Yuk, Buat 3 Camilan dari Granola untuk Santai di Akhir Tahun! - MLDSPOT
  • Food
  • Yuk, Buat 3 Camilan dari Granola untuk Santai di Akhir Tahun!

Yuk, Buat 3 Camilan dari Granola untuk Santai di Akhir Tahun!

Fri, 27 December 2019
Semangkuk granola dengan campuran buah berry berwarna merah

Urbaners, lo butuh rekomendasi camilan sehat buat disajikan di akhir tahun? Lo bisa coba granola! Camilan yang satu ini terkenal sehat dan mengenyangkan. Granola juga menjadi salah satu makanan yang paling sempurna di dunia. Teksturnya renyah, chewy, dan sedikit gurih. Coba deh, beberapa rekomendasi resep membuat camilan granola berikut ini!

 

Hazelnut Granola

Satu porsi hazelnut granola dalam wadah toples.

Hazelnut granola bisa lo buat dengan campuran beberapa bahan yang mudah didapat. Pertama, siapkan terlebih dahulu 1 cangkir gandum, 1 cangkir hazelnut, ½ cangkir irisan almond, ½ cangkir biji bunga matahari yang sudah dikupas, ½ cangkir kelapa parut, ¼ gelas madu, ¼ cangkir minyak sayur, ½ sendok teh garam, buah kering, serta yoghurt.

Kemudian, panaskan oven pada suhu 176 derajat Celcius. Ambil mangkuk besar dan campurkan semua bahan di atas, kecuali buah kering dan yoghurt. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan dalam loyang dan masukkan ke oven selama 20-25 menit. Setelah warnanya cokelat keemasan, keluarkan dari oven dan sajikan dengan buah kering dan yoghurt.

 

No-Nut Granola

Semangkuk granola dalam wadah bening, dengan campuran kismis.

No-Nut Granola adalah sajian granola tanpa kacang. Bahan untuk membuat camilan ini adalah 3 cangkir gandum, 2 cangkir campuran biji labu, biji rami, biji bunga matahari, wijen, ½ cangkir biji kakao, ½ cangkir serpihan kelapa, ½ cangkir minyak zaitun, ½ cangkir maple murni, 1 sendok teh, dan 1 ½ cangkir campuran buah-buahan kering.

Setelah semua bahan siap, lo bisa mulai panaskan oven hingga suhu 176 derajat Celcius. Ambil loyang dan lapisi dengan kertas roti. Aduk semua biji-bijian dalam mangkuk besar dan tambahkan minyak serta sirup. Tambahkan bumbu untuk menyedapkan rasa. Tuang ke loyang dan panggang selama 25-35 menit. Jangan lupa balik lapisan tiap 10-15 menit.

 

Surfer’s Granola

Semangkuk granola dengan potongan buah.

Surfer’s Granola bisa disajikan sebagai menu sarapan pagi dengan yoghurt atau camilan siang hari. Penyajiannya dengan segala jenis buah segar yang sedang musim. Caranya, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 2 cangkir gandum, ¼ cangkir milet, 1 sendok makan biji rami, ¾ sendok teh garam, ½ sendok teh bubuk kayu manis, ¼ sendok teh bubuk kayu manis, ¼ sendok teh bubuk jahe, 1/3 gelas madu, minyak zaitun, gula merah, almond mentah, labu kupas, 1/3 cangkir biji bunga matahari, 1 sendok makan gula pasir, yoghurt, dan ½ cangkir kismis.

Untuk memasak, lo bisa lunakkan dulu gandum, milet, dan biji rami. Kemudian, panaskan dan larutkan madu, minyak, dan gula merah. Tuangkan dalam oats. Jika sudah, panggang campuran gandum. Dalam loyang yang terpisah, panggang almond, biji bunga matahari, dan labu. Tambahkan garam, minyak dan gula sedikit. Jika sudah matang, keluarkan dari oven. Campurkan semua bahan yang sudah matang dan Surfer’s Granola siap disajikan.

Gampang banget ‘kan membuat camilan granola buat sajian akhir tahun? Lo bisa praktikkan ini di rumah bersama dengan keluarga atau teman-teman!

