Inspiring People
Kamis, 28 Juli 2022

Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup Hemat Masa Kini Bareng Adriano Qolbi & Devan “Demotivator”

  • Share
  • fb-share
Mengenal Frugal Living, Gaya Hidup Hemat Masa Kini Bareng Adriano Qolbi & Devan “Demotivator”

Sudah merasakan efek dari naiknya harga bensin, minyak, listrik, bahkan validasi sosial lo aja tanpa disadari juga naik bro. Mencukupi kebutuhan lifestyle lo buat nongkrong asyik aja ikutan naik. 

Lo harus pintar membagi banyak pengeluaran sih, daripada uang bulanan lo bisa habis sebelum waktunya. Kalo nggak gitu, lo bisa aja sampai mengambil uang tabungan lo buat mencukupi kekurangan. Nggak banget sih, bro!

Muncul gelombang tren baru di kalangan Gen Z yang menyebutnya dengan frugal living atau gaya hidup yang menekan bujet untuk semua keperluan kita, dengan mencapai tujuan finansial yang hemat.

Memasuki episode ke-81, MLDPODCAST kembali dipandu oleh Baskara “Basboi” (BB) yang bakal membahas frugal living bareng Adriano Qalbi (AQ) yang sudah lama bergelut di dunia stand up komedi dan ada juga Devan “Demotivator” (DD).

(BB) Sebelum banyak pembahasan soal frugal living, kita bacain tanggapan followers yang sudah berbagi komentar di Instagram MLDSPOT.

         @nadyaabzr: Sangat anti dengan yang namanya pay later

(BB) Pay later berarti salah satu wujud hidup frugal menggunakan pay later.

(AQ) Bukan nggak shopping sama sekali, cuma later aja gitu ya.

(BB) Kan lifestyle nggak menurun pak, malah tetap menanjak.

(DD) Apakah Nadya nggak sadar bahwa pay later, Anda bisa dapat promo lebih banyak. Kadang suka kesel nggak sih lo pakai pay later gitu kan sengaja ditujukan mesti pakai pay later supaya lo dapat certain diskon.

(BB) Oke, terus ini ada yang kedua kita baca dulu.

          @robbikepet: Bawa bekal dari rumah biar bisa ngopi, soalnya nggak bisa bikin kopi enak.

(BB) Kalo ini bisa dibilang valid statement ya.

(AQ) Iya, ini tuh lumayan frugal. Daripada pay later mending ini lah.

(BB) Terus selanjutnya ada lagi nih.

          @lutheryohanes: Biasa aja soalnya nggak terlalu paham trend.

(BB) Dari pembahasan ini, lo sendiri mendefinisikan frugal living tuh seperti apa sih?

(AQ) Gue tuh jadi inget zaman kerja, masih kerja sama orang tuh gue kayak mau makan nasi padang tuh cuma satu lauk aja. Kalo mau dua tuh jangan yang daging gitu, kayak perkedel sama telor dadar. Jangan paha ayam ketemu rendang hahaha.. Jadi buat nge-keep makan siang dibawah 20 ribu tuh dilakukan.

(DD) Gue juga merasakan sama kayak tadi yang bang Adri bilang, pesen nasi padang cuma satu lauk karena kita sudah dapat kuahnya, yang penting nasinya sudah ada rasa.

(BB) Nah kalo menurut lo pribadi, frugal kan bisa kita bilang gaya hidup berhemat ya. Lo sendiri berdua sejauh mana berhemat?

(AQ) Kalo sekarang sih gue nggak berhemat, gue cukup menikmati hidup. Ya oke lah nggak perlu mikir gitu. Dulu kan kayak ATM isinya 0, isinya pernah 20 ribu terus minta temen “eh transferin gue 30ribu dong biar bisa narik duit di ATM”. Sekarang sih lumayan lah nggak perlu sering-sering cek saldo, kalo mau ditarik ada lah ada. Tapi kalo ngomong sepuluh tahun lalu lo ngomong itu ya ada pasti.

(BB) Kalo lo gimana, Dev?

(DD) Kalo gue frugalnya tuh ketika jadi anak kos tuh cari kos paling murah, sempit, asalkan kamar mandi dalam. Temen-temen gue yang lain pasang AC pada juta-jutaan, gue mah gakpapa 600 ribu aja.

Dari sini dulu aja nih, obrolan mereka bertiga sudah semakin seru. Lo bisa nonton versi penuhnya di sini, atau dengerin juga versi audionya di sini.

Lo sendiri se-frugal apa sih bro? Coba bagikan pengalaman frugal living versi lo paling seru dan unik di kolom komentar ya.

Simak dan dengerin episode-episode MLDPODCAST sebelumnya yang pengen lo putar lagi atau banyak yang kelewatan juga, cek di akun MLDSPOT TV dan di Spotify lo bisa follow akun MLDSPOT di sini. Pengen hadiah gratis iPhone 12 Pro sampai PS5? Buruan juga kepoin cara lengkapnya di sini.

Comments
Geraldo Timbun Hamonangan
Keren banget
John Hutabarat
lanjutkan bro