“BKR BROTHERS: Podcast Dengan Gaya Anak Tongkrongan” - MLDSPOT

“BKR BROTHERS: Podcast Dengan Gaya Anak Tongkrongan”

Podcast adalah singkatan dari iPod Broadcasting. Podcast sendiri sudah mulai ada sejak tahun 2005. Dan di tahun 2019 podcast mulai booming di Tanah Air. Well, seseorang yang membuat podcast disebut Podcaster. Cara kerjanya mirip radio, dinikmati dengan cara mendengar. Podcast biasanya meruncing pada satu tema. Podcaster sendiri biasanya juga membuat script dan outline-nya supaya lebih jelas dan terarah. Bahkan sampai sedetail dengan penulisan kata pengantar dan kata penutup.

BKR Brothers salah satu Podcaster Indonesia yang menjadi Inspiring People kali ini. Beranggota 3 pria dengan karakter berbeda: Ryo Wicaksono, Molen Kasetra dan Bobby Mandela. Sebelum dinamakan BKR Brothers, ketiga Podcaster yang tumbuh dari dunia radio itu tenar dengan nama Podcast Boker. Semakin berkembangnya peluang bisnis yang ada, perubahan nama pun dilakukan. Edisi perdana Podcast Boker saat itu mengudara pada Juni 2019. Saat episode debut itu, formasi masih diisi oleh dua orang, Ryo dan Bobby. Namun, jauh sebelum itu, sebenarnya Ryo pernah menggagas untuk membuat podcast bersama Molen. Tapi pada saat itu, Molen sedang menempuh studi di Singapura.

BKR Brothers jadi inspiring people kali ini!

 

BKR Brothers bisa dibilang terbentuk dengan asas rekreasi. Well, karena pendengarnya mengakui nyaman dengan obrolan absurd nan meaningless. Konsistensi dan materi yang relate jadi point utama podcast mereka.  BKR Brothers juga bekerja sama dengan Box2Box.

“BKR sangat konsisten sekali dengan jadwal yang mereka buat sendiri,” ungkap Tyo Prasetyo yang juga pernah menjadi Produser (Box2Box). Tentu itu juga jadi alasan kesuksesan mereka.

BKR Brothers jadi inspiring people kali ini!

 

Para Podcaster lain pun kini mulai beragam dan makin menunjukan kreatif masing-masing. Tapi, BKR Brothers sendiri punya signature style. Isu yang dibahas sifatnya lebih everlasting alias timeless. Karena bagi mereka hal sederhana dan topik keseharian mereka sendiri pun seru untuk dibagikan. Bahkan, hal yang dekat kadang banyak terlupakan.

Karakteristik, sudut pandang berbeda justru jadi andalan mereka dalam podcast. Topik yang disampaikan kadang  random. Unpredictable! Habis lucu-lucuan bisa nangis, besoknya bisa serius lalu ketawa lagi. Keintiman yang dibangun mereka organik. Apa adanya, layaknya sahabat di tongkrongan, Urbaners! BKR Brothers mengakui sendiri podcast adalah salah satu cara untuk merayakan persahabatan mereka.

Actually, obrolan kami seputar Podcast nggak berhenti sampai di sini saja. Tonton cerita selengkapnya di MLDSPOT TV Season 6 episode 1 dengan tema “Podcast Party” di YouTube Channel MLDSPOT TV. Langsung klik tombol subscribe, and get yourself inspired!

Time Spent
3