Inspiring People
Jumat, 07 Juli 2023

Alonzo Brata, Nemuin Mimpi Menjadi Musisi Jazz di Usia 16 Tahun

  • Share
  • fb-share
Alonzo Brata, Nemuin Mimpi Menjadi Musisi Jazz di Usia 16 Tahun

Penyanyi muda, Alonzo Brata udah ngerasa kalau jazz adalah panggilan hidupnya. Uniknya, Alonzo ngerasa “panggilan” tersebut saat bermain game yang kebetulan enggak sengaja mainin lagu jazz. “Lagu itu kayak nancep di pikiran gue, dan terngiang terus,” jelas musisi yang udah ngeluarin satu album bertajuk Giant Baby Steps ini.

Dari saat itu, terhitung udah empat tahun Alonzo nekunin musik jazz. Beberapa event yang pernah diikutinya adalah Java Jazz Festival (2023), Motion Blue (September 2022), Solo City Jazz (Oktober 2022), dan mengisi acara perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Hamburg, Jerman.

Gue penasaran sih bagaimana cerita perjalanan karir Alonzo di industri jazz. Gue pun akhirnya mencoba buat ngehubungin Alonzo supaya bisa ngobrol dan gali ceritanya lebih detail. Penasaran seperti apa ceritnya, baca selengkapnya di sini! 

 

Suka Jazz Sedari Muda

Menurut gue nih, Alonzo Brata itu beda dari anak muda kebanyakan. Biasanya anak muda itu baru tahu apa yang dia mau seiring dengan perjalanan hidup dia, atau pas umurnya sudah sedikit matang. Sedangkan Alonzo sendiri, udah ngerasa kalau jazz adalah hidupnya dari umur 16 tahun.

Berbekal suara bariton yang memang udah menjadi gift-nya dia dari lahir, Alonzo akhirnya mutusin untuk terus menekuni musik jazz. Beruntung sih, keluarga dan orang-orang terdekatnya mendukung jalan hidup yang dipilihnya saat ini. Orang tuanya bahkan sampai ngedatengin guru vokal untuk melatih suara Alonzo.

Memang, Alonzo sebelumnya pernah cobain genre musik pop. But at the end, Alonzo akhirnya kembali lagi ke jazz. “Gue merasa damai dan nostalgia pas dengerin lagu-lagu jazz, sesuatu yang bikin gue tenang,” cerita Alonzo di awal-awal obrolan. 

Pas ngedengerin jazz, musisi yang juga lagi coba-coba belajar desain grafis ini merasa cocok dan ngerasa selaras. Enggak cuma cocok untuk dia nyanyiin, tapi juga cocok untuk jiwanya. Kalau soal lagu favorit sendiri, Alonzo ngaku kalau dia cinta mati dengan Blue Moon-nya Frank Sinatra dan Orange Colored dari Nat King Cole.

 

Pentingnya Latihan Vokal dan Olahraga

konser  Alonzo

Java Jazz Festival 2023 adalah momen dimana Alonzo sadar kalau dia udah berada sejauh ini di jazz. “Amaze dan jadi tambah semangat aja untuk terus melatih diri,” terang penyuka game Sandbox dan Fall Out: New Vegas ini.

Semangat ini nih yang akhirnya terus dibawa Alonzo Brata supaya terus berlatih dan menjadi lebih baik. Latihan vokal dan perform nyanyi adalah cara Alonzo untuk tahu hal-hal apa aja yang perlu diperbaiki dan ditingkatin dari skill yang udah dia miliki sekarang. 

Nah sedangkan untuk melatih endurance-nya, Alonzo enggak cuma menerapkan aturan makan sehat aja, loh. Tapi juga olahraga rutin. Lari setiap pagi, push up, sit up, lifting, dan pernapasan wajib dia lakuin. Menjalani hidup sehat adalah bagian dari usaha dia untuk ningkatin perfoma dan kualitas bernyanyi.

“Pernah sih jenuh,” cerita Alonzo pas gue tanyain pernah enggak merasa bosan dengan rutinitas dan bernyanyi jazz. Tapi, kondisi bosan tersebut enggak lama, karena pada akhirnya saat kembali ke jazz dia balik lagi happy.

Again, jazz itu sesuatu yang gue sadar gue good at dan sampai saat ini jazz adalah sesuatu yang terpenting dalam hidup gue, jadi ya harus diperjuangkan,” ceritanya mantap!

 

Tentang Giant Baby Steps

penampilan  Alonzo

Berisikan 10 lagu, Giant Baby Steps (2022) adalah album pertama dari Alonzo dan masuk nominasi album jazz terbaik di IMA Awards 2022. Kebanyakan lagu dalam album tersebut adalah lagu cover.

Ada satu lagu yang sempat jadi booming di Spotify, yaitu lagu Strolling Down The Avenue. Tapi Alonzo cerita, kalau pendengar albumnya itu malah cenderung dari Amerika, dan bukan Indonesia. 

Basically, gue senang sih dengan semua lagu di Giant Baby Steps, proses pengerjaannya juga menyenangkan,” cerita Alonzo. Alonzo juga ngaku kalau enggak terpikir album pertamanya bakal dapat apresiasi sebaik ini. Hal ini membuatnya semakin semangat dalam berkarya. 

Walau pun semuanya berkesan, tapi ada nih satu lagu yang menurutnya “Alonzo Brata” banget dan ngegambarin personalitas band-nya. Judulnya Fascinating Rhythm. “Gue suka dengan kecepatan temponya, dan bagaimana band gue mengeksekusi lagu ini. Terus proses pembuatan dan saat mendengarkannya juga menyenangkan,” terang Alonzo.

Sejauh ini Alonzo belum ada rencana untuk nulis lagu sendiri. Dia ngaku kalau belum cukup percaya diri untuk buat lagu sendiri. “Hopefully, sih kalau udah fix dan confident dengan lirik, gue bakal coba buat,” ujar musisi yang rencananya tahun ini bakal merilis dua single baru. 

 

Enggak Cuma Ngejar Mimpi

 Alonzo di java jass festival

“Gue enggak pernah nyangka bisa sampai di titik ini,” cerita Alonzo blak-blakan di akhir-akhir obrolan. Sesuatu yang membuatnya menyadari, kalau dia bisa, yang lain pasti juga bisa. Dan itu semua enggak cuma berhenti di mimpi, tapi juga harus direalisasi ke dunia nyata.

Salah satu cara yang dia lakuin dalam meniti musik jazz adalah selalu mencoba berkolaborasi dengan orang baru. Menurutnya berkolaborasi dengan orang baru itu semacam sistem kejut yang ngajarin bagaimana berkomunikasi dan beradaptasi.

“Di satu sisi kita perlu tahu apa yang bisa orang bawa ke kita, tetapi di sisi lain ngasih kesempatan pada hal baru atau sesuatu yang belum kita tahu pasti juga menarik,” tambah Alonzo di akhir obrolannya bareng gue.

Salah satu pengalaman yang susah dilupain sama Alonzo adalah pas kolaborasi dengan Sandhy Sandoro. Menurutnya, Sandhy Sandoro punya pengalaman musik yang super, begitu juga personality dan cara dia bernyanyi juga oke banget.

“Ini menginspirasi gue untuk bernyanyi lebih baik baik lagi versinya gue,” tutup musisi yang pernah belajar piano dan biola ini. Selain itu, Alonzo juga punya harapan besar supaya semakin banyak anak muda seusianya yang doyan musik jazz. 

Itulah cerita tentang Alonzo Brata, rising star jazz Indonesia yang masih terus mencoba mengejar mimpinya menjadi musisi jazz Indonesia kelas dunia. Lo bisa cek akun instagram @alonzo_brata untuk mendapatkan update terbaru soal jadwal perform-nya. 


Ikuti terus MDLSPOT untuk membaca kisah inspiratif lainnya. Di sana akan banyak cerita inspiratif dari anak muda atau pun komunitas, produk dan tempat nongkrong yang lo bisa cobain. Jangan lupa juga kalo di MLDSPOT, lo bisa ngumpulin poin buat ditukar sama rewards yang pastinya keren!

Comments
Bayu putra Novianto
The next tulus gak sih
Wanju Bonardo
keren banget