Napas Panjang Fixie di Tangan RabooRaboo - MLDSPOT

Napas Panjang Fixie di Tangan RabooRaboo

Bro, siapa yang di sini dulu sempet suka banget sama sepeda fixed gear atau fixie? Kurang lebih satu dekade lalu, anak muda di kota-kota besar Indonesia hyped sama sepeda yang pedalnya selalu berputar ini. Masih inget enggak sih, waktu car free day atau jalan-jalan dipenuhi sama sepeda fixie warna-warni.

Sebenarnya, sepeda fixed gear adalah sepeda standar dalam kompetisi balap sepeda. Sepeda fixie yang dulu ramai dan dibuat sendiri, harganya enggak seberapa dengan sepeda-sepeda yang dipakai di kompetisi.

Eits! Enggak perlu seserius itu juga untuk bisa main sepeda fixie saat ini. Buat kalian yang masih punya minat besar ke fixie tapi butuh teman untuk riding bareng, tukeran info tentang fixie, acara-acara sepeda, atau cuma pengin ngobrol-ngobrol dan networking aja, MLDSPOT perkenalkan sama salah satu komunitas fixie pertama dan terlama di Indonesia, RabooRaboo.

Pada 2009, RabooRaboo berdiri sebagai komunitas informal yang nyatuin 15-20 orang anggota pertamanya yang hobi bersepeda, khususnya pakai fixie. Nama #RabooRaboo sendiri adalah jadwal rutin mereka yang ngumpul di Taman Menteng setelah sepedaan keliling Jakarta abis pulang kerja. Dari situ, RabooRaboo berkembang sampai sekarang dengan anggota yang terus bertambah.

“Di setiap tengah minggu, tuh, kita ngumpul bareng-bareng, satu tempat, nih. Itu yang nyatuin sebenernya,” salah satu pegiat RabooRaboo paling awal, Gibranos jelasin awal terbentuknya RabooRaboo.

Seiring bertambah besar komunitasnya, titik kumpul RabooRaboo bukan cuma di Taman Menteng doang. Sekarang, weekly gathering mereka diumumin via media sosial RabooRaboo dengan tempat yang beda-beda. Kalian juga gampang kalau mau ikutan aktivitas sama RabooRaboo karena enggak ada keanggotaan resmi. Semua orang yang suka sepeda bisa gabung kapan aja.

 

Enggak Cuma Nongkrong-nongkrong Doang

komunitas rabooraboo jadi komunitas sepeda fixed gear atau fixie paling lama di indonesia, bro!

 

Kegiatan utama RabooRaboo memang bersepeda setelah jam pulang kantor dan kemudian ngumpul di salah satu tempat untuk ngobrol, networking, sampai makan bareng. Namun, sebagai komunitas mereka juga berusaha mempromosikan kegiatan positif di luar kopi darat. Sebelas tahun berdiri, RabooRaboo udah bikin banyak acara. Mulai dari pameran seni, foto, atau film yang bertemakan sepeda. Bahkan sampai penggalangan dana untuk amal.

Inklusivitas RabooRaboo juga terlihat dari bagaimana mereka juga menerima anggota yang bukan pemakai fixed gear. Jadi santai aja walaupun kalian enggak punya fixie, RabooRaboo welcome banget buat siapapun yang mau gabung.

Buat para anggota RabooRaboo, komunitas ini adalah sarana untuk memperbanyak kenalan, mengurangi stress dari gaya hidup Jakarta dengan ngumpul dan ngobrol face-to-face bareng teman-teman sekomunitas. Dari sini juga, member RabooRaboo berinisiatif untuk berkolaborasi dan bekerja sama sampai ke tahap yang lebih profesional.

 

Sepeda yang Menciptakan Kolaborasi

komunitas rabooraboo jadi komunitas sepeda fixed gear atau fixie paling lama di indonesia, bro!

 

Dengan anggota yang punya latar belakang pendidikan dan profesi yang beragam, suka tercetus ide-ide untuk bekerja sama. Baik dalam membuat acara-acara yang sudah disebutin di atas atau proyek-proyek pribadi masing-masing anggota yang dipertemukan melalui RabooRaboo. Salah satunya adalah Creative Director Rony ‘Onik’ Rahardian.

“Di RabooRaboo, tuh, enggak cuma nongkrong doang karena bisa ngedukung profesi temen-temen juga gitu. Nyambung karena sepedaan, tahu profesi lainnya, dan akhirnya kolaborasi,” ujar Onik yang juga punya pengalaman bisa bekerja bareng salah satu ilustrator yang juga anggota RabooRaboo.

Pada akhirnya, misi RabooRaboo itu sederhana banget. Di luar mendorong anggotanya untuk bisa berinteraksi secara langsung, bersenang-senang, dan membuat kegiatan positif, RabooRaboo juga pengin kalau movement-nya bisa menginspirasi orang lain untuk mulai gaya hidup bersepeda yang dianggap bermanfaat buat mendukung Jakarta.

MLDSPOT ngobrol banyak tentang seluk-beluk komunitas sepeda fixed gear yang satu ini. Kalian, Urbaners yang kiranya penasaran buat tahu lebih dalam atau gabung sama RabooRaboo bisa nonton episode bersama mereka di MLDSPOT TV Season 6 Episode 13. Temukan tayangannya di YouTube Channel MLDSPOT TV. Jangan lupa subscribe and get yourself inspired!

Time Spent
3