Sehatkan Badan dan Perbanyak Kawan Bersama Triathlon Buddies Indonesia

Berbicara tentang Triathlon, banyak di antara lo mungkin menganggapnya sebagai kompetisi yang elit dan sulit. Actually, pendapat ini nggak sepenuhnya salah dan ataupun benar, Urbaners. Meski menantang karena menggabungkan tiga cabang olahraga—renang, balap sepeda, dan lari, pertandingan ini sebenarnya bukan hanya untuk para atlet.

FYI, Triathlon punya beragam manfaat yang nggak terbatas untuk fisik saja. Dengan menjalani Triathlon, lo bisa lebih disiplin dan terbiasa melakukan multitasking karena lo dituntut untuk menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Bahkan, lo bisa sekaligus melakukan networking dengan sesama pelaku Triathlon, misalnya saja dengan join lomba dan komunitas.

Anggota Triathlon Buddies Indonesia sedang latihan lari di Stadion Gelora Bung Karno

Adalah Triathlon Buddies Indonesia, sebuah komunitas yang memiliki misi untuk mengajak masyarakat agar lebih mengenal dan semakin akrab dengan Triathlon. Komunitas Triathlon terbesar di Tanah Air ini dibentuk pada 7 Januari 2012 di Jakarta oleh beberapa orang yang berasal dari latar belakang olahraga berbeda namun sama-sama ingin mencoba mengikuti lomba Triathlon.

Lebih tepatnya, Triathlon Buddies Indonesia awalnya hanya berupa grup latihan saja. Saat itu, Triathlon belum menjadi sebuah tren, sehingga para anggota berusaha mempelajari teknik masing-masing olahraga secara otodidak. Dari yang semula rajin latihan bersama, mereka lalu memutuskan untuk membentuk komunitas. Jumlah mereka akhirnya semakin berkembang setelah membuat grup Facebook.

Triathlon Buddies Indonesia terbuka bagi seluruh WNI atau WNA yang tinggal di Indonesia. Yang jelas, komunitas ini bisa jadi wadah yang tepat bagi mereka yang ingin mendalami atau sedang mempersiapkan diri menghadapi lomba Triathlon.

So far, Triathlon Buddies Indonesia telah memiliki sekitar 4.000 buddies dari seluruh Indonesia. Itu pun belum termasuk anak-anak loh, Urbaners. Nah, kebetulan banget, salah satu anggotanya adalah host MLDSPOT TV Kelly Tandiono. Kelly sendiri sudah aktif mengikuti Triathlon selama tiga tahun terakhir ini.

 

Semua Orang Bisa Triathlon

Para anggota Triathlon Buddies Indonesia bercengkrama seusai latihan

Dengan tagline #AnyoneCanTri, Triathlon Buddies Indonesia ingin terus mensosialisasikan Triathlon dan menghapus anggapan bahwa ini adalah jenis olahraga yang mahal. Oleh karena itu, komunitas ini terus mengadakan latihan sambil memberikan edukasi tentang bagaimana melakukan Triathlon dengan benar dan aman agar dapat bermanfaat. Prosesnya bisa berupa brick session, open water swimming, group riding, dan masih banyak lagi.

Nggak berhenti sampai di latihan bersama saja, Triathlon Buddies Indonesia juga kerap mengadakan berbagai event sebagai ajang uji coba. Contohnya adalah Mini Triathlon, Triathlon Relay, dan Sentul Ultra Triathlon. Ada pula event tahunan mereka, yaitu Triathlon Buddies Anniversary.

Rutin diadakan sejak tahun 2013, Triathlon Buddies Anniversary terdiri dari lomba Triathlon dan kegiatan pendukung lainnya yang bisa diikuti oleh umum, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tingkat kesulitan lombanya pun sudah disesuaikan. “Kami ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar semakin mengenal Triathlon. Sasaran kami adalah para pemula agar mereka familiar dengan cabang olahraga Olimpiade ini,” jelas pendiri dan ketua Triathlon Buddies Indonesia, Chaidir Akbar.

Di samping itu, Triathlon Buddies Indonesia turut berperan sebagai salah satu pendukung utama dan komunitas partner untuk beragam event Triathlon yang diadakan di Indonesia. Selanjutnya, komunitas ini masih ingin membantu mengembangkan event Triathlon di Tanah Air dalam ranga menjaring talenta-talenta baru yang berpotensi untuk berkompetisi sebagai atlet profesional.

Anggota Triathlon Buddies Indonesia sedang berlari bersamaLast but not least, Triathlon Buddies Indonesia masih memiliki impian untuk memiliki tempat latihannya sendiri dengan fasilitas yang lengkap. Tempat tersebut rencananya akan sekaligus menjadi pusat informasi, pendidikan, dan publikasi tentang Triathlon di Indonesia. So, tempat tersebut bisa menjadi meeting point para buddies dan enthusiasts lainnya yang ingin berbagi dan terlibat dalam Triathlon.

Well, kalau lo masih mikir-mikir buat join Triathlon Buddies Indonesia, nggak usah khawatir. Lo tonton dulu aja video obrolan kami selengkapnya di MLDSPOT TV Season 4 episode 9 dengan tema “Fit for Life”. Cek YouTube Channel MLDSPOT TV, langsung subscribe, and get yourself inspired!