya. Kalau kopi lo terasa sangat asam, itu berarti kandungan quinic acidnya tinggi. By the way, quinic acid ini juga sering digunakan di dunia kedokteran sebagai bahan obat flu.

 

H2O

H2O

Siapa yang menyangka kalau biji kopi yang lo seduh punya kandungan H2O alias air? Ya, meski kadarnya sudah berkurang banyak, tapi di dalam biji kopi masih ada H2O yang berbentuk senyawa kimiawi. Biasanya, proses pengeringan biji kopilah yang menyebabkan kadar H2O di dalamnya menurun.

 

Ethyphenol

Ethyphenol

Aroma kopi memang semerbak memang bisa menggugah indera penciuman banget siapa saja. Tapi, apakah lo tahu apa yang sebenarnya menyebabkan kopi bisa enak banget begitu baunya? Kandungan kopi yang memunculkan aroma semerbak itu adalah ethyphenol. Zat ini setara dengan tar dan memunculkan aroma khusus pada kopi.

 

Dicaffeoylquinic acid

Dicaffeoylquinic acid

Kopi lo juga bisa menjadi sumber antioksidan alami lho, Urbaners! Antioksidan itu berasal dari dicaffeoylquinic acid yang mampu menangkal radikal bebas. Ya, meski tidak sebanyak tanaman lain, tapi dicaffeoylquinic acid pada kopi sudah dimanfaatkan sebagai sumber antioksidan oleh masyarakat sejak dahulu.

 

Dimethyl disulfide

Dimethyl disulfide

Di dalam kopi juga ada kandungan yang bisa berpengaruh pada bau kotoran yang dikeluarkan. Itu adalah dimethyl disulfide yang banyak terdapat pada biji kopi yang masih hijau, belum dikeringkan, serta belum disangrai. Senyawa ini dapat menimbulkan bau kotoran yang seperti senyawa sulfur.

 

Trigonelline

Dimethyl disulfide

Banyak yang mengeluh gigi jadi lebih kuning karena banyak mengonsumsi kopi. Padahal, zat yang menyebabkan gigi kuning tersebut adalah zat yang sama dengan yang melindungi gigi dari risiko berlubang. Zat itu adalah trigenolline yang pasti terdapat dalam biji kopi.

 

Niacin

Niacin

Kandungan kopi yang satu ini bisa dianggap memiliki dampak buruk pada tubuh karena mengganggu penyerapan vitamin. Jika seharusnya vitamin terserap dengan baik oleh tubuh, maka hal yang sebaliknya akan terjadi kalau lo mengonsumsi kopi lebih dari tiga gelas per hari. Ini disebabkan kadar niacin yang tinggi dan menyerap vitamin.

 

Kandungan kopi memang nggak sepenuhnya baik atau buruk. Maka dari itu, lo harus kontrol berapa gelas yang diseduh dalam satu hari untuk menghindari efek buruk zat yang terdapat dalam kopi.

 

 

Sources: swifelcoffee.com

Lapar Tiba-Tiba, 4 Snack Berikut Bisa Lo Buat Hanya dengan 3 Bahan

Fri, 08 May 2020
Mozarella stick dengan keju yang lumer

Kalau perut lo sudah mulai keroncongan dan rasa lapar mulai menyerang, sebaiknya jangan sering-sering ditahan, Bro! Biasakan untuk mengisi perut lo tepat waktu, agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Kalau pun lo nggak sempat masak yang ribet-ribet, lo bisa memilih untuk membuat snack untuk mengisi perut.

Beberapa makanan enak di bawah ini bisa jadi pilihan lo saat lapar menyerang di rumah. Santai, cara membuatnya sama sekali nggak ribet. Apalagi, bahan-bahan yang lo butuhkan juga hanya ada 3 ragam. Cepat proses masaknya, cepat kenyangnya. Ini dia beberapa snack yang bisa lo coba, Bro. Siapa tahu ada yang pas dengan selera lo.

 

Mozzarella Stick

Mozzarella stick dengan kulit lumpia

Para pencinta keju, ini snack rekomendasi buat kalian. Lo hanya butuh 3 bahan untuk membuat mozarella stick. Keju mozzarella, minyak goreng, dan tinggal pilih, mau pakai egg roll wraps atau kulit lumpia untuk membungkus mozzarella ini. Siapkan bahan sesuai dengan banyaknya porsi snack yang ingin lo buat.

Caranya mudah banget, Bro. Lo cukup memotong keju mozzarella memanjang seperti stick, lalu letakkan di atas egg roll wraps atau kulit lumpia tadi. Bungkus sampai keju tertutup sempurna, dan gunakan air sebagai perekat. Berikutnya, lo tinggal goreng bungkusan mozzarella lo. Mozzarella stick siap disantap dengan saus sambal dan tomat. Gurih dan lumer di mulut.

 

Mac and Cheese

Mac and cheese yang terlihat gurih

Masih dengan bahan dasar keju dengan perpaduan antara pasta makaroni dan susu, lo bisa memasak mac and cheese sendiri di rumah. Caranya, rebus dulu makaroni dengan sedikit air. Saat air rebusan berkurang dan makaroni sudah lumayan lunak, masukkan susu cair ke dalam panci rebus. Tunggu sebentar hingga mendidih.

Begitu mendidih, masukkan keju ke dalam panci dengan parutan-parutan besar. Untuk kejunya sendiri, lo bisa memilih sesuai dengan selera lo. Ingat, masak mac and cheese dengan api kecil. Aduk hingga campuran bahan merata. Tunggu sebentar sampai makaroni terlihat terbalut sempurna dengan susu dan keju. Nah, hidangan mac and cheese lo sudah siap!

 

French Fries Corn Dog

French fries corn dog

Kalau french fries bisa jadi sudah terlalu biasa ya, Bro. Lo bisa mencoba modifikasi snack antara french fries dan hot dog ini. Lo hanya butuh 3 bahan dasar, yakni sosis, kentang, dan tepung bumbu serba guna. Lo bisa memilih memakai tusuk sate atau nggak, sesuaikan dengan selera lo saja untuk membuat snack yang satu ini.

Kalau lo pakai tusuk sate, silahkan tusuk sosis, lalu celup sosis ke dalam campuran kental dari tepung bumbu serba guna dan air. Setelah itu, balut sosis tersebut dengan kentang yang sudah lo potong memanjang. Berikutnya, goreng hingga berwarna keemasan. Nikmati selagi hangat dan lengkapi dengan topping agar lebih nikmat, seperti mayonnaise, mustard, atau saus.

 

Omelet Mie dan Telur

Omelet mie dan telur yang nikmat untuk dijadikan snack ringan

Untuk rekomendasi snack yang terakhir, ini buat para pencinta mie instan yang wajib untuk dicoba. Bahan yang perlu lo siapkan hanya 1 bungkus mie instan, 2 butir telur, dan sosis secukupnya. Pilih saja mie instan kesukaan lo dan pilihan rasa yang lo suka.

Caranya, lo tinggal rebus mie instan, lalu buang airnya. Kocok dua butir telur, kemudian masukkan mie instan yang sudah ditiriskan. Potong sosis kecil-kecil, lalu campur rata. Siapkan teflon yang sudah diberi sedikit minyak goreng. Goreng omelet buatan lo di atas teflon. Setelah itu, angkat dan sajikan omelet mie dan telur buatan lo ini dengan saus sambal atau tomat.

 

 

 

Sources: IDN Times, Resep Koki, Liputan6