Inspiring People
Jumat, 03 Juni 2022

Punya Mimpi Bikin Bisnis Sendiri? Wujudin Aja Bro!

  • Share
  • fb-share
Punya Mimpi Bikin Bisnis Sendiri? Wujudin Aja Bro!

Agenda tiap weekend paling enak emang ngopi bareng temen, pacar, atau mungkin sendirian buat lo yang introvert. Tapi lo sadar nggak kalo nongkrong tuh seringnya bikin lo lupa waktu, bikin duit berkurang, bahkan sampe ngambil jatah tabungan lo? Pulang ke rumah ya udah, nggak dapet apa-apa cuma ngerasa capek aja.

Nongkrong tuh sah-sah aja, tapi kalo lo bisa jadiin aktivitas nongkrong lebih produktif kenapa nggak bro? Pas nongkrong, lo bisa mulai pikirin sesuatu yang punya feedback positif buat hidup lo misalnya ngewujudin mimpi punya bisnis sendiri. Gue percaya kalo ide-ide cemerlang tuh datangnya bisa kapan aja dan di mana aja. Entah kepikiran pas lo lagi browsing, atau pas ngobrol ngalor ngidul sama temen-temen lo. 

Berangkat dari ide, lo bisa minta pendapat temen-temen lo supaya ide lo lebih terpoles lagi jadi suatu bisnis yang menjanjikan. Gue yakin semua orang pengen bisnisnya sukses dan menghasilkan keuntungan besar. Tapi buat sampe ke titik itu ada prosesnya. Tenang aja, ketika lo menikmati prosesnya dari nol, lo bakalan lebih puas dengan hasilnya. 

Yang pasti, merintis dari awal memang nggak mudah Apalagi setiap harinya banyak pesaing baru dengan beragam produk yang dijual. Lo nggak usah bingung, karena MLDSPOT punya tips yang dibutuhin para pemula buat mulai berbisnis. Simak, bro!

1. Fokus Sama Satu Peluang Bisnis


Seperti yang gue sebut di atas, tiap hari pasti ada aja pesaing baru yang datang dengan ide menarik. Ditambah perkembangan teknologi yang mendukung pergeseran tren yang cepat, lo pasti bingung mencari peluang apa dan di bidang apa. Tips dari kita, fokus aja. Pilih satu peluang yang lo passionate, terus fokusin energi dan pikiran lo ke sana. Ketika pilihan lo udah firm, lo bakal bisa fine tune lagi kayak milih nama yang catchy, bikin branding komunikasi yang kuat, konsep packaging yang menarik, strategi marketing, dan banyak lainnya.

2. Selalu Mau Belajar dari Orang Lain

Tiap orang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, dan nggak ada juga orang yang tahu segalanya. Makanya penting buat lo untuk bersikap terbuka sama pandangan atau pemikiran orang lain. Jangan malu buka obrolan buat konsultasi sama orang yang punya pengalaman lebih soal kesuksesan dalam berbisnis. Dari situ lo bisa ambil pelajaran dari tiap langkah yang sudah dia lakuin.

3. Pelajari dan Kuasai Segalanya Tentang Bisnis Lo

Memulai bisnis emang butuh modal yang nggak dikit, tapi jangan terlalu berharap juga tiba-tiba ada investor yang mau ngasih modal besar sama bisnis baru lo. Di tahap awal, coba lo pelajari lebih detail soal produk lo dan kuasai segala hal tentang produk tersebut. Yah, siapa tau ketika bisnis lo tumbuh cepat lalu ada investor melirik untuk mau gabung, lo udah percaya diri buat meyakinkan mereka untuk berinvestasi di bisnis lo.

4. Siapin Mental yang Kuat

Namanya bisnis, jalannya udah pasti nggak bakal selalu mulus. Pasti ada aja pasang surutnya. Jadi dari awal siapin aja mental lo buat selalu siap menghadapi skenario terburuk. Dalam bisnis cuma ada dua pilihan yaitu maju atau diam, kalo lo pengen maju berarti lo harus siap menghadapi rintangan yang menunggu di depan sana dan punya problem solve yang baik. Berani ambil resiko dari awal itu juga penting, biar nggak kaget aja kalo ada hal-hal yang mengganggu bisnis lo.

5. Lakukan Hal yang Lo Suka

Ini penting juga nih, terdengar simpel tapi penting banget kalo lo udah masuk di ranah bisnis. Inget, ngebangun bisnis butuh modal besar, jadi jangan pilih asal-asalan. Jangan pilih bisnis yang keliatannya keren biar lo bisa flexing, atau lo setengah hati ngelakuinnya. Pilih yang bener-bener lo suka karena dengan begitu, apapun bisnis yang dipilih lo pasti lebih enjoy buat ngejalaninnya. 

Ada yang mau nambahin tips dari kita? Atau lo udah siap berinovasi lewat bisnis baru lo? Tulis di kolom komentar ya. Inget ya cuma ada dua pilihan, maju atau diam. Jadi, sisihkan waktu lo untuk hal-hal yang lebih produktif. Share artikel ini di akun media sosial lo buat dapetin MLDPOINTS. Semoga tergerak dan terinspirasi, bro!

Comments
Andi supriyandi
Keren banget mld
Agus mustofa
71106081388930479