 

 

Source: bonappetit.com

Menu Kopi yang Nggak Bikin Perut Cranky: Udah Tau Cafe Manchado, Bro?

Mon, 03 May 2021
Cafe Manchado

Pasti banyak dari lo yang merasa nggak bisa hidup tanpa kopi. Nggak salah sih – karena kopi emang bisa nambah produktivitas sehari-hari kalo lo mengonsumsinya di waktu yang tepat. Di Indonesia sendiri kedai kopi serta varian kopi udah menjamur banget. Di setiap sudut kota lo akan menemukan kedai kopi dengan varian kopi yang berbeda-beda juga.

Tapi umumnya – di Indonesia punya ciri khas kopi dengan espresso yang dicampur dengan susu dan juga gula aren. Dianggap sebagai signature-nya kedai kopi Indonesia, ternyata di Spanyol juga ada hal serupa dengan nama Café Manchado nih, bro.

Apakah sebelumnya lo udah pernah dengar? Kopi yang katanya cocok buat lo yang nggak suka rasa yang terlalu strong dari kopi dan juga bersahabat dengan lambung ini sepertinya menarik untuk dikulik. Biar nggak penasaran, langsung aja simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Café Manchado: Ini Buat Perut Lo yang Suka Cranky!

Café Manchado merupakan minuman yang berasal dari Spanyol dan juga terdapat di beberapa wilayah di Portugal. Minuman yang komposisinya terdiri dari hampir 90% susu ini ternyata merupakan varian kopi, bro!

Minuman kopi susu dengan komposisi kopi hanya 10% ini seringkali dianggap sebagai formalitas belaka. Pada awal diciptakannya, para penikmat Café Manchado cuma pengen minum susu. Tapi biar rasanya nggak creamy doang, mereka meminta baristanya memberikan kopi dikit pada minumannya.

Ibaratnya, ini minuman susu yang dinodain sama kopi deh, bro!

Minuman yang Kebalikan dari Macchiato

Cafe Manchado

Credit image - Neschino

Kalo diliat-liat, Café Manchado merupakan kebalikan dari macchiato. Minuman yang terdiri dari espresso dan diberikan sedikit busa susu di atasnya ini membuat macchiato punya rasa kopi yang lebih dominan. Sedangkan susu pada minuman ini cuma hiasan dan pelengkap aja.

Sedangkan – café manchado kebalikannya. Varian kopi yang di Indonesia masih dikategorikan jarang ini ternyata udah punya banyak penikmat setia. Minuman dengan jenis ini umumnya  dinikmati pagi hari dan disajikan hangat.

Sensasinya Kayak Minum Kopi Nggak Sih?

Cafe Manchado

Credit image – Unsplash

Dengan kandungan kopi yang hanya 10% kopi dan didominasi oleh susu, pastinya buat lo yang emang suka rasa kopi yang strong bertanya-tanya – apakah sensasinya beneran kayak minum kopi?

Jawabannya adalah tergantung kadar kopi yang bisa ditoleransi oleh setiap pemikmat. Pastinya semua orang punya toleransi yang berbeda-beda. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dari kopi susu yang biasa diminum pada umumnya, tapi lo tetap bisa menikmati minuman ini dengan cita rasa kopi yang sedikit itu kok, bro!

Pada dasarnya, varian minuman kopi yang satu ini bukan lah murni varian kopi yang dibuat untuk kopi selayaknya resep macchiato ataupun cappucino. Melainkan hanya sebuah variasi.

Selain itu, minuman kopi dengan jenis ini merupakan minuman yang menjadi alternatif bagi mereka yang bisa diminum oleh mereka yang nggak bisa terkena terlalu banyak kafein tapi masih ingin menikmati kopi – atau orang yang ingin mengurangi asupan kafein harian.

Mengingat kopi juga punya kelebihan dan kekurangannya, café manchado ini jadi shortcut buat lo yang penikmat kopi tapi punya perut yang cranky. Tapi kalo lo suka tipe kopi yang strong, sepertinya nggak ada salahnya untuk nyoba varian kopi yang satu ini – biar jadi cita rasa baru, bro!

 

Feature image – Verywell Mind