Inspiring Products
Rabu, 07 April 2021

Dari Hobi Hingga jadi Lapak Sendiri: Intip Cerita Seru Crazybrush.id!

  • Share

Hal yang paling menyenangkan dalam hidup adalah ketika lo bisa menjalani pekerjaan yang sesuai dengan passion dan juga hal yang lo senangi. Kalo semuanya bisa jalanin hal kayak gini, siapa sih yang nggak mau?

Hal ini juga dialami oleh Ilham, seorang mahasiswa hebat di balik akun @crazybrush.id. Berawal dari keisengannya dan untuk menggambar, Ilham mencoba media lain untuk menyalurkan seni gambarnya – salah satunya lewat sepatu.

Di Inspiring Products kali ini, MLDSPOT bakal ngajak lo untuk mengulik lebih dalam mengenai crazybrush.id dan gimana suka-dukanya untuk menjalani dunia seni ini. Denger-denger – crazybrush.id juga mau collab sama MLDSPOT loh, bro – langsung aja simak selengkapnya di bawah ini, biar lo nggak ketinggalan!

Darah Seni sejak Dini

Crazy Brush

Cowok yang akrab disapa Ilham ini udah menekuni dunia seni sejak kecil dan mengambil jejak untuk berkuliah seni di Insitut Seni Indonesia di Yogyakarta dengan mengambil konsentrasi seni lukis. Dari awal memang suka menggambar, tapi akhirnya ia mendapat tawaran dari temannya untuk mencoba gambar di sepatu.

Pria yang berkarya di Yogyakarta ini mengaku – jika menggambar di media yang berbeda tentunya punya hal menarik tersendiri. Dari awalnya iseng diminta menggambar sepatu seorang teman, akhirnya Ilham mencoba menggambar sepatu teman sesuai permintaannya. Lambat laun, dari mulut ke mulut – akhirnya Ilham mencoba merintis bisnis custom sepatu ini di akhir 2016 dengan nama Crazy Brush.

Dibalik Nama Crazy Brush

Bagi seorang pekerja seni ataupun penikmat seni, kuas menjadi hal yang fundamental untuk menggambar. Apapun medianya, kuas jadi hal yang utama buat digunakan. Hal ini juga yang membuat Ilham menamakan usaha iseng-isengnya ini dengan nama Crazy Brush.

Di Indonesia sendiri, ungkapan ‘kuas gila’ seringkali dilontarkan ketika melihat sebuah karya yang masterpiece atau bagus. Bukan sebagai ungkapan memuji diri sendiri, Crazy Brush diungkapkan untuk mengatakan bahwa sebuah karya nggak akan bisa jadi tanpa kuas gila tersebut.

Tanpa pikir panjang, Ilham mencoba untuk membuat ungkapan itu ke dalam bahasa Inggris sehingga terciptalah Crazy Brush. Harapan Ilham ketika membangun Crazy Brush – agar dapat terus berkarya dengan medium-medium baru yang dicobanya. Terkesan simple, tapi menarik ya, bro!

Tantangan dalam Menciptakan Karya

Sebuah karya nggak semata-mata dibuat untuk memenuhi kepuasan konsumen, ada hal dibalik sebuah karya yang punya makna lebih dari sekedar komersial. Hal ini diungkapkan Ilham sebagai tantangannya dalam meluncurkan karya seninya. Memang udah hidup dari karya seni, hidup di kota yang kaya dengan seni budaya tradisional juga membuat Ilham semakin berkembang di Yogyakarta.

Bagi Ilham, dalam menciptakan sebuah karya selalu memerlukan keahlian baru. Dalam hal ini inspirasi yang didapatkan pun berbeda-beda. Bagi Ilham, semakin sulit karya yang diminta oleh customer maka akan semakin tertantang juga Ilham dalam menciptakan gambarnya. Hampir 90% produk sepatu yang digambarnya karya sendiri loh, bro!

Kolaborasi dengan MLDSPOT

Setelah membuat karya hingga mendunia, MLDSPOT mengajak Crazybrush.id untuk meluncurkan sebuah produk dengan desain yang dibuat oleh Ilham sendiri. Dari brief sederhana yang diberikan, Ilham bisa menyulap produk ini menjadi sebagus ini, bro!

Crazy Brush

 

Sepatu putih dengan palet warna khas MLDSPOT – yaitu hitam, putih, dan merah, dianggap oleh Ilham bukan hal yang baru lagi. Tantangan yang dirasakan Ilham dalam membuat desain dari sepatu ini adalah bagaimana Ilham menggambarkan seorang riders yang berani dan suka pada tantangan baru.

Nggak semata-mata mudah – Ilham pun sempat mengalami kesulitan dalam mendesain sepatu ini. Awalnya, gambar orang yang terdapat pada gambar ini merupakan sebuah tengkorak. Namun karena adanya pertimbangan, akhrinya Ilham membuat bentuk baru dengan sedemikian rupa hingga bisa keren seperti ini. Emang nggak salah pilih rekan collab kan, bro!

Menarik banget hasil-hasil karya dari CrazyBrush.id ini ya, bro? Pasti lo tertarik banget buat punya, kan? Lo juga tertarik buat punya sepatu dari kolaborasi dengan MLDSPOT ini? Tungguin terus berita selengkapnya nanti ya!

Comments

hobi jd lapak
Very Inspiring..!!