Home Hobby Belajar Marketing Dari Film Star Wars

Belajar Marketing Dari Film Star Wars

Thursday, September 8, 2016 - 11:25
Bagikan
Facebook Twitter Email

Pada tahun 70an, promosi film biasanya dilakukan di televisi ataupun koran-koran. Budget dari marketing pada tahun tersebut juga nggak terlalu signifikan jumlahnya dan tentu marketing nggak akan berpengaruh apa-apa dalam urusan menaikkan jumlah penonton. Tetapi film Star Wars yang keluar pada tahun 1977 membuat wajah dunia marketing film berbeda. Film pertama Star Wars: Episode 4 ini membuat para pelaku film berpikir dengan cara yang sama, habis-habisan dalam mempromosikan film.

 

Merchandise dan promosi

Dua hal itulah yang dipraktekan oleh Lucas Film dalam mempromosikan film Star Wars untuk pertama kalinya. Pertama Lucas Film bekerja sama dengan Burger King untuk mengeluarkan gelas khusus dengan tema Star Wars. Hasilnya? Dalam 1 tahun merchandise tersebut laku 40 juta buah.

Promosi besar-besaran juga membuat Star Wars mendapatkan gelar film pertama yang mendapatkan penjualan tiket terbanyak. Pendapatan dari tiket untuk film pertama Star Wars adalah 260 juta dolar. Salah satu promosi paling keren yang pernah dilakukan oleh adalah membuat acara televisi berjudul Star Wars Holiday Special yang hanya tayang satu kali dan nggak pernah ditayangkan kembali.

 

Action Figures

Action Figures pertama kali muncul tahun 60an, masih banyak yang malas mengoleksi. Tetapi ketika film kedua dari Star Wars, yaitu The Empires Strikes Back muncul dan mengeluarkan action figures semua fans dari Star Wars heboh, Hampir seluruh action figures ludes terjual. Bagi sebagian pakar mengatakan bahwa marketing yang dilakukan oleh Star Wars adalah salah satu jenis marketing yang mengubah wajah film dunia. Sekarang hampir semua serial televisi, anime ataupun film pasti mengeluarkan action figure. Dan Star Wars sudah melakukan hal tersebut sejak 30 tahun yang lalu.

Pihak dari Star Wars nggak segan melakukan perubahan. Apa yang nggak dilakukan orang lain, dilakukan dan mengaplikasikannya dengan sempurna. Cara-cara unik terkadang akan mendapatkan hal yang setimpal. Jadi berani untuk berubah ya Urbaners.

 

Source: ama.org.