Inspiring People
Kamis, 14 Juli 2022

Fenomena Fanwar: Idola Kok Diadu?

  • Share
  • fb-share
Fenomena Fanwar: Idola Kok Diadu?

Lo sebagai pegiat, penikmat musik, ataupun musisi pasti sudah sering mendengar di mana band idola lo dibandingkan dengan band lainnya yang punya fanbase setara. Mungkin awal tahu hal tersebut lo pasti merasa aneh dan sempat nggak bisa menerima kabar seperti itu, tapi lama kelamaan lo bisa menerima itu dengan santai.

Akan tetapi di sisi lain, terkadang ada yang belum bisa welcome dengan perbandingan seperti itu. Dalam arti kata, kenapa sih band satu dengan lainnya harus dibandingkan juga? Yah, itu pasti ada lah di sekitar kita.

Di episode MLDPODCAST yang ke-80, Oza Rangkuti (OR) selaku host ngebahas juga soal fenomena yang sekarang biasa disebut dengan “Fanwar”. Tenang aja karena Oza nggak sendiri, ia ditemani San San (SS) dari Pee Wee Gaskins dan Abyan Nabilio (AN) atau lebih dikenal Acin dari The Panturas.

(OR)Kalo fenomena fanwar tuh menurut lo gimana cin? Misalnya yang paling simpel tuh antara Beatles sama The Rolling Stones, disitu ditanyain lo tim Beatles atau tim The Rolling Stones. Menurut lo kenapa bisa kayak gitu?

(AN) Ya wajar sih ya, tapi gimana ya ngejelasinnya asal masih wajar-wajar aja. Kalo band lo disandingkan sama dengan rival yang ini. Ya wajar aja ada yang dukung ini sama ini.

(OR) Kalo menurut lo gimana bang fenomena fanwar?

(SS) Bener iya lho nggak apa-apa juga. Tapi ya memang fanwar itu terjadi sampai akhirnya menurut gue menguatkan di kedua belah pihak karena begitu ada apa yah sebutannya musuh atau rival gitu. Begitu rival bersama, pasti si circle yang satunya tuh jadi lebih kuat. Lo tuh punya musuh yang sama tuh ngegasnya lebih kuat tuh, yang penting punya musuh yang sama aja jadi lebih mantap gitu, lebih klik aja.

(OR) Malah makin kokoh kan kalo disatuin terus diserang bareng. Dibanding-bandingin mesti gitu.

(AN) Kayak di GOT aja gitu, musuhnya bareng langsung nyatu.

(OR) Bener bener.

Dari lo sendiri punya pendapat gimana soal band idola lo sering dibandingkan dengan satu dan lainnya? Share aja jawabannya di kolom komentar ya.

Oza, San San, dan Acin nggak cuma ngobrolin itu aja kok. Lo bisa dengerin keseruan obrolan mereka tentang toxic soal fandom culture, fenomena fanwar, sampai ngobrolin sisi positif fans para ARMY. Dengerin versi penuh dalam format audionya di sini. Lo bisa juga simak versi videonya di sini, di channel Youtube MLDSPOT TV.

Reminder nih bro, buat lo yang sudah ngumpulin MLDPOINTS sebanyak-banyaknya, lo bisa dapetin kesempatan lebih besar membawa pulang iPhone 12 Pro, PS5, langganan premium MOLA TV selama satu tahun, official merchandise MLDSPOT, atau hadiah menarik lainnya. Ada yang pengen ikutan juga? Simak info selengkapnya di sini.

Comments
triyoo purnama
mantap, kerennn
Rialdo Wijaya
Kereeennnnn min