Inspiring People
Rabu, 10 Februari 2021

Ngobrol Bareng Bimoky - Pemilik Suara Merdu di Balik Iklan

  • Share

Penasaran nggak sih, bro – sosok dibalik suara jernih iklan-iklan yang beredar di TV maupun YouTube? Yup, itu adalah hasil karya dari Voice Over Talent (VO) adalah pekerjaan yang nggak semua orang bisa lakukan. Meski kelihatannya mudah, namun harus memiliki intonasi suara yang jelas, dan berkarakter.

Salah seorang voice over (VO) talent terkenal adalah Bimo Kusumo yang udah dipercaya banyak brand sebagai pengisi suara di iklan promosi mereka, biasanya ia mendapat tawaran untuk iklan produk makanan dan minuman.

Memang ya gaes menjadi seorang VO kelihatannya mudah. Tetapi, lo harus mampu mendeskripsikan produk brand secara jelas dan menarik pendengar sesuai dengan waktu yang ditentukan. 

Nah, beberapa waktu lalu, MLDSPOT ada kesempatan buat ngobrong bareng Bimo seputar VO, mengenai perjalanan karirnya hingga peluang profesi ini di masa depan. Simak artikel ini sampai habis ya, bro!

Sejak Kecil Udah Terjun ke Dunia VO

Bimoky

Credit image - Indozone

Antonius Bimo Kusumo Yudo atau biasa dipanggil Bimoky, lahir di Jakarta 4 Juli 1990 dan juga seorang lulusan dari salah satu perguruan tinggi swasta di Jakarta. Ia dikenal sebagai ahli sulih suara, penyiar radio, dan pembuat konten kreatif di sosial media. Lalu, mengawali karir di dunia sulih suara sejak tahun 1996 sebagai seorang pengisi suara acara dan iklan yang biasa ditayangkan di media.

Sejak kecil Bimoky udah dikenalkan oleh orang tuanya ke dunia voice talent. Sang ibu bekerja di sebuah studio rekanan bergerak di bidang radio, televisi, dan film, bernama Sanggar Prathivi yang telah melahirkan beberapa artis berbakat diantaranya, Deddy Sutomo, Tan Tjeng Bok, Sukarno M Noor, Aminah Cendrakasih, Maria Oentoe, dan masih banyak lagi. Sementara itu, sang ayah adalah seorang dubber untuk sandiwara radio.

“Karena orang tua, dari kecil gue dicemplungin ke dunia ini dan mengerjakan project suka-suka sampe SMP. Seiring berjalannya waktu mulai SMA gue mendalami dan mempelajari secara otodidak seputar voice over, dan di tahun 1996 gue dapet project berbayar pertama” ujarnya

Selain dikenal sebagai pengisi suara iklan, Bimoky juga pernah menjadi penyiar radio di beberapa tempat, seperti BEU Radio, Mustang 88 FM, dan Indika 91,60 FM. Namun, pada tahun 2020, ia memutuskan untuk fokus merintis karir di dunia sulih suara dan menjadi seorang VO profesional yang mana udah melekat dengan jiwanya sejak kecil.

Talent VO Sekaligus Content Creator

Selain suaranya yang jernih, Bimoky juga terkenal dengan konten-konten kreatifnya yang sering bermunculan di sosial media, seperti instagram, TikTok, YouTube, dan sebagainya. Biasanya ia mengajak para followersnya untuk ikutan dalam tantangan voice over yang ia buat. Kalo lo sendiri pernah coba ikutan nggak, bro?

Sementara itu, bekerja sebagai seorang voice over talent pastinya harus menjaga performa biar tetap stand out ketika di studio rekaman ataupun sedang bertemu dengan client. Namun bagi Bimoky nggak ada cara khusus yang ia lakukan.

“Gue pribadi nggak ada cara khusus ya atau makanan khusus yang rutin gue konsumsi untuk menjaga kualitas suara. Gue lebih fokus ke hal non teknis, seperti menjaga attitude gimana supaya tetap terlihat oke dan menjaga hubungan dengan client” ujarnya.

Ia juga menjelaskan dalam interviewnya “supaya bisa pede dengan suara lo, coba latihan simple aja, mulai dari baca nada yang berbeda-beda, mengeksplor intonasi, gaya membaca, dan belajar artikulasi supaya jelas ketika didengar”.

Voice Over, Pekerjaan di Masa Depan

Bimoky

Credit image – Drive N Hype

Pria dengan suara unik ini memiliki harapan di dunia voice over yang ia sampaikan kepada tim MLDSPOT “harapan gue semakin banyaknya voice over talent berdatangan biar bisa regenerasi, dan menjadi peluang lapangan pekerjaan maupun pekerjaan alternatif buat banyak orang”.

Ternyata menjadi seorang sulih suara adalah pekerjaan yang bisa menghasilkan pundi-pundi jika diasah dan ditekuni. Menurut Bimoky, profesi ini cukup menjanjikan di masa depan, karena kita berada di era 3.0 yang semua serba digital, akan ada banyak iklan yang muncul dan pastinya butuh seorang pengisi suara  buat menyampaikan pesan yang ada di dalam produk.

“Di VO nggak ada namanya suara fals atau jelek, karena semua jenis suara bisa digunakan, dan tone suara setiap orang pastinya berbeda-beda. Jadi kalo mau nyemplung ke dunia ini harus lo harus hilangnya pemikiran kalo suara lo jelek atau ngga enak didengar” Ia menambahkan.

Wah, obrolan bareng Bimoky kali ini seru banget ya, bro. Lo jadi lebih tau tentang profesi VO dan peluang profesi di masa depan. Jadi, gimana tertarik terjun dan mendalami dunia sulih suara?

Selain ngobrol-ngobrol, kita juga punya Inspiring Playlist dari Bimoky  yang bisa lo nikmati, check this out!

 

Comments

mantap bro
Baru tau ada pekerjaan yg kek gini, unik