Inspiring People
Jumat, 26 April 2024

Manja Band Bali Rilis Lagu Bernuansa Retro-Futuristik, MNSF!

  • Share
  • fb-share
Manja Band Bali Rilis Lagu Bernuansa Retro-Futuristik, MNSF!

MNSF, photo by Manja Band Bali

I wanna be in MNSF

Down by the beat we're making more love

Lagu yang satu ini lagi earworm banget di kepala Gue. Judulnya MNSF, karya Manja Band asal Bali. Lo kepo dan penasaran? Atau mungkin belum pernah dengar tapi pengen coba kenalan? Yuk, sini gue ceritain tentang mereka.

Jadi, Manja Band Bali ini bukan band baru di dunia musik. Mereka udah punya sejarah panjang di industri musik Bali sebelum akhirnya naik daun ke level nasional. Selain itu,  yang bikin kagum tuh semangat dan kreativitas mereka yang gak kenal lelah dalam bereksperimen dengan berbagai genre musik.

Nuansa Retro-Futuristik Memukau

Yes, lagu terbaru yang mereka rilis berjudul “MNSF”. Coba sebelum nerusin baca, Lo sambil puter lagunya dulu deh. Okay, udah? Yuk, lanjut baca.

Buat Gue sih, lagu ini sukses banget bikin suasana serasa ada di dunia retro-futuristik dengan vibes yang unik. Well, Gue masih bingung gimana mereka bisa ngegabungin fantasi dan realita dengan begitu apik dalam lirik dan aransemen musiknya. Kok bisa jadi se-”kawin” dan seenak ini hasilnya?

Manja Band Bali, photo by Manja Band Bali

Fyi, MNSF sendiri adalah singkatan dari Minasofa. Namun, Manja Band sendiri gak terlalu memusingkan makna dari judul ini. Bahkan, mereka membebaskan pendengar buat menafsirkannya sesuai dengan keinginan masing-masing. Open to interpretation, kalau kata mereka~

"Bagaimanapun mereka memaknainya terserah mereka. Bergantung pada situasi dan perasaan hati, mereka bebas menemukan makna sendiri, yang mungkin berbeda-beda," kata James sang gitaris.

Lagu MNSF dinyanyikan full dengan Bahasa Inggris, dan sepenangkapan Gue, lagu ini adalah ekspresi cinta yang berapi-api dari sang penyanyi untuk orang atau sesuatu yang disukainya.

I will find the light

I will find a way to

Even if I have to

Start a fire

Melalui Proses Kreatif yang Menantang

Lagu yang jenius ini, gak disangka, punya proses yang agak sedikit rumit. Proses penciptaannya melibatkan pemikiran “filosofis” yang mendalam dari para personel Manja Band Bali. Dari yang Gue amati sih, mereka emang band yang punya visi jelas tentang apa yang mereka ingin sampaikan lewat musik. Gue selalu salut sama keberanian mereka dalam mengeksplorasi ide-ide baru. Karya-karyanya gak pernah ngebosenin, selalu bawa angin segar baru buat orang-orang yang dengerin.

Di balik proses itu, Gue juga baru tahu bahwa proses kreatif Manja Band Bali ternyata gak selalu mulus. Yah, namanya juga hidup~ Manja Band Bali ini ternyata sempat mengalami writer’s block atau kebuntuan saat mereka nulis lagu ini. Mau nulis apa, bingung. Mau ekspresiin apa, bingung.

Namun, daripada meratapi kebuntuan itu, mereka justru banting setir dan ngambil inspirasi dari sebuah kebuntuan. Pokoknya harus ada jalan, gimanapun jalannya. Mereka mendobrak batasan itu, yang menghasilkan sebuah karya ciamik yang terdengar enak di kuping banyak orang.

Manja Band Bali, photo by Manja Band Bali

Manja Band Bali mengubah tantangan menjadi peluang, dan hasilnya adalah sebuah karya yang memukau dengan nuansa retro-futuristik yang khas. Hal ini ngebuktiin bahwa kreativitas seringkali muncul dari momen-momen yang gak terduga, asalkan Lo terbuka buat menerimanya. Langkah ini menunjukkan kedewasaan dan ketangguhan Manja Band Bali dalam menghadapi rintangan di jalan mereka berkarya.

Respon Positif dari Penggemar

Sampe sini, Lo udah nyoba dengerin MNSF belom? Kalau menurut Gue, sebagai ‘imbalan’ dari kegigihan Manja Band Bali dan upaya mereka mendobrak batasan, respons penggemar terhadap lagu ini bener-bener gak main-main. Dari yang Gue tau, banyak banget yang terkesima sama nuansa retro-futuristik yang mereka usung karena menjadikan MNSF sebuah musik yang very easy-listening dan bikin rilek. Gak heran lagu kalau lagu ini langsung dapet apresiasi tinggi dari kritikus musik dan industri, juga tempat khusus di hati para penikmat musik. Kalo kata Gue sih, gas autosave ke playlist sekarang juga.

Nah, setelah MNSF dan jejak bermusik mereka, Gue bisa bilang Manja Band Bali ini punya potensi besar buat terus berkembang. Dari asal usul sampe karya terbaru mereka, Manja Band Bali terus menunjukkan eksistensinya dengan berani di dunia musik Indonesia. Gue salut, mereka ini punya gaya yang khas dan berani dalam bereksperimen dengan berbagai genre musik. Gak takut mencoba, gak takut gagal, kelihatan dari eksperimen musik yang mereka hasilkan yang malah jadinya jenius banget.

Gue yakin, Manja Band Bali bakal terus memberikan warna baru dalam kancah musik Tanah Air. Jangan sampai ketinggalan lagu-lagu keren dari Manja Band Bali lainnya. Pokoknya terus dukung musisi lokal biar bisa semakin besar dan mengharumkan nama Indonesia, yak bro!

Comments
M APRIYADI
ok mantap terus lanjutkan
Kyle Rose
Kereeeen banget