Ngobrol Seru Soal Industri Radio Bareng Veteran: Adit Insomnia! - MLDSPOT

Ngobrol Seru Soal Industri Radio Bareng Veteran: Adit Insomnia!

Selamat dulu buat Adit Insomnia yang sudah mengencangkan tali hubungannya dengan pasangan, mudah-mudahan lancar sampai seterusnya, AMIN!

Cukup menarik interview gue kali ini sama Adit Insomnia karena begitu lempar pertanyaan, langsung dijawab dengan lugas, tegas dan jelas. Menurut gue mungkin karena Adit sudah terbiasa ngobrol sama orang seperti tuntutan pekerjaannya, jadi ya flowing gitu saja.

Atau memang Adit adalah orang yang #MauLagiDimanapun – kalau sudah dikulik soal kekreativitasan dan produktivitas, Adit bakal gampang banget buat cerita semua hal itu. Seperti lima pertanyaan yang sudah diberikan dari Tim MLDSPOT buat Adit, berhasil dijawab dengan sangat jelas!

Bro, kalau boleh kilas balik, nih – lo kenal sama sosok Adit Insomnia ini mulainya dari mana? Apakah bermula saat dia terjun di dunia radio? Atau kenal Adit ketika sering sekali mengisi acara off air seperti pensi SMA atau acara-acara sejenisnya?

Terlepas darimana lo kenal Adit Insomnia, yang sekarang bakal dibahas adalah beberapa pertanyaan yang sudah tim MLDSPOT berikan ke Adit. Lima pertanyaan yang sudah dijawab Adit adalah seputar bagaimana pandangannya terkait industri radio, industri kreatif, dan hal-hal terkait lainnya.

Buat lo yang sudah penasaran bagaimana interview yang sudah tim MLDSPOT lakukan bersama Adit Insomnia, sila simak bahasan kali ini untuk mengetahui selengkapnya ya!

 

Tim MLDSPOT: Dit, banyak orang yang kenal lo mungkin dari radio, sebenarnya apa hal apa yang bikin lo yakin buat terus berada di dunia penyiaran dan menjadikan penyiar sebagai pekerjaan utama lo?

Adit Insomnia: Yang bikin gue yakin buat terus berada di dunia radio, atau dunia penyiaran adalah masih banyak orang yang masih mau mendengarkan. Mereka mau mendengarkan musik, mereka mau tahu informasi secara cepat, atau bahkan ada dari mereka yang masih bermacet-macetan di jalan #MauLagiDimanapun – radio masih jadi kiblat buat mereka yang butuh informasi yang cepat dan seru.

Atau bahkan sampai banyak dari mereka yang merasa pengin saja gitu lho ditemani #MauLagiDimanapun – seperti di jalan, di rumah, di kamar – mungkin hal ini berkaitan sama sifatnya dari media radio yang personal gitu, ya.

Dan kenapa gue masih senang banget di radio, itu karena di radio ya, sampai sekarang – dari gue tahun 2008, berarti sudah sekitar 12 tahunan itu bisa menghidupi gue. Jadi itu, sih.

 

Tim MLDSPOT: Wih sudah lama juga ya dit? 12 tahun, lho! Nah sekarang sebagai orang bekerja di industri kreatif, apa sih yang jadi inspirasi lo buat terus membuat konten yang beda?

Adit Insomnia: Yang jadi inspirasi sebenarnya adalah konten orang lain, sih. Jadi gue kaya suka lihat konten orang, terus gue pikir ini kayanya belum ada deh, coba buat ah! Terus kalau dibilang inspirasi, sebenarnya kan bisa datang dari mana saja, ya.

Bahkan gue sering nemuinnya di tongkrongan, dari obrolan yang nggak kasual – kaya obrolan santai gitulah, itu terkadang ada aja ide datang dari kondisi seperti itu. Sebenarnya kan banyak aja gitu lho pie dari sebuah konten yang udah dibuat, jadi gue bisa saja ambil ‘mode’ konten yang belum banyak orang pakai gitu, sih.

Terus juga bisa saja sih lo ambil mode konten yang sudah ada. Misalnya lo mau bikin konten video Youtube soal interview, kan sudah ada Gofar, ada Soleh, ada Ryo dan sebagainya – sebenarnya lo bisa tinggal cari perspektif atau angle yang berbeda-beda gitu sih.

Ya kalau lo mau bikin konten yang beda, sebenarnya itu bisa saja hanya soal adjustment gitu kan.

 

Tim MLDSPOT: Iya masuk akal juga sih, dit. Nah terus ini nih kenapa lo tertarik untuk bikin drama radio dengan mengangkat cerita-cerita legenda Indonesia?

Adit Insomnia: Eh ini sebenarnya belum kejadian, sih. Itu baru ide saja gitu, dari kemarin sempat ketunda karena alhamdulillah ada yang lagi disibukin, nih. Ini karena dari gue kecil, gue mendengarkan sandiwara itu.

Gue dari kecil – dari zaman gue SD deh, gue sudah mendengarkan radio dan gue mendengarkan drama-drama itu. Terus gue pikir ya ini belum ada lagi nih sekarang. Dan kontennya bisa disesuaikan dengan kondisi-kondisi seperti sekarang ini.

 

Tim MLDSPOT: Oh gitu, ya semoga bisa terwujud nih dit ide lo ini. Nah gue mau tanya lagi nih, selain dunia penyiaran, MC, VO, sempet akting juga, lo mau coba terjun ke dunia lain ga?

Adit Insomnia: Hmm, sebenarnya ini dunia sudah pernah gua gelutin, kaya perfilman, sinetron atau TV – cuma gue pengin banget jadi director film gitu lho. Atau nulis cerita film gitu deh – jadi orang dibalik layar gitu deh.

 

Tim MLDSPOT: Ok edit, terus pertanyaan terakhir nih - menurut lo dunia penyiaran di Indonesia udah cukup maju atau belum? Kira-kira apa yang harus dikembangin?

Adit Insomnia: Kalau menurut gue pribadi, dunia penyiaran di Indonesia ya sudah lumayan, sih – tapi kalau skalanya Indonesia, ya belum semua, hanya dikota-kota besar gitu saja nggak sih. Mungkin lebih ke infrastrukturnya ya.

Infrastruktur tuh perlu banget dikembangin, terus dari radio masing-masing, kalo kaya di kota besar Jakarta contohnya, radionya tuh nge-treat banget penyiarnya sama karyawannya lainnya – makanya gue bilang radio tuh bisa ngehidupin gue sampai sekarang.

Tapi kalau di daerah-daerah lain atau kota lain mungkin belum tentu, kan. Masih banyak dari mereka yang menganggap kalau kerja di radio itu cuma batu loncatan atau malah kaya side job gitu sih. Makanya menurut gue, industri radio di Indonesia mesti seksi, sih. Mesti dikembangin dari perusahaan masing-masing, terus ada creative development yang bisa diikuti gitu.

Tim MLDSPOT: Sudah semua pertanyaan yang gue kasih ke lo nih dit. Terima kasih banyak atas waktunya, terima kasih banyak sudah mau cerita-cerita soal inspirasi lo dari mana dan segala hal terkaitnya ya.

Adit Insomnia: Sama-sama bro, terima kasih juga ya!

Wah bagaimana nih bro? Dari cerita-cerita Adit Insomnia – memang sih bro, #MauLagiDimanapun – lo tetap bisa selalu stay creative and keep up your productivity! Oh iya, Adit juga share playlist lagu-lagu yang sedang dia sering dengarkan nih. Lo bisa cek di bawah ini!

 

Time Spent
4