Empire Fit Club: Taklukkan Tantangan Workout Ala Military Bootcamp - MLDSPOT

Empire Fit Club: Taklukkan Tantangan Workout Ala Military Bootcamp

Jenis-jenis olahraga kian hari kian beragam nih, Urbaners. Hal ini nggak lepas dari meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjalani healthy lifestyle. Walau belum maksimal dan masih diperlukan edukasi yang berkelanjutan, at least sudah muncul niatan dari individu maupun kelompok untuk menjadikan olahraga sebagai suatu kebutuhan.

Nah, berbicara tentang jenis olahraga baru, tentu nggak lepas dari gym atau fasilitas fitness non-konvensional yang menunjang segala aktivitasnya. Yang belakangan ini lagi ngehits salah satunya ada Empire Fit Club yang menawarkan pengalaman workout ala militer. Bisa dibilang Empire Fit Club adalah pelopor untuk gym dengan konsep yang demikian.

Berfoto usai berolahraga di Empire Fit Club Jakarta

Empire Fit Club merupakan sebuah boutique fitness facility yang didukung oleh Under Armour Indonesia dan YOU•C1000. Gym ini dicetuskan oleh Elbert Tiwa, yang merupakan seorang mantan marinir Amerika Serikat, atlet CrossFit profesional, sekaligus atlet dan ambassador Under Armour Indonesia.

Sekitar tahun 2014-2015, Empire Fit Club memulai training-nya di lapangan softball GBK dengan berfokus pada Military Fitness Basic Training (MFBT). Namun demikian, istilah ‘Military’ yang digunakan ternyata cukup menakutkan bagi sebagian orang yang ingin mencoba metode workout tersebut. So, nama Empire Fit Club akhirnya mulai digunakan di tahun 2016.

 

Menghadirkan Bootcamp Workout dengan Pengalaman Exercise Menyeluruh

Dikenal dengan signature bootcamp workout-nya, Empire Fit Club basically menghadirkan workout berkelompok dengan dipandu instruktur layaknya para prajurit. Cocok lah buat lo yang suka High Intensity Interval Training (HIIT). Empire Fit Club menawarkan full body workout dengan menggunakan alat-alat seperti kettlebells, battle ropes, dan bahkan Assault AirRunner untuk menguji sejauh mana kemampuan lo.

Tapi, nggak usah khawatir kalau lo masih belum terbiasa dengan workout yang cepat dan intense. Walau feel utamanya militer, Empire Fit Club kini sudah berkembang dengan menghadirkan pengalaman fitness yang lengkap melalui jenis exercise lainnya. Nggak hanya bootcamp, ada pula obstacle courses, bodyweight training, strength training, circuit training, cardio, dan yoga. Itulah yang turut menjadi alasan mengapa digunakan istilah ‘Empire’ ketimbang hanya ‘Military’.

Lebih lanjut, Empire Fit Club punya coach yang berasal dari background yang berbeda-beda dengan program-program yang fleksibel namun tetap sesuai dan metodologis. Para coach pun sebisa mungkin terus memantau kebutuhan dan perkembangan tiap individu. Hal tersebut sejalan dengan misi Empire Fit Club untuk menginspirasi dan mendorong orang-orang agar mengambil kendali atas hidup mereka melalui fitness dengan cara yang unik, menyenangkan, dan efektif. “We want the client to look forward to coming here, because 80% of the battle is coming to the gym,” ujar Elbert.

Saat ini, Empire Fit Club punya beberapa cabang di Jakarta dan Bali. Di Jakarta, lo bisa datang ke Zona 7 GBK. Sedangkan di Bali, lo bisa berkunjung ke gym-nya di daerah Kerobokan yang mulai beroperasi di tahun 2018 lalu.

Meski begitu, jangan lo kira Empire Fit Club Jakarta dan Bali bakal sama persis ya, Urbaners. Empire Fit Club Jakarta dan Bali punya segmen yang berbeda, terlepas dari semua orang ingin get in shape. Berhubung Jakarta dinilai masih diperlukan lebih banyak edukasi, makanya prosesnya lebih step by step sampai para klien mencapai kebutuhan dan tujuan fitness-nya. Kalau di Bali, lebih ke orang-orang yang mencari pengalaman lebih lanjut.

Member Empire Fit Club berolahraga dengan view sawahThat’s why, beginner class cuma ada di Empire Fit Club Jakarta, mengingat fokusnya lebih ke bootcamp dan functional training. Sebaliknya, Empire Fit Club Bali sengaja dirancang sebagai destinasi fitness yang juga sesuai dengan tujuan orang-orang berkunjung ke Pulau Dewata pada umumnya, yakni untuk bersantai atau liburan sambil menikmati keindahan alam. Fokusnya juga lebih ke bootcamp dan retreats, makanya disediakan akomodasi dan lo bisa merasakan workout di tengah sawah.

Salah satu obstacle di Empire Fit Club Bali

Untuk paket yang ditawarkan, Empire Fit Club punya beberapa pilihan menurut kebutuhan. Di Empire Fit Club Jakarta, harga per paket berkisar dari Rp250 ribu untuk 1 sesi alias sekali datang hingga Rp17 juta untuk 100 sesi dalam 8 bulan. Khusus beginner package, harganya Rp1 juta untuk 8 sesi dalam 1 bulan. Sementara di Empire Fit Club Bali, paket dibedakan menurut jumlah kelas atau hari yang diambil, mulai dari Rp250 ribu untuk 1-day pass hingga Rp4,2 juta untuk 30-class pass dalam 3 bulan. Kalau mau tambah akomodasi, bisa pilih paket harian Rp650 ribu atau mingguan Rp3,5 juta.

Dalam beberapa tahun mendatang, Empire Fit Club masih ingin menambah cabangnya hingga lebih dari enam lokasi di Indonesia. Selain itu, kemungkinan Empire Fit Club juga ingin memperluas jaringannya hingga ke negara tetangga, seperti Singapura.

Gimana, Urbaners? Tertarik nggak nih buat join Empire Fit Club? Kalau masih mikir-mikir, mending tonton dulu cerita selengkapnya di MLDSPOT TV Season 4 episode 9 dengan tema “Fit for Life”. Subscribe YouTube Channel MLDSPOT TV, and get yourself inspired!