Inspiring People
Selasa, 18 Mei 2021

Eddi Brokoli: Jadi Anak Motor Harus Santun dan Berdampak

  • Share

Yang namanya budaya motoran bisa dibilang udah mendarah daging buat orang Indonesia. Kendaraan beroda dua ini sering diandalkan untuk memenuhi kebutuhan transportasi masyarakat Indonesia, terutama kaum urban.

Hal ini bisa lo lihat sendiri dengan begitu beragamnya pengguna sepeda motor yang seliweran di jalan. Ada dari “bro-bro” Vespa yang sunmori terus, bapak-bapak dengan moge, sampai ibu-ibu yang nganter anak sekolah naik motor.

Buat sebagian orang, motoran ini udah bukan sekedar untuk transportasi saja tapi sudah jadi gaya hidup. Dari sini muncul istilah “anak motor”, orang-orang yang punya ketertarikan tersendiri terhadap sepeda motor dan segala kegiatan terkaitnya. Anak motor sendiri biasanya tergabung dalam komunitas motor yang mewadahi minat dan mempertemukan dengan orang-orang yang “sefrekuensi”.

Kalau kita menyelami lebih dalam lagi, ada orang-orang yang bukan hanya menjadikan motoran sebagai gaya hidup saja. Justru kegiatan motoran inilah yang telah menghidupi mereka, mulai dari jasmani hingga rohani. Pasti pada penasaran kan, emang ada ya orang yang merasa “hidup” dari motor?

Siapa lagi kalau bukan Inspiring People kita yang satu ini, Eddi Brokoli. Sebagai artis yang serba bisa, suara dan rambut kribo nya yang ikonik telah mewarnai industri hiburan Indonesia.. Pria asal Bandung ini telah dikenal terlebih dulu melalui band Harapan Jaya dan VJ MTV. Selain itu ia juga telah membintangi sejumlah film, salah satunya adalah ‘The Tarix Jabrix’.

Eddi udah kenal motor lebih dulu, jauh sebelum ia masuk ke industri hiburan . Ia pertama kali kenal motor di usia SMA, ketika dihadiahkan sebuah motor Vespa. Dari sinilah perjalanan hidupnya yang diwarnai oleh motor dimulai.

Bisa Hidup Dari Motor, Rezeki Pemotor Santun

Eddi Brokoli

Dari kecil, Eddi merupakan seorang pecinta alam. Dia seneng menjelajahi area-area seperti hutan, gunung, hingga pantai. Sepeda motor membantunya untuk menjangkau area-area yang tidak bisa terjangkau dengan kendaraan lain. Kecintaannya pada alam juga yang membuatnya senang untuk riding dengan suasana alam.

Kurang lebih 20 tahun jadi “anak motor”, Eddi pengin dikenal sebagai pemotor yang santun. Baginya, penting sekali bagi para pemotor untuk bisa memahami lalu lintas dan tata tertib dalam berkendara. Mengingat kondisi jalanan sekarang yang penuh sama kendaraan lain kayak mobil hingga sepeda. Sikap ini juga yang membuat Eddi Brokoli menjadi sosok yang disegani dan sering jadi panutan anak motor lainnya.

Selain bisa merasa lebih dekat sama alam, kegiatan motoran sampai bisa menghasilkan cuan juga, nih, buat Eddi. Berkat motoran, Eddi bisa menjadi brand ambassador untuk salah satu produk outdoor gears. Ia juga sering diundang untuk menjadi narasumber atau bintang tamu di berbagai event motor.

Hobi motoran Eddi juga bukan tentang apa yang bisa dia ambil, tapi apa juga yang bisa dia kasih. Eddi tergabung di komunitas Motorbaik, komunitas motor yang sering ngelakuin bakti sosial. Widih… beneran pemotor santun, ya. Di dalam komunitas ini ia juga bertemu dengan beberapa teman public figure seperti Tora Sudiro, Imam Darto, dan Omesh.

Serba-serbi Touring: Wajib Seru dan Aman

Eddi Brokoli

Sebagai orang asli Bandung, Eddi mengaku lebih senang riding di Bandung karena cuacanya lebih adem. Cuaca ini berpengaruh pada fesyen yang digunakan, jadi Eddi bisa pakai jaket atau vest yang lebih tebal. Tetapi untuk urusan night riding, Eddi lebih mengagumi kota Jakarta dengan segala gemerlap malamnya.

Ketika di Bandung, Eddi senang melakukan riding ke arah utara seperti Dago dan Ciburial. Ketika ke arah Selatan, Ciwidey menjadi rute pilihannya. Semua rute tersebut telah ia lalui berkali-kali, namun tidak pernah bosan.

Setiap kegiatan riding selalu baru buat Eddi. Soalnya rute yang sama pun selalu dilalui dengan kondisi yang berbeda mulai dari cuaca, teman seperjalanan, hingga motor yang digunakan.

“Selalu beda, motor CC gede sama kecil aja kecepatannya beda jadi pemandangannya beda. Kadang tujuan perjalanannya juga beda, ada yang buat foto doang misalnya. Jadi nggak pernah sama.” jelas Eddi ketika menjelaskan rute touring di Bandung.

Hal utama yang harus diperhatikan ketika touring adalah keamanan. Kondisi motor harus diperhatikan dengan sangat baik terutama bagian ban, oli, dan lampu yang harus berfungsi dengan baik. Setelah itu masuk ke keamanan si pengendara, semua orang pasti tau kalau helm adalah nyawa dari pengendara motor. Eddi sangat berharap agar para pemotor bisa lebih sadar akan keamanan berkendara.

Ketika faktor keamanan telah terpenuhi semua, lo tinggal tancap gas aja! Eddi Brokoli berpesan kepada para pemotor muda agar mau meluangkan waktu untuk touring dan menikmati keindahan alam Indonesia dengan sepeda motor.

Inspiring banget kan? Kalo mau dengerin cerita Eddi Brokoli dan melihat aksinya motoran, jangan lupa nonton MLDSPOT TV Season 7 Episode 7 ‘Terus-terusan Motoran’ di YouTube channel MLDSPOT TV. Subscribe juga YouTube channel MLDSPOT TV dan follow @mldspot di Instagram. Get yourself inspired by MLDSPOT.

Comments

Salah satu inspirasi anak motor..keren
Naaa inii semoga bisa membuat bikers lbh aware sama attitude biar image mkn positif