• Food
  • Yuk, Buat 3 Camilan dari Granola untuk Santai di Akhir Tahun!

Yuk, Buat 3 Camilan dari Granola untuk Santai di Akhir Tahun!

Fri, 27 December 2019
Semangkuk granola dengan campuran buah berry berwarna merah

Urbaners, lo butuh rekomendasi camilan sehat buat disajikan di akhir tahun? Lo bisa coba granola! Camilan yang satu ini terkenal sehat dan mengenyangkan. Granola juga menjadi salah satu makanan yang paling sempurna di dunia. Teksturnya renyah, chewy, dan sedikit gurih. Coba deh, beberapa rekomendasi resep membuat camilan granola berikut ini!

 

Hazelnut Granola

Satu porsi hazelnut granola dalam wadah toples.

Hazelnut granola bisa lo buat dengan campuran beberapa bahan yang mudah didapat. Pertama, siapkan terlebih dahulu 1 cangkir gandum, 1 cangkir hazelnut, ½ cangkir irisan almond, ½ cangkir biji bunga matahari yang sudah dikupas, ½ cangkir kelapa parut, ¼ gelas madu, ¼ cangkir minyak sayur, ½ sendok teh garam, buah kering, serta yoghurt.

Kemudian, panaskan oven pada suhu 176 derajat Celcius. Ambil mangkuk besar dan campurkan semua bahan di atas, kecuali buah kering dan yoghurt. Setelah semua bahan tercampur, tuangkan dalam loyang dan masukkan ke oven selama 20-25 menit. Setelah warnanya cokelat keemasan, keluarkan dari oven dan sajikan dengan buah kering dan yoghurt.

 

No-Nut Granola

Semangkuk granola dalam wadah bening, dengan campuran kismis.

No-Nut Granola adalah sajian granola tanpa kacang. Bahan untuk membuat camilan ini adalah 3 cangkir gandum, 2 cangkir campuran biji labu, biji rami, biji bunga matahari, wijen, ½ cangkir biji kakao, ½ cangkir serpihan kelapa, ½ cangkir minyak zaitun, ½ cangkir maple murni, 1 sendok teh, dan 1 ½ cangkir campuran buah-buahan kering.

Setelah semua bahan siap, lo bisa mulai panaskan oven hingga suhu 176 derajat Celcius. Ambil loyang dan lapisi dengan kertas roti. Aduk semua biji-bijian dalam mangkuk besar dan tambahkan minyak serta sirup. Tambahkan bumbu untuk menyedapkan rasa. Tuang ke loyang dan panggang selama 25-35 menit. Jangan lupa balik lapisan tiap 10-15 menit.

 

Surfer’s Granola

Semangkuk granola dengan potongan buah.

Surfer’s Granola bisa disajikan sebagai menu sarapan pagi dengan yoghurt atau camilan siang hari. Penyajiannya dengan segala jenis buah segar yang sedang musim. Caranya, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti 2 cangkir gandum, ¼ cangkir milet, 1 sendok makan biji rami, ¾ sendok teh garam, ½ sendok teh bubuk kayu manis, ¼ sendok teh bubuk kayu manis, ¼ sendok teh bubuk jahe, 1/3 gelas madu, minyak zaitun, gula merah, almond mentah, labu kupas, 1/3 cangkir biji bunga matahari, 1 sendok makan gula pasir, yoghurt, dan ½ cangkir kismis.

Untuk memasak, lo bisa lunakkan dulu gandum, milet, dan biji rami. Kemudian, panaskan dan larutkan madu, minyak, dan gula merah. Tuangkan dalam oats. Jika sudah, panggang campuran gandum. Dalam loyang yang terpisah, panggang almond, biji bunga matahari, dan labu. Tambahkan garam, minyak dan gula sedikit. Jika sudah matang, keluarkan dari oven. Campurkan semua bahan yang sudah matang dan Surfer’s Granola siap disajikan.

Gampang banget ‘kan membuat camilan granola buat sajian akhir tahun? Lo bisa praktikkan ini di rumah bersama dengan keluarga atau teman-teman!

