• Hobby
  • 3 Buku Fenomenal Pramoedya Ananta Toer

3 Buku Fenomenal Pramoedya Ananta Toer

Mon, 04 June 2018
3 Buku Fenomenal Pramoedya Ananta Toer

Pramoedya Ananta Toer ditahan lebih dari 14 tahun tanpa diadili. Pram, panggilan akrabnya, menghabiskan 10 tahun di Pulau Buru tanpa informasi dan kehidupan yang layak. Masa 10 tahun penahanan di Pulau Buru ternyata nggak membuat Pram berhenti berkarya. Setiap hari, Pram mendongengkan sebuah cerita kepada teman-temannya di Pulau Buru. Cerita tersebut akhirnya dibukukan oleh Pram dengan karya sastra luar biasa, Tetralogi Pulau Buru.

Selain Tetralogi Pulau Buru, ada juga puluhan karya lain dari Pram yang sangat menarik untuk diikuti. Dalam artikel kali ini, kita akan mencoba membahas 4 buku fenomenal karya Pramoedya Ananta Toer.

 

Tetralogi Pulau Buru

Ketika buku pertama dan kedua Tetralogi Pulau Buru, Bumi Manusia dan Anak Semua Bangsa keluar tahun 1980 dan 1981, Jaksa Agung langsung melarang penerbitan kedua buku ini. Nggak cuma itu, buku ketiga dan keempat Jejak Langkah (1985) dan Rumah Kaca (1988) juga dilarang saat itu juga. Tetralogi Pulau Buru ini mengisahkan Minke, fantasi Pram mengenai sosok Tirto Adhi Soerjo, seorang pemuda Indonesia yang pertama kali menerbitkan surat kabar nasional pertama berbahasa Melayu (Indonesia).

Buku pertama Bumi Manusia sekarang sedang digarap filmnya oleh Hanung Bramantyo dengan Iqbaal Ramadhan sebagai sosok Minke. Sangat patut ditunggu karena di Bumi Manusia, Minke sedang mencari jati diri.

 

Nyanyi Sunyi Seorang Bisu

Ketika berada di Pulau Buru dan diizinkan untuk menulis, Pram selalu menuliskan surat yang ingin diberikan kepada putrinya. Sayangnya, surat tersebut nggak bisa keluar dan nggak pernah tersampaikan. Dari tulisan-tulisan itulah, buku Nyanyi Sunyi Seorang Bisu muncul tahun 1995. Di buku tersebut, Pram menuliskan bagaimana keluh kesah dan pandangan Pram mengenai kehidupan di Pulau Buru.

 

Arus Balik

Karya terakhir yang fenomenal dari Pram adalah Arus Balik. Novel yang berkisah tentang arus balik tentang kehancuran Kerajaan Majapahit ini menggambarkan dengan jelas bagaimana masyarakat Indonesia yang menjilat, feodal, dan konflik lain-lainnya. Di sini juga dijelaskan bagaimana pergantian dari budaya Hindu-Buddha berubah menjadi Islam.

Ketiga novel di atas menjadi bacaan wajib bagi lo yang ingin mengenal Pram lebih dekat. Dengan penggambaran yang baik, Pram bisa membawa masa lalu ke masa sekarang dengan sangat jelas.

 

Source: tirto.id

Tanggal Rilis Cyberpunk 2077 Ditunda Hingga September

Friday, January 24, 2020 - 16:06
Game yang melibatkan Keanu Reeves, Cyberpunk 2077 perilisannya harus ditunda.

Buat penggemar game dan sedang menunggu perilisan Cyberpunk 2077, ada kabar buruk buat lo. Game ambisius dari developer CD Projekt Red ini memang sangat ditunggu oleh banyak penggemar game di seluruh dunia. Sebelumnya mereka menjadwalkan akan merilis Cyberpunk 2077 pada 16 April 2020 mendatang, tapi sayangnya perilisannya harus ditunda hingga 17 September 2020 nanti.

CD Projekt Red mengaku jika sebenarnya game yang paling ditunggu itu sudah selesai, tapi mereka masih harus memberikan beberapa sentuhan lagi agar lebih sempurna. Jadi, dengan berat hati mereka memutuskan untuk menunda perilisannya demi penggemar yang bisa merasakan pengalaman bermain yang lebih sempurna.

 

Umumkan Penundaan Perilisan Cyberpunk 2077 Lewat Twitter

Game dengan cerita futuristik ini ditunda perilisannya karena pihak developer ingin memolesnya hingga lebih sempurna.

Lewat pernyataannya di Twitter, pihak CD Projekt Red mengaku bahwa sebenarnya Cyberpunk 2077 telah selesai dibuat dan sudah bisa dimainkan. Namun, mereka merasa ada beberapa hal yang harus diperbaiki. Game ini akan memiliki cerita, konten, dan banyak tempat sehingga proses pembuatannya sangat rumit. Jadi developer tersebut pun ingin mengundur perilisan demi game yang lebih sempurna.

“Saat ini kami telah berada di tahap di mana game ini telah selesai dan bisa dimainkan, tapi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan,” tulis CD Projekt Red.

“Night City sangat besar dan memiliki banyak cerita, konten dan tempat untuk dikunjungi, tapi karena skalanya yang besar dan tingkat kerumitan dari semuanya maka kami membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pengujian, perbaikan dan pemolesan. Kami ingin Cyberpunk 2077 menjadi pencapaian puncak kami untuk generasi ini. Jadi dengan menunda peluncuran bisa memberikan kami beberapa bulan yang berharga agar bisa membuat game ini sempurna,” tambahnya.

 

Game Ini Sangat Ditunggu karena Ikut Melibatkan Aktor Terkenal Keanu Reeves

Keanu Reeves ikut terlibat dan memerankan karakter bernama Johnny Silverhand.

Selain menjadi proyek ambisius dari CD Projekt Red, game ini juga ditunggu karena juga ikut terlibatnya aktor papan atas Keanu Reeves. Keanu Reeves tidak hanya mengisi suara saja karena sosoknya juga akan ikut bergabung dalam game tersebut dan akan memainkan karakter bernama Johnny Silverhand.

Karakter Johnny Silverhand rupanya cukup unik karena diceritakan sebagai bukan manusia biasa. Karakter itu merupakan sosok yang tidak nyata karena di versi game sebelumnya di Tabletop karakter Johnny Silverhand sudah terbunuh tapi mayatnya belum ditemukan. Meskipun karakternya bukan sosok manusia, tapi dalam game ini Johnny Silverhand ialah seorang pahlawan yang berjuang mencari kebebasan. Karakter ini ini juga sangat menentang sistem yang membelenggu dan ingin membantu mereka yang tertindas. Wah, keren banget ya Urbaners karakternya!

Meskipun lo harus kecewa karena perilisan Cyberpunk 2077 harus ditunda, tapi sepertinya game ini memang akan menyuguhkan keseruan dan pengalaman bermain game yang berbeda, ya Urbaners. Game dengan cerita yang futuristik ini akan bisa dimainkan lewat PS4, PC, Xbox One, dan Stadia lho!

 

 

Sources: cnetcom, gamebrott.com