Inspiring People
Jumat, 08 April 2022

Gak Perlu Takut Jadi Anak Baru, Go With the Flow Aja Bro!

  • Share
  • fb-share
Gak Perlu Takut Jadi Anak Baru, Go With the Flow Aja Bro!

 

Dunia kerja emang beda, apalagi buat lo para fresh graduate. Pas kuliah karena waktu lo cenderung fleksibel, mungkin lo masih sempet ya nongkrong tiap malam atau ngejar gigs musik indie favorit sampe ke luar kota. Pas udah kerja? Bisa jadi lo harus merelakan kegiatan favorit lo tadi. Yang jelas di level hidup lo yang ini, lo bakal ngembangin diri jadi seseorang yang ‘tahan banting’.

 

Semua berawal dari pilihan lo pas udah lulus kuliah atau lulus SMA/SMK, pengen langsung apply jadi intern buat ngasah skill atau langsung jadi in house. Apapun pilihan lo valid kok bro, yang pasti sebelum apply lo harus pikirin dulu kerjaan apa yang bener-bener lo suka. Jangan cuma ikut-ikutan atau supaya keliatan keren aja. 

 

Nah, di sini lo pasti mengalami fase sebagai anak baru di tempat kerja. Gue sih gak bilang semua, tapi pasti ada lah sebagian dari lo yang bingung mesti ngapain di titik awal lo sebagai karyawan. Sebelum lo jauh mikir soal status karyawan kontrak atau tetap nantinya, menurut gue ikutin aja dulu arusnya. Supaya lo bisa lebih rileks, nggak ada beban, dan lo bisa melihat lebih banyak kesempatan buat ngembangin diri lo. Buat lo yang baru masuk kantor dalam waktu dekat, cek dulu nih tips gue berikut ini!

 

Dari awal lo berstatus karyawan, hal yang lo harus lakuin adalah mempelajari dan memahami SOP (Standar Operasional Prosedur) atau guideline dari perusahaan di tempat lo bekerja. Tiap divisi pasti beda bro, jadi itu paling standar biar lo tau flow kerja lo dan Do & Don’ts-nya gimana. Terus misal lo masih bingung sama segala aturannya, beraniin aja buat aktif nanya ke karyawan lain yang udah lebih lama kerja di perusahaan tersebut. Ingat bro, lebih baik nanya daripada diem aja tapi clueless.

 

Di sela jam istirahat, manfaatin waktu lo buat membaur sama rekan satu tim biar bisa dapat feel yang enak buat komunikasi. Dari sini lo juga bisa kenal secara pribadi tiap rekan kerja lo kayak gimana. Siapa tau kan ada yang bisa lo ajak gowes atau hunting gigs keren pas weekend?

 

Lanjut ke timeline kerja, coba adaptasi sama deadline yang dikasih sama perusahaan. Nah, buat yang ini, misalkan lo nggak paham sama kerjaan yang dikasih, sebaiknya lo cari tahu dulu sendiri. Kalo udah mentok baru deh lo tanya sama supervisor yang ngasih lo kerjaan. Tunjukin kalo setidaknya lo udah usaha cari tahu.

 

Seperti yang gue bilang di awal, go with the flow dulu aja. Nikmatin privilege lo sebagai anak baru dengan banyak belajar dan jangan ragu buat tunjukin skill lo. Karena ketika semua kerjaan lo selesai dengan hasil maksimal dan sesuai timeline, nanti pasti ada apresiasi tersendiri buat lo yang bikin makin nyaman bekerja.


Itu tadi tips dari gue. Misal kebetulan lo yang baca artikel ini adalah senior yang udah malang melintang di dunia kerja dan punya tips lain, boleh banget share tips lo di kolom komentar. Cek artikel seru lainnya di website MLDSPOT dan jangan lupa sign up buat kumpulin MLDPOINTS ya bro!

Comments
Riza Astuti
Inspiring People
Fatoni Adi Putra
Tips mantap