Inspiring People
Jumat, 14 Februari 2020

Rey Ratukore: Pembalap Muda dan Lincah dalam Motor Racing

  • Share
  • fb-share
Rey Ratukore: Pembalap Muda dan Lincah dalam Motor Racing

Rey Ratukore mendapat sebutan “bertaji” di dunia balap karena kelincahan dan ketajamannya menghantam lawan, terutama dalam balap nasional Sport 250cc. Pria asal NTT ini telah merajai beberapa kejuaraan, sebut saja di race kedua final IRS 2018 lalu, Rey menempati posisi kedua. Di tahun yang sama, penyuka biliar ini juga menempati podium ketiga seri India di ajang Asia Road Racing Championship (AARC) kelas Asia Production 250 (AP250). Saat ini, selain tetap setia menekuni balap, Rey juga membuka diri untuk peluang bisnis di bidang otomotif. Yuk, simak kisah inspirasinya di sini!

 

Perjuangan Si Bintang Timur

Sejak 2003, Rey Ratukore bersinar di antara pembalap lainnya. Ini dimulai dari kemenangan yang disabetnya di ajang MP3 Indoprix di region III (Bali, NTB, dan NTT). Selang tiga tahun, pada 2006, Rey Ratukore pindah ke Bali dan bergabung dengan Suzuki Champs Jamrud Motorsport. Lalu, pada 2007, Rey melabuhkan diri di Honda Bali HSO Iskandar Federal Oil dan menempati posisi ketujuh di kompetisi One Make Race (OMR) Honda.

Kemenangan memang pengalaman yang susah untuk dijelaskan, tetapi suka-duka dari perjalanan meniti karier merupakan “harga” yang sesungguhnya dari menjalani profesi ini

Rey juga sempat pindah ke Suzuki Junior Motor Sport. “Gue cukup mendapat banyak pengalaman di sini,” katanya memberi keterangan. Dari Suzuki Junior Motor Sport, Rey kemudian pindah ke Bintang Racing Team Indopart KBC. Kepindahan ini mengantarkan Rey ke posisi Runner Up Cup Prix Filipina di tahun 2009. “Gue sudah beberapa kali pindah tim, pernah juga gabung dengan tim balap Jepang. Tapi untuk sekarang di Asia gue bergabung dengan tim Malaysia. Itu karena gue dan tim mekanik gue sudah satu kesatuan. Jadi kemana tim mekanik pergi, ya, gue ikut ke sana. Kalau untuk nasional gue gabung sama tim sendiri,” jelas Rey.

Menurut Rey, perpindahan tim dalam dunia balap adalah hal yang biasa, yang terpenting adalah komunikasi. Baginya, pada akhirnya yang terpenting dalam menjadi bagian tim adalah kenyamanan dan kecocokan. “Pastilah terkadang bakal ada satu-dua momen yang bikin kita sedikit cekcok, itu bagus sih untuk pertumbuhan tim, tapi bagaimana mendapatkan kesepakatan saja,” tambahnya kemudian.

 

Momen Podium dan Kemenangan

Nggak dipungkiri, momen yang paling berkesan buat seorang Rey Ratukore dalam dunia balap adalah momen podium dan kemenangan. Namun, kalau membicarakan suka duka meniti karier di dunia balap motor, nggak melulu soal kemenangan saja. Soal kepuasan afektif misalnya, didapat dari proses menaklukkan race dengan kecepatan yang terukur.

Never stop learning because life never stop teaching!

Balap motor memberikan pengalaman yang sukar dijelaskan dengan kata-kata buat para pelakonnya. Bertempur bersama waktu dan lawan, melewati medan terjal, merasakan angin kasar yang berembus, suara desingan yang dikombinasikan dengan komposisi mesin, serta rumitnya sparepart yang dibutuhkan, merupakan kombinasi kenikmatan dalam menggempur jalanan. “Jadi, balap motor bukan soal kemenangan saja,” tambah Rey.

Karier di dunia balap motor diawali Rey karena alasan hobi, dan bisa dibilang dia memulainya di usia yang sangat muda—ketika dia duduk di bangku SMP. Pastinya ada banyak perbedaan ketika akhirnya hobi ini menjadi sesuatu yang dijalaninya sebagai karier. “Yah, contoh kecilnya saja dari jenis motor, dulu motor pertama gue Suzuki Shogun, sekarang motor yang gue pakai dan favoritkan adalah motor Yamaha R25,” kenang Rey.

 

Tentang Bisnis Rey Racing Speed Shop

Selain berkarier di dunia balap motor, Rey mencoba peruntungan berbeda yang nggak jauh dari dunia yang digelutinya. Rey Racing Speed Shop adalah bisnis yang dijalaninya beberapa tahun terakhir ini. “Idenya adalah gue kan punya tim balap, gue berpikir harus ada sesuatu dari balap ini, makanya gue buka bisnis speed shop,” terang Rey.

Rey dan bisnisnya

Rey mengaku ada banyak teman yang membantu mengembangkan bisnis ini. Dukungan teman-temannya itu membuat Rey berpikir ulang untuk menekuni bisnis yang dirancangnya. Sejauh ini Rey Racing Speed Shop menyediakan segala macam kebutuhan motor, racing part sampai ke variasi modifikasi matic maupun sport.

Pekerjaan sebagai pembalap sedikit banyak membuat usaha Rey cukup berkembang. Profesi sebagai pembalap motor bisa menjadi medium promosi dalam memperkenalkan produk-produk onderdil motor, demikian juga sebaliknya, Rey Racing Speed Shop bisa mendukung kebutuhannya dalam berlaga. “Kalau boleh sedikit promosi nih, nilai plus dari Rey Racing Speed Shop adalah tepat, akurat, on time, dan pastinya good service,” kata Rey bersemangat.

Menjalani dua aktivitas berbeda; pembalap dan pebisnis, diakui Rey nggak membuatnya kesulitan dalam membagi waktu dalam menjalani dua kegiatan tersebut. Apalagi semuanya yang sudah diatur manajemen, membuat Rey bisa fokus menjalankan bagiannya dalam kedua lingkup tersebut. Ketika ditanyakan mana aktivitas yang paling digemarinya, Rey mengaku nggak ada yang lebih disenangi, keduanya sama-sama disukai dan diseriusi. Apalagi keduanya memang saling mendukung dan melengkapi. “Dan sama-sama menghasilkan,” tambah Rey.

Sebelum menutup percakapan Rey sempat menyinggung soal rencana ke depan untuk proyek fairing balap tim Asia maupun Eropa. “Yah, semoga lancar-lancar saja semua,” pungkasnya mantap.

Buat lo yang ingin tahu lebih banyak mengenai aktivitas Rey Ratukore atau penasaran dengan toko onderdil motornya, cek langsung Instagram-nya di @reyratukore222!

 

Comments
Didik Murdiyono
Tetap semangatt broo
Heni Oen
Masih muda mantap