Inspiring People
Selasa, 10 Januari 2023

5 Album Jazz Lokal Terbaik yang Memukau di Tahun 2022!

  • Share
  • fb-share
5 Album Jazz Lokal Terbaik yang Memukau di Tahun 2022!

Kilas balik sejenak menelisik tentang apa saja album-album terbaik di tahun 2022 adalah sebuah kewajiban yang enggak boleh terlewatkan. Di sini lebih mengerucut untuk memperkenalkan ke lo semua daftar album terbaik dari genre musik jazz yang dilahirkan oleh para musisi Indonesia.

Seperti yang kita tahu bahwa musik jazz sudah masuk ke Indonesia dari tahun 1930 loh. Jadi masyarakat kita sudah sangat akrab untuk mencerna dan menerima musik ini dalam lingkup yang cukup luas. Mulai dari situ lah lahir para musisi-musisi jazz Indonesia yang mempunyai talenta luar biasa untuk mengembangkannya menjadi karya epic dalam tiap generasi.

Terhitung sampai saat ini juga, meskipun di tengah gempuran album-album populer lainnya, lahirnya karya istimewa dengan genre jazz layak diapresiasi setinggi-tingginya, Bro. Apa aja sih album-album jazz terbaik di tahun 2022? Simak daftarnya di bawah ini!

1. Indra Lesmana - 1987

1987, materi lama Indra Lesmana yang sudah selesai ia kerjakan 35 tahun lalu, namun ada suatu kendala sampai file pita master-nya sempat hilang lama dan baru ditemukan pada tahun lalu. Setelah semua file aman, kemudian sang musisi senior jazz Indonesia ini, langsung tancap gas untuk merilisnya pada 18 Januari 2022 oleh InLine Music.

Proses recording, mixing, dan mastering album ini dibantu oleh ayah dari Indra Lesmana sendiri, yaitu Jack Lesmana di Sound City Studio, Jakarta. Bukan hanya permainan memukau dari Indra Lesmana saja, di album 1987 ia juga menggaet musisi jazz asal Australia sebagai tamu, seperti Dale Barlow (Tenor, Soprano Sax), Steve Elphick (Double Bass), dan Tony Buck (Drums).

2. Hansen Arief ft. Nial Djuliarso & Kevin Yosua - (Don’t) Count Your Blessings

Hansen Arief, drummer jazz berbakat satu ini punya talenta yang enggak banyak ditemukan pada sosok drummer lainnya. Setelah sempat melahirkan karya berjudul “Ode to Bruce” dalam MLDJAZZPROJECT Season 3, saat ini Hansen merilis debut albumnya berjudul (Don’t) Count Your Blessings yang dilepas pada 15 April 2022.

Predikat album terbaik jazz tahun ini memang layak diterima Hansen, karena bisa dibilang karya-karya yang ia hadirkan sangat terasa istimewa dan terasa totalitasnya dari tiap lagunya. Permainan kental unsur klasik jazz yang ia mainkan bareng dua rekannya Nial Djuliarso dan Kevin Yosua benar-benar memukau.

3. Alonzo Brata - Giant Baby Steps

Alonzo Brata merupakan sosok penyanyi jazz muda sekaligus pendatang baru yang saat ini baru berusia 19 tahun. Akan tetapi ia mengejutkan ranah musik jazz lokal ketika merilis debut albumnya berjudul Giant Baby Steps. Ada sepuluh lagu yang coba ia perkenalkan dalam durasi total hampir menyentuh 40 menit.

Kalo mendengar suara Alonzo Brata dari detik awal saja, sekilas lo meresapi banyak dugaan bahwa keajaiban karakter Frank Sinatra sangat kuat menyelimuti dirinya. Debut album dari rising star ini dikerjakan bareng musisi jazz senior Nial Djuliarso serta band bernama East Side Jazz Initiative.

4. Adi Darmawan - Desire

Mungkin para penikmat musik jazz lokal sudah enggak asing dengan Adi Darmawan, sosok yang akrab dengan julukan ‘Bassist Seribu Band’ sekaligus guru musik di farabi Music School. Melalui Bliker Records, Adi melepaskan album penuh berjudul Desire pada 12 April 2022.

Album tersebut adalah definisi kemasan album jazz yang enggak banyak ditemukan kerumitan dalam pembagian part di tiap lagu. Pada beberapa lagunya pun hanya menampilkan permainan bass dari Adi yang diiringi dengan ambience musik menyejukkan sanubari. Adi juga berkolaborasi dengan dua rekan musisi lainnya yaitu Ivan Nestorman dan Maulinawati.

5. Tulus - Manusia

Masih dengan kadar yang sama seperti album-album sebelumnya, Tulus kembali menampilkan suasana musik pop/jazz yang ceria, mewah, serta  kecerdasan balutan lirik istimewa pada album terbaru Manusia. Mulai dari lagu pembuka berjudul “Tujuh Belas”, lo sudah bisa menikmati keindahan Tulus dalam merangkai kata dan berhasil mengajak untuk ber-sing along.

Hampir semua lagu pada album Manusia bisa menjadi hit, karena secara keseluruhan tiap lagunya pun mudah membawa kuping ini sangat nyaman. Berawal dari Tulus memperkenalkan album ini dengan lagu perdana berjudul “Hati-hati di Jalan: adalah sebuah penyambung yang tepat, untuk memanjakan para pendengar setianya dalam situasi apapun.

Yaps, itu lah lima album jazz terbaik yang terlahir di tahun 2022 versi MLDSPOT. Kelima album tersebut bisa lo nikmati di semua layanan musik streaming favorit lo, tetapi untuk album Manusia dari Tulus, lo juga bisa dapatkan format CD-nya yang tersedia di seluruh gerai Demajors ataupun record store lokal lainnya.

Cek di sini juga untuk menyimak artikel terbaru lainnya yang ngebahas para regenerasi ketiga musisi jazz di industri musik Indonesia. Selain lo baca semua artikel yang ada di mldspot.com, jangan kelewatan untuk ngumpulin MLDPOINTS yang nantinya bisa ditukerin iPhone sampai PS5 secara gratis, Bro!

Comments
Dudy Elvianto
keren semua
pandu sanjaya
jazz Lokal Terbaik