Inspiring Places
Jumat, 16 Februari 2024

Dari Jungen Joint Hingga Thrifting, 5 Hidden Gem Pasar Baru yang Lagi Hype

  • Share
  • fb-share
Dari Jungen Joint Hingga Thrifting, 5 Hidden Gem Pasar Baru yang Lagi Hype

Dunia per-kalceran dan skena bukan cuma milik Jakarta Selatan abangkuh. Ada sudut lain di kota Jakarta dengan hidden gem-nya sendiri yang enggak kalah dengan tongkrongan di Jakarta Selatan. Mau apa aja ada dong. Mulai dari kulineran yang viral, bodybuilding, atau bahkan sampai thrifting juga ada. 

Buat lo yang hobi baca buku juga bisa berburu bacaan di toko buku Patjar Merah di Pasar Baru. Buat gue, tempat-tempat ini recommended banget. Yuk, simak gimana serunya spot tongkrongan di Pasar Baru di sini!

 

Rekomendasi Hidden Gem di Pasar Baru

Apa sih yang terlintas di benak lo ketika mendengar Pasar Baru? Kawasan old city, chinese food, keberagaman religi–mengingat di area ini ada tempat ibadah dari beberapa agama dan keyakinan. Tapi buat gue, Pasar Baru lebih dari itu. 

Kalau lo mau kulik lebih dalam, ada banyak spot hidden gem yang bisa jadi alternatif menikmati Jakarta. Ini rekomendasi gue!


1. Buffalo Camp

Mungkin enggak sepopuler beberapa camp Muay Thai yang mencetak fighter andalan yang berlaga di One Pride. Justru, Buffalo Camp cukup menyenangkan buat lo yang masih newbie dalam membakar kalori dan healing-healing sehat.

Latihan Muay Thai di sini enggak terlalu teknis kok. Fokus utamanya masih seputaran sesi pemanasan. Jadi walau lo enggak jago-jago banget di teknik, bakal tetap latihan yang worth it karena membakar kalori banget. Oh ya, coach di sini juga welcome banget buat semua peserta, jadinya latihan makin asik. 

Plusnya lagi, camp tinju dan Muay Thai ini satu lokasi dengan Mancave Barbershop. Full service banget kan? Lo bisa cek langsung aktivitas Buffalo di IG-nya: @buffalocamp.pasbar.

 

2. Jungen Joint

Burger ini sempat viral dan FYP di TikTok dan reels Instagram. Dengan porsi yang terbatas, kalau lo udah kesiangan, lo bisa kehabisan. Oh, ya soal lokasi, Jungen Joint agak nyaru–menyelip di antara rumah-rumah yang lain. Kalau lo enggak jeli, bisa-bisa lo mengira ini rumah biasa. 

Nah, ngomongin menu burgernya, walau lokasinya ala rumahan, menunya bintang lima banget. Dengan roti bun yang segar, terus lemak daging yang tebal dan juicy, bikin nagih pokoknya. Catatan buat lo, biar enggak kehabisan mending datang lebih cepat, jangan kesorean. Bukanya dari jam 11 AM sampai habis. Gue saranin lo datang di jam 11, supaya bisa langsung antre. Gas langsung dan cek menunya di medsos mereka @jungen.joint

 

3. Thrifting di Pasar Baru

Keseruan lain yang bisa lo dapatkan dari list hidden gem di Pasar Baru adalah berburu baju bekas alias thrifting. Ada beberapa spot di Pasar Baru yang bisa lo datangi. Yang pertama adalah area Pasar Baru Square yang berlokasi di dekat gerbang Pasar Baru. Biasanya orang-orang berburu coat dan baju persiapan musim dingin lainnya di area lantai 3 atau 4 Pasar Baru Square.

Selain di Pasar Baru Square, lo juga bisa melipir ke Metro Pasar Baru untuk jenis baju yang lebih kasual dan harga jauh lebih miring. Suasananya memang agak sepi dan kesannya oldies banget. Tapi, jangan tertipu ya dengan suasana heningnya, karena tempat ini worth it untuk dijajal. Psst…lo juga bisa ajak pacar untuk thrifting bareng, soalnya koleksi baju ceweknya juga oke lho!

 


4. Toko Kopi Maru

Hidden gem lain yang gue rekomendasikan adalah Toko Kopi Maru. Lokasinya enggak terlalu jauh dari Jungen Joint. Yah, kalau jalan lo paling cuma butuh waktu 10 menit. Lumayan kan, sambil ngider-ngider seputaran Pasar Baru? Dari jalan besar, coffee shop ini enggak kelihatan. Lo mesti masuk gang dan melewati beberapa rumah tua baru kemudian voila lo akan disapa bangunan tua dengan papan nama Toko Kopi Maru.

Fyi nih, Toko Kopi Maru bisa dibilang sebagai bangunan saksi sejarah dimana dulunya di sini merupakan tempat tinggal Tio Tek Hong (1877 - 1965). Beliau adalah pebisnis toserba dan label musik di zaman Hindia Belanda. Kalau lo masuk ke area coffee shop akan berasa seperti memasukin mesin waktu ke masa lampau. 

Suasana jadul ditambah menu-menu yang mantap, bikin momen kontemplasi lo makin dalem! Untuk, itu gue rekomendasiin menu Baileys Latte dan Donat Maru-nya yang sederhana tapi mampu merebut hati. Cek info hidden gem ini di @tokokopimaru.

 

5. Kedai Patjar Merah Posbloc

Gue belum selesai nih, satu lagi hidden gem yang bakal gue rekomendasikan adalah toko buku Kedai Patjar Merah di Pos Bloc. Agak sedikit melipir ke area Juanda, lo akan ketemu Pos Bloc yang merupakan gudangnya tempat-tempat nongkrong. Salah satunya adalah Kedai Patjar Merah. 

Saat lo masuk ke Pos Bloc, toko buku ini enggak langsung kelihatan. Lo perlu masuk agak ke dalam, belok ke kanan, dan di sudut kiri akan kelihatan toko buku nyempil dengan feel bersahaja. Suasananya homy banget deh bikin betah. Penjaga toko bukunya juga ramah-ramah. Kalau gabut, lo bisa ngajak mereka ngobrol dan nanya-nanya soal buku.

Selain menjual buku dan tempat nongkrong, di sini secara perkala juga ngadain diskusi buku. Siapa tahu lo butuh pencerahan dan perspektif baru mengenai hidup, lo bisa coba join diskusi hehehe. Mau tahu jadwal terdekat ada acara apa di Patjar Merah? Intip IG-nya langsung @kedaipatjarmerah.


Gimana, mana yang paling pengin lo datangin langsung? Cek rekomendasi tempat keren lainnya di MLDSPOT ya! Dukung terus produk lokal kebanggaan Indonesia!

Comments
Radhitya
mantap bro
Kania Kristi
mantap bro