 

 

Source: bonappetit.com

3 Burger Bar yang Jadi Favorit Anak Muda Jakarta

Tue, 07 April 2020
Seorang pria memegang dua burger

Siapa di antara lo yang belum pernah mencicipi menu andalan asal Amerika yang satu ini? Burger sudah nggak asing lagi sekarang di lidah orang Indonesia. Nggak heran kalau beberapa resto menghadirkan menu dengan roti bun yang khas ini di dalam menu mereka. Bahkan, sekarang sudah mulai banyak burger bar yang menyajikan burger nikmat yang layak untuk lo coba.

Beberapa burger bar ini bisa lo akses di Jakarta, ada banyak anak muda yang menjadikan burger bar ini favorit mereka. Semua karena rasa yang disajikan yang didukung dengan suasana burger bar yang cocok dengan gaya serta preferensi khas anak-anak gaul Jakarta. Ini dia tiga burger bar yang harus lo coba sajian burgernya.

 

Sabbath Burger di Lawless Burger Bar

Seorang konsumen yang sedang memegang burger dari Lawless Burger Bar

Berlokasi di daerah Kemang Selatan, burger bar yang satu ini memang tampil beda dengan ukuran burger yang besar serta topping berlimpah. Nggak hanya itu, tempatnya juga asik buat dipakai nongkrong dan menikmati bir bersama teman-teman lo di saat senggang. Makan burger di sini, lo bakal ditemani suasana cozy dan playlist musik rock dan metal yang keren.

Salah satu menu yang wajib lo coba saat ke Lawless Burger Bar adalah Sabbath Burger. Menu ini adalah burger klasik dengan daging dan dua lapisan keju yang meleleh sempurna. Cita rasa yang nikmat dari patty dan lelehan kejunya layak lo coba, Sabbath Burger ini dibanderol dengan harga Rp64.000. Lo juga bisa menikmati menu lain yang tidak kalah nikmat saat berkunjung di Lawless.

 

Beef Combo di Flip Burger

Sebuah tangan sedang memegang burger dari Flip Burger

Lo harus menyempatkan berkunjung ke Flip Burger yang juga jadi salah satu burger bar populer di kalangan anak muda Jakarta. Saat berkunjung, pastikan lo nggak melewatkan menu burger Beef Combo yang disajikan dengan daging sapi empuk dan juicy. Belum lagi, keju yang meleleh sempurna jadi topping lezat saat sedang nongkrong bersama kawan-kawan.

Dengan harga Rp60.000, lo bisa menyantap Beef Combo di burger bar yang menawarkan suasana kasual khas diner klasik di Amerika Serikat. Nongkrong di burger bar yang berlokasi di daerah Pondok Indah ini sambil menikmati ragam menu burger di sini jadi lebih seru bersama teman dan cocok untuk santai sejenak dari segala aktivitas lo yang padat.

 

Burger dengan Bun Unik di Smack Burger

Seseorang dan beberapa menu burger dari Smack Burger

Punya tampilan yang unik dan beda dari burger kebanyakan, nggak heran kalau Smack Burger sempat ramai dibicarakan di media sosial. Alih-alih memakai bun seperti burger pada umumnya, burger bar yang satu ini memilih memakai roti sobek sebagai pengganti bun. Jelas saja, tampilan burger mereka yang tidak biasa menjadi viral.

Namun begitu, rasanya sudah nggak perlu lo pertanyakan. Burger ini jelas lezat dan nikmat disantap. Range harganya pun cukup terjangkau, dimulai dari harga Rp33.000 hingga harga Rp77.000. Burger yang mereka sajikan pun nggak cuma beef burger, tetapi ada juga pilihan burger ayam dan ikan. Lo harus menyempatkan datang ke burger bar favorit anak muda Jakarta yang berlokasi di daerah Kebon Jeruk ini untuk mencicipi sendiri burger dengan bun roti sobek.

 

 

 

 

Sources: Qraved, Lawless Jakarta, Tempat.com