Inspiring People
Jumat, 13 Mei 2022

Anak Baru, Ngapain Gengsi Buat Cari Koneksi?

  • Share
  • fb-share
Anak Baru, Ngapain Gengsi Buat Cari Koneksi?

Di saat lo masuk di lingkungan baru entah itu sebagai karyawan in house ataupun freelancer di sebuah perusahaan, mau nggak mau lo wajib buat mingle sama rekan satu tim. Bukan karena apa-apa sih bro. Selain lo dilahirkan sebagai manusia yang kebutuhan utamanya adalah bersosialisasi, mingle sama rekan kerja atau ketemu orang baru bisa jadi cara lo ngebangun koneksi. Siapa tau selain jadi rekan kerja, teman sekantor lo bisa jadi rekan bisnis juga, ya gak?

Masalahnya, kadang mingle sama orang baru tuh gak segampang itu. Apalagi buat lo yang introvert. Rasa nervous, bingung mau bahas apa, takut dibilang sok asik, sampe pikiran-pikiran negatif kayak nggak diterima di circle tempat kerja lo biasanya suka muncul. Tapi tenang bro, coba gue kasih tips singkat biar lo bisa luwes buat cari dan memperluas koneksi.

Paling utama sih lo jangan lebay. Inget bro, semua yang berlebihan itu nggak bagus, apalagi jatohnya lo sampe flexing sana-sini. Di waktu lunch break, lo sebagai anak baru coba kumpul bareng temen satu tim lo terus kenalan satu sama lain. Sambil ngapalin nama-nama rekan setim, lo juga bisa sekalian gali informasi soal kultur kerja di kantor atau rules yang wajib diinget. 

Habis makan siang pasti lo lebih selow buat ngobrolin hal-hal lain sambil ngopi. Di situ biasanya bahasan bakal bergeser ke topik di luar kantor. Misalnya soal kesamaan taste musik lo sama temen lo yang juga suka dengerin musik indie, ada yang suka ngobrolin trading saham online, dan lain-lain. Biarin aja obrolan ngalir secara alami, simak aja dulu, tunjukin kalo lo open dengan berbagai hal dan gak judgemental.

Nyambung sama di atas, cara berkomunikasi lo yang baik juga kudu dibarengin sama observasi yang bagus. Lo mesti tau kapan ngajakin ngobrol hal serius tentang pekerjaan atau kapan lo bisa bercanda. Hati-hati baca situasi, soalnya salah-salah bisa jadi rekan kerja lo jadi sensitif dan ilfill sama lo.

Poin selanjutnya, lo nggak boleh pasif. Yang terpenting dalam menambah relasi adalah take action. Ingat kata pepatah ‘peluang nggak datang dua kali’, itu bisa jadi pedoman lo buat terus-menerus lebih aktif mencari, menambah, sekaligus menjaga sebuah relasi yang lebih luas terlepas dari rekan kerja lo di kantor.

Harus diingat juga ketika muncul relasi yang terlihat toxic, lo boleh aja menghindar secara perlahan dengan cara halus. Daripada diterusin dengan ruang lingkup yang bikin lo nggak produktif dan berkembang, mending lo cabut aja deh bro.

Dari beberapa tips ini, ada yang udah lo jalanin? Coba share juga di kolom komentar soal pengalaman lo pas jadi anak baru di tempat kerja. Jangan lupa share artikel-artikel MLDSPOT di akun media sosial lo dan dapetin MLDPOINTS buat lo tuker jadi iPhone 12 Pro, PS5, dan banyak hadiah keren lainnya.

Comments
HARDIANTO
Sangat bermanfaat
Argha hendriandika
Top info. Lanjut.....