Home Hobby Street Fighter, Game yang Mengangkat Kepopularitasan Dingdong

Street Fighter, Game yang Mengangkat Kepopularitasan Dingdong

Friday, October 6, 2017 - 17:53
Bagikan
Facebook Twitter Email

Sebenarnya, Street Fighter bukan merupakan game fighting pertama yang ada di dunia arcade games atau dingdong. Game seperti Heavyweight Champ, Warrior, dan Champion Boxing lebih dulu muncul sekitar tahun 1970-an. Baru pada tahun 1987, Capcom mengeluarkan game Street Fighter pada mesin arcade. Hasilnya luar biasa, Street Fighter dinobatkan sebagai game terbaik versi media game pada tahun 1987 dan 1988.

Street Fighter sendiri merupakan game arcade pertama yang mengadopsi sistem 30 detik per pertandingan, martial arts, dan jurus-jurus tersembunyi. Nggak lama setelah game Street Fighter keluar pada tahun 1987, Capcom mengeluarkan Street Fighter II di tahun 1991 yang menjadi salah satu game dengan penjualan tercepat pada tahun 1990-an. Pada tahun 1993, Street Fighter II mendapatkan 1,5 miliar dolar.

 

Kisah Ryu yang Melegenda

Sebenarnya jika diperhatikan, jalan cerita dari Street Fighter ini cukup sederhana. Dengan mengusung Ryu sebagai karakter utama, game Street Fighter mendapatkan kepopularitasan dalam waktu yang cukup singkat. Beberapa jurus Ryu antara lain Hadoken, Shoryuken, ataupun Tatsumaki Senpu yang menjadi ciri khas karakter Street Fighter.

Karakter Ryu yang memakai baju putih dengan lengan yang robek membuatnya semakin melegenda. Apalagi baju putih-putih yang dikenakan oleh Ryu ini mirip dengan baju pencak silat, taekwondo, ataupun karate yang sudah terkenal di Indonesia.

 

Nggak Perlu Khawatir, Game Street Fighter Bisa Lo Mainin Sendiri

Salah satu terobosan dari Capcom dalam membuat Street Fighter adalah game ini bisa dimainin sendirian. Biasanya, game fighting ini membutuhkan dua orang untuk bermain. Nah, Street Fighter mengubah kebiasaan tersebut. Jika lo nggak mempunyai sparring partner, lo bisa bermain arcade untuk menggunakan karakter tertentu. Cara ini juga bisa menjadi alat untuk mengukur ketangguhan lo bermain Street Fighter sebelum melawan teman lo.

Pertama kali rilis pada tahun 1987, sampai sekarang game Street Fighter masih terus keluar versi terbarunya lho, Urbaners. Terakhir pada tahun 2016, Capcom mengeluarkan Street Fighter V untuk mesin PlayStation 4 dan Xbox One.