Inspiring Communities
Jumat, 21 April 2023

Kenalan Dulu Sama Fullball, Olahraga Paduan Sepak Bola, Basket, hingga Futsal asli Indonesia!

  • Share
  • fb-share
Kenalan Dulu Sama Fullball, Olahraga Paduan Sepak Bola, Basket, hingga Futsal asli Indonesia!

Boleh pake tangan, tapi kadang pake kaki juga bisa. Lah kok gawang buat cetak golnya ada dua? Satu di bawah seperti gawang, satunya lagi lingkaran hitam yang di di atas gawang. Olahraga apa nih? Lo pasti bertanya-tanya kan? Sama gue juga!

Setelah gue telusurin, ternyata olahraga ini namanya Fullball. Bukan cuma cara mainnya yang unik nih, ternyata olahraga baru ini diciptain sama anak muda Indonesia, loh!

Gue akhirnya berhasil ngobrol sama komunitas Fullball Jakarta nih. Bareng beberapa founders-nya yaitu Imam, Ilham, Ari, dan Rizky yang bakal bantu jelasin gimana olahraga Fullball sebenarnya. Penasaran dengan detail permainannya? Yuk, baca terus tulisan ini sampe kelar!

Kombinasi Beberapa Olahraga Sekaligus

Seperti yang gue bilang tadi, Fullball ini mirip dengan olahraga yang udah ada sebelumnya, seperti sepak bola, basket, futsal atau voli. Nah, yang bikin beda itu cara cetak golnya, bisa lewat target dan gawang. 

“Fullball ini 60% pake tangan, sisanya pake kaki. Kalau pake tangan itu cuma untuk cetak gol ke target, kalau gol ke gawang pake kaki,” jelas Imam. Selain prosesi cetak gol yang beda dengan permainan biasanya, Fullball juga punya beberapa zona yang cuma boleh diinjak sama pemain-pemain tertentu aja.

Fullball ini belum ada dimana-mana dan baru ada di Indonesia, loh! Terbentuknya juga baru banget. Digodok November 2022, dan akhirnya mulai dimainkan pertengahan Maret kemaren. Imam, Ilham, Ari, dan Rizky jelasin kalau penyusunan regulasi permainan ini seperti menyusun skripsi.

Untuk peraturannya sendiri nih, total teranggkum dalam 140 halaman. “Kalau memang mau ada yang baca, bisa di-share, tapi basically permainan ini learning by doing kok,” tambah Imam. 

Nah, tadi kan gue ada nyinggung juga soal zona khusus tertentu, kan. Mengingat Fullball bisa dimainin pakai tangan dan kaki, jadi perlu ada aturan yang jelas kapan dan ada di zona mana aj pemain bisa pakai tangan atau kaki. 

Ingin Membuat Olahraga Asli Indonesia yang Bisa Mendunia

Kenapa harus bikin olahraga baru lagi? Apakah Indonesia kurang permainan? Rizky sebagai inisiator awal Fullball cerita soal ide dibalik olahraga baru ini.

Menurut Rizky nih, sejauh ini olahraga asli Indonesia seperti silat dan sepak takraw belum bisa meng-cover minat olahragawan luar Indonesia secara luas. Salah satu faktor dasarnya adalah perbedaan tinggi dan bentuk fisik orang-orang dari luar khususnya Eropa dan Amerika yang buat mereka jadi susah untuk bergerak lincah.

Bukan cuma soal perbedaan fisik, tapi sistem penilaian juga jadi concern yang akhirnya melahirkan Fullball. Contohnya nih, seperti silat yang dinilai Rizky cukup subyektif, di mana jurilah yang ngasih penilaian. Sistem penilaian yang obyektif dengan skor dirasa lebih bisa diterima secara universal.

Akhirnya, atas beberapa pertimbangan tadi, Rizky kepikiran untuk nyiptain olahraga baru asli Indonesia yang bisa dimainin secara universal dengan sistem penilaian yang obyektif. Fullball bisa dimainkan siapa aja tanpa ada keterbatasan tinggi badan. Karena, ngelempar bola ke target bukan satu-satunya cara untuk cetak gol.

Udah Tersebar di 5 Kota di Indonesia

Buat Rizky dan teman-teman Fullball, sangat penting untuk ngebuat regulasinya dulu, baru kemudian mencari massa untuk komunitas. “Perlu dibikin dulu aturan pastinya, sebelum akhirnya bisa dimainin, kan,” kata Ilham.

Enggak cuma berhenti di situ, setelah regulasi selesai dibuat, Rizky dan teman-teman bahkan ngedaftarin hak paten Fullball, loh! Jadi olahraga ini dibentuk memang enggak main-main, dan mau dibawa ke level serius. Ya walau tetap dimainin dengan fun dong pastinya!

Walau masih baru banget, Fullball udah terbentuk di 5 kota di Indonesia, termasuk Jakarta, Cilegon, Bali, Malang, dan Bojonegoro. Next-nya masih ada kota-kota lain yang sedang on progress dalam pembentukan komunitas Fullball.

Saat ini, teman-teman komunitas Fullball lagi gencar-gencarnya nih, untuk ngenalin Fullball ke masyarakat Indonesia. Para kolaborator yang tertarik untuk nyoba fullball enggak terbatas harus olahragawan. Siapa aja bisa bergabung. Dan kalau tertarik bisa langsung ditutorin oleh tim fullball terdekat untuk dikasih informasi soal apa aja yang perlu dipersiapkan. Ini termasuk peralatan, penjelasan soal aturan permainan, dan sebagainya. 

“Target kami sih, dalam waktu dekat ini fullball udah bisa ada di 10 kota di Indonesia. Kami mau mendaftarkan fullball ke KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), dan salah satu syaratnya adalah harus memiliki pengurus di 10 kota di Indonesia,” jelas Rizky mantap dan penuh optimis.

Sempat Dianggap Sok ‘Ngide’

Rizky ngaku, kalau respon yang diperoleh dari berdirinya Fullball ini memang macem-macem. Bahkan ada yang komentar kalau Fullball ini olahraga sok ngide, loh! “Ah, paling niru-niru olahraga luar atau ini kan enggak ada bedanya dengan basket atau sepak bola,” cerita Rizky pas niruin suara-suara sumbang yang ngomentarin lahirnya Fullball.

Tapi kan namanya komentar netizen ya, enggak bisa kita atur-atur, kan. Yang penting adalah cara kita ngelola responnya, enggak semua harus digasin balik. Begitu sih kira-kira penjelasan Rizky dan teman-teman Fullball dalam nanggapin komentar-komentar pedas di luar sana.

“Ini memang mirip dengan olahraga lain, tapi buat orang yang udah merasakan langsung Fullball, bakalan merasakan perbedaannya,” kata Rizky. Imam juga nambahin, kalau dalam Fullball semua anggota badan bakal bergerak. Butuh lompatan, tendangan yang sesuai porsinya, dan pengaturan keseimbangan supaya bisa lincah mainin Fullball.

Belum lagi sensasi cetak gol dengan cara yang beda dari olahraga lain. Jelas ini pengalaman yang enggak sama. 

Terakhir, gue juga mau bagiin kalau tanggal 15 Mei 2023, tim fullball bakal ngelakuin exhibition ke Taiwan dalam rangka ngenain Fullball ke mancanegara, loh. Dan masih di bulan yang sama, rencananya juga bakal diadain road show ke 5 kota supaya masyarakat Indonesia makin tau nih, kalau ada olahraga baru asli bikinan anak muda Indonesia.

“Kami juga berharap dalam waktu dekat ini untuk bisa buat pertandingan Fullball antar SMA,” pungkas Rizky di akhir obrolan. 

Itu tadi obrolan gue dengan teman-teman Fullball. Kalau lo butuh bacaan keren dan seru seputar local greatness yang ada di Indonesia, langsung aja simak di MLDSPOT. Gue jamin, lo bisa nemuin bakat-bakat baru dengan cerita penuh inspiratif!

Bukan cuma itu, lo juga bisa dapetin rewards keren dengan jadi member dan ngumpulin MLDPOINTS lewat website MLDSPOT. Nah, baca terus MLDSPOT untuk mendapatkan info-info ter-update!

Comments
Noni
keseruan baru
Fadya Aulia
super seru