Inspiring People
Selasa, 18 Mei 2021

Omar Annas Temukan Simbol Kebebasan dan Kedamaian Diri dari Motoran

  • Share

Sebagai orang Indonesia, lo semua pasti udah familiar banget sama sepeda motor. Kendaraan yang satu ini sering diandalkan untuk bepergian, bentuknya yang ringkas namun tangguh cocok untuk menghadapi segala kondisi jalanan. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sudah ada lebih dari 100 juta unit sepeda motor di Indonesia per tahun 2017. Kurang banyak enggak, tuh?

Karena itu, nggak heran juga kalau kegiatan naik motor ini udah jadi rutinitas buat sebagian orang. Terutama di Jakarta, bukan hal yang aneh lagi ketika sepeda motor memenuhi jalanan ketika jam pergi dan pulang kantor.
 

Namun, apa bener kegiatan motoran itu buat sekedar transportasi aja? Gimana kalo kegiatan motoran itu justru bisa membawa diri keluar dari rutinitas yang itu-itu aja?

Hal ini bakal kita kulik lebih lanjut lagi bareng Inspiring People kali ini: Omar Annas, bikers sekaligus pelaku industri kreatif. Nggak jauh-jauh dari motor, saat ini Omar tengah menjalankan sebuah clothing brand bertema motor yaitu Von Dutch. Melalui brand ini Omar juga turut serta mendukung skena motor lokal.

Ketika masih kecil, Omar suka menonton film petualangan seperti Indiana Jones dan membaca komik Tintin. Kisah petualangan tersebut menampilkan jagoan utama yang menggunakan sepeda motor untuk berpetualang hingga mengejar musuh.
Walaupun adegan motor tampil hanya sekelebat, tapi hal itu telah tertanam secara subliminal di pikiran Omar bahwa motoran adalah kegiatan yang menyenangkan.

Motor Custom Hingga Jalan Tanpa Kepastian, Simbol Kebebasan

Omar Annas

Di tengah kesibukannya ngejalanin bisnis sana-sini, selalu ujung-ujungnya selalu balik ke motoran. Alasannya sederhana, melalui motoran ia bisa mendapatkan kebebasan yang sesungguhnya. Sebagai warga urban, Omar sadar betul bahwa setiap orang memerlukan media untuk keluar dari semua kejenuhan yang ada.

Suasana waktu motoran, mulai dari deru mesin hingga desiran angin malam menciptakan ketenangan tersendiri buat Omar. Ia merasa bebas ketika bisa menjelajahi berbagai tempat dan situasi tanpa kepastian, tidak terkekang oleh jadwal dan rutinitas. Ditambah lagi motor yang praktis dan ringkas untuk digunakan membuat ide soal kebebasan itu semakin nyata dirasakan.

Untuk motor yang digunakan, Omar kepincut hatinya model chopper yang dibangun secara custom oleh Chopperland. Motor ini kelihatan gagah dan tangguh, ditambah dengan warna emas mengkilap yang menurutnya merupakan warna pemimpin. Beh! Macho banget, dah.

Motor custom juga memiliki peran penting untuk mencapai kebebasan dan kedamaian dalam motoran. Omar merasa motor yang dibangun khusus untuk dirinya sangatlah personal, karena memiliki gaya dan spesifikasi yang disesuaikan dengan segala kebutuhannya. Selain itu, motor ini juga telah melekat dan menjadi identitas Omar.

“Gue paling senang kalau ke luar kota, ada aja gitu yang tau ini motor gue. Jadi tanpa perlu melihat yang bawa udah tau ini motornya Omar.” ujarnya waktu ditemui di Saikin Garage.

Damai Itu Dateng Ketika Tancap Gas

Omar Annas

Ngomongin lebih lanjut soal kedamaian, Omar ngerasain kalau kedamaian warga metropolitan sering “terganggu” sama rutinitas yang dilalui. Seringkali orang merasa kosong dan hampa karena melalui situasi kerja, masalah keluarga, hingga jalanan macet yang itu-itu saja. Semuanya telah “terjadwal” dengan pasti.

Ketika Omar pergi meninggalkan semua rutinitasnya, ia memperoleh sudut pandang yang baru akan segala sesuatu yang terjadi. Melalui motoran itu lah Omar melihat semua yang ia punya mulai dari rumah, keluarga, hingga masalah-masalah dari “luar”. Hal ini membuat Omar jadi lebih memiliki waktu untuk menenangkan pikiran hingga introspeksi diri.

Perjalanan mencari kedamaian ini tidak akan pernah selesai buat Omar. Untuk kedepannya, ia ingin belajar untuk lebih tulus dalam melakukan pencariannya ini. Omar ingin menyambung kembali silaturahmi dengan kerabat dan kawan-kawan yang terputus karena situasi pandemi. Kedamaian melalui motoran tak hanya dicari untuk diri sendiri, tetapi juga untuk sesama manusia.

Semoga lo bisa mendapatkan kedamaian juga ya! Cerita lengkap Omar Annas dan pencarian diri melalui motoran bisa lo lihat di MLDSPOT TV Season 7 Episode 7 ‘Terus-terusan Motoran’ di YouTube channel MLDSPOT TV. Subscribe juga YouTube channel MLDSPOT TV dan follow @mldspot di Instagram. Get yourself inspired by MLDSPOT.

Comments

bedeuh mantap
Setuju. Damai itu datang ketika tancap